Jumat, 09 November 2018

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat yang Efektif

Apakah anda mengalami hidung tersumbat ketika sedang flu? Bukan hanya anda akan merasakan rasa yang tidak nyaman, ketika hidung anda tersumbat juga akan mengakibatkan anda kesulitan dalam bernafas. Sehingga akibatnya anda akan sering merasa pusing dan kondisi yang tidak fit.

Seperti hampir semua orang yang mengalami hidung anda tersumbat, mulai dari itu anak bayi hingga usia yang sudah dewasa bisa menjadi masalah yang satu ini dan akan membuat bagi siapa saja yang mengalaminya akan merasa terganggu terutama adalah akan mengganggu tidur anda. Hidung anda yang sedang tersbumbat dapat terjadi pada salah satunya yaitu bagian rongga hidung atau hidung tersumbat hanya sebelah atau juga pada kedua hidungnya yang tersbumbat.

Menderita sekali rasanya apabila anda sedang mengalami hidung tersumbat atau sedang mampert. Dimana aktivitas anda sehari – hari bisa saja terganggu hanya karena anda merasakan kesulitan dalam bernafas. Belum lagi ketika waktu tidur sedang tiba, tidur anda akan merasa tidak nyenyak dan akibatnya anda harus mengubah – ubah posisi tidur mulai dari kanan ke kiri atau balik lagi dari kiri ke kanan hanya karena agar anda dapat bernafas dengan lega.

Hidung dapat mengalami penyumbatan dan dapat muncul ketika jaringan dan juga pembuluh darah yang berada di sekitar area hidung anda sedang membengkak akibat adanya cairan yang berlebihan pada hidung anda. Adanya kondisi seperti inilah mungkin juga disertai pula dengan keluranya ingus dari dalam hidung anda. Beberapa kondisi yang dijadikan sebagai penyebab terjadinya hidung anda mampert antara lain yaitu seperti flu atau pilek, sinusitis atau sedang alergi. Ketika anda mengalami hidung sedang tersbumbat, hal terpenting yang harus anda lakukan yaitu senantiasa untuk menjaga dalam kelembapan saluran hidung dan juga sinus.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat yang Efektif

Ketika anda ingin mengeluarkan ingus yang berada di dalam hidung anda, sebaiknya menggunakan cara – cara atau tips yang aman bagi kesehatan tubuh anda dan terbukti secara efektif untuk mengatasi hidung anda yang sedang tersumbat. Dimana cara untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan cara yang mudah dan cepat diantaranya adalah :

  • Mengeluarkan Lendir atau Ingus

Hidung yang sedang tersumbat biasanya dikarenakan lendir yang agak kental dan menghambat dalam saluran rongga hidung anda. sehingga oleh karena itu cara untuk menghilangkan hidung anda yang tersumbat dengan mudah yaitu dengan mengeluarkan lendir yang bersarang di rongga hidung. Namun yang harus anda perhatikan yaitu jangan mengelurkan lendir dalam rongga hidung anda terlalu kuat, hal ini karena dapat mengakibatkan iritasi pada bagian selaput dinding rongga hidung anda. Cobalah dengan mengeluarkan secara perlahan dan dengan menggunaan bantuan tissue yang bersih untuk membuang lendir dan membersihkan hidung anda, tapi juga jangan sampai lupa untuk membuang bekas tissue tersebut ke dalam tempat sampah agar virus menyebar.

  • Perbanyak Asupan Cairan

Untuk menghilangkan hidung anda yang sedang tersumbat anda dapat melakukannya dengan menambah berupa asupan cairan yang terdapat di dalam tubuh anda. Dengan cara yang demikian, dapat melancarkan peredaran darah termasuk juga melebarkan pembuluh darah yang berada di rongga hidung sehingga mampu mengatasi hidung anda tersumbat. Dengan anda banyak mengkonsumsi air putih juga mampu meningkatkan terjadinya kekebalan tubuh anda sehingga mampu mengusir kuman dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil secara optimal coba anda minum air putih yang hangat, hal ini karena dapat lebih cepat untuk melegakkan rongga hidung anda yang sedang tersumbat.

  • Makan Makanan yang Pedas

Apabila lendir yang berada di dalam rongga hidung anda yang cukuo kental dan sulit untuk dikeluarkan, coba anda mengkonsumsi makan – makanan yang pedas untuk mengatasi hidung anda yang sedang tersumbat. Dengan anda mengkosumsi makanan yang pedas mampu menyebarkan pembuluh darah di hidung dan juga mampu mengencerkan lendir yang terdapat di rongga hidung. Badan anda juga akan mengeluarkan keringat yang menandakan metabolisme tubuh anda menjadi meningkat sehingga badan anda juga lebih segar dan dapat mempercepat proses kesembuhan.

Makanan pedas yang dirasa cocok anda konsumsi ketika anda mengalami hidung tersumbat adalah berupa jenis makanan yang berkuah misalnya sup ayam, bakso atau dengan soto. Makanan tersebut akan lebih baiknya anda konsumsi dalam keadaan yang panas atau hangat. Namun apabila anda mengalami sakit maag, maka sebaiknya anda jangan menambahkan sambel yang terlalu banyak, tambahkan sedikit atau secukupnya saja yang penting adalah mampu menimbulkan sensai hangat pada tubuh anda.

  • Meninggikan Posisi Kepala Ketika Tidur

Bagi anda yang sedang mengalami hidung tersumbat ketika anda istirahat atau sedang tidur maka sebaiknya anda tinggikan posisi kepala anda ketika hendak tidur dengan menempatkan beberapa bantal agar lebih tinggi lagi dari pada kondisi biasanya. Karena hal ini akan mengakibatkan saluran hidung anda akan menjadi lebih lancar kembali dan hidung yang tersumbat akan cepat mereda. Posisi ini juga mengakibatkan tubuh anda lebih rileks dan nyaman, sehingga istirahat anda akan lebih optimal.

  • Minum Minuman Jeruk Hangat

Selain hal yang ada di atas, tips lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara minum minuman jeruk yang hangat. Anda juga dapat menggunakan berupa jeruk nipis atau jenuk lemon. Dimana kedua jeruk ini memang telah dikenal memiliki kandungan vitamin C dengan kadar dosis yang tinggi. Dengan anda mengkonsumsi vitamin C, maka mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda sehingga hidung anda yang sebelumnya tersumbat dapat segera menghilang. Adanya sensasi yang hangat juga mampu melegakan saluran hidung dengan waktu yang cepat. Cara inipun juga cukup mudah, tinggal anda siapkan jeruk lemon atau jeruk nipis yang hanya diambil airnya dengan mencampurkan pada segelas minuman atau air hangat. Apabila ingin hasilnya lebih baik lagi, anda juga dapat menambahkan madu sebagai tambahan pemanis alami dan telah dicampurkan ke dalam larutan jeruk untuk menyembuhkan hidung anda yang tersumbat.

  • Menggunakan Uap Air dan Minyak Kayu Putih

tips mengatasi hidung tersumbat yang efektif

Selain itu anda juga dapat menggunakan uap air panas sebagai cara untuk mengatasi hidung anda yang sedang tersumbat. Dimana caranya yaitu dengan memasak air hingga mendidih kemudian anda taruh ke dalam suatu wadah atau berupa baskom. Kemudian campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam wadah yang telah berisi air panas yang anda siapkan sebelumnya. Lalu coba anda dekatkan wadah tersebut  ke bagian wajah anda dan anda dapat menghirup uap dari air panas tersebut agar masuk ke dalam rongga hidung. Dengan cara yang demikian akan dengan mudah dalam mengeluarkan lendir yang bersarang di rongga hidung anda dengan sendirinya dan hasilnya adalah hidung anda akan jauh lebih lega bila dibandingkan dengan kondisi sebelum anda menggunakan uap air untuk mengobati hidung anda yang sedang tersumbat.


EmoticonEmoticon