Senin, 12 November 2018

Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Protein berperan dalam pemenuh kebutuhan dan sistem kerja tubuh anda, baik untuk pertumbuhan dan juga dalam perkembangan fisik, tetap menjaga level energi, perlindungan dalam tubuh serta mampu menjaga metabolisme lemak dan karbohidrat yang diperlukan dalam memproduksi energi tubuh.

Tubuh sanagt memerlukan banyak – banyak protein untuk membentuk perkembangan sel yang terdapat pada kulit, otot, tulang, tulang rawan bahkan hingga bagian rambut. Sehingga oleh karena itu, mengkonsumsi protein untuk setiap harinya sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel –sel tubuh yang sedang rusak dan akan membentuk sel baru kembali. Jumlah protein yang dibutuhkan untuk tubuh tentunya bervariasi tergantung dari usia masing – masing, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta aktivitas apa saja yang dilakukan setiap harinya. Namun sebagai rekomendasi umum, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat yang telah menyarankan bahwa 0.8 gram protein harus dikonsumsi setiap harinya.

Meskipun tanpa harus melakukan pemerikasaan darah, terjadinya kekurangan nutrisi tertentu tentunya dapat dirasakan oleh tubuh. Hal ini karena terjadinya ketidakseimbangan nutrisi yang dikonsumsi dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh sehingga akibatnya akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan anda. Terjadinya kekurangan protein sebagai contoh adalah dapat mengakibatkan rasa nyeri pada bagian lutut atau persendian dan tubuh akan terasa dingin.

Protein sendiri merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting dan mampu membantu tubuh anda untuk mendapatkan energi. Oleh karena itu, apabila tubuh anda kekurangan protein ada beberapa tanda – tanda terjadinya masalah pada kesehatan anda yang akan muncul.

Protein merupakan salah satu komponen senyawa organik yang terdiri dari beberapa mineral diantaranya adalah sulfur, hidrogen, fosfor, oksigen, nitrogen dan juga asam amino yang sangat penting bagi tubuh anda. unsur – unsur tersebut akan kerap sekali anda temui dalam makanan – makanan yang mengandung protein yang anda konsumsi setiap harinya.

Ada beberapa fungsi lain yang dapat anda temukan ketika anda mengkonsumsi protein adalah :

  • Sebagai enzim yang dapat mempercepat reaksi biologis
  • Pembentukan sel – sel darah merah anda hingga mampu mengangkut oksigen ke bagian eritrosit
  • Membentuk sistem imun dan juga antibodi
  • Mengatur metabolisme tubuh
  • Penghancur dan juga penetral zat – zat yang sifatnya asing yang hendak masuk ke dalam tubuh anda
  • Menyembuhkan luka hingga mampu meregenerasikan sel terutama adalah pada bagian kulit 
  • Penyeimbanga asam basa yang mampu menjaga dalam kestabilan PH cairan yang terdapat di dalam tubuh
  • Membentuk otot – otot yang mampu membantu dalam perkembangan pada anak – anak dan juga pada remaja

Karena memang protein memiliki fungsi yang sangat banyak dan sangat diperlukan dalam tubuh anda, oleh karena itu tentu saja yang akan terjadi apabila tidak tercukupi tubuh anda akan rentan sekali terhadap penyakit yang diakibatkan dari kurangnya protein dalam tubuh anda tidak tercukupi. Adapun beberapa tanda – tanda yang dapat menyebabkan tubuh anda kekurangan protein.

Tanda Tubuh Kekurangan Protein


  • Mengidam

Apabila tubuh anda tidak mengkonsumsi cukup protein, hal yang akan terjadi dalam waktu yang dekat adalah tubuh anda akan memberikan sinyal bahwa tubuh anda sedang memerlukan protein. Salah satu ahli gizi senior dari UCLA Medica Center dan Asisten Professor yang berada di Fielding School of Public Health Dana Hunnes, dimana ia mengatakan agar dapat mendengarkan sinyal – sinyal tersebut. Misalnya saja apabila anda sedang menginginkan makan ayam goreng atau soup, coba anda mendengarkan tubuh anda dan berikan asupan tersebut.

  • Menginginkan yang Manis – Manis

Sering pula kita dengar orang – orang yang mengatakan bahwa saya ingin makan atau minum yang manis – manis. Nah, tanda – tanda inilah yang menandakan bahwa tubuh anda sedang kekurangan protein yaitu anda menginginkan makanan dan minuman yang manis dan anda akan terus merasa kurang. Pada umumnya orang akan membayangkan dengan mencari – cari steak atau telur apabila anda kekurangan protein. Namun faktanya adalah salah satu fungsi penting nya protein adalah untuk menjaga kestabilan gula darah anda. Artinya hal tersebut karena anda sedang kekurangan protein, juga tingkat glukosa anda akan terpengaruh dan dengan demikian akan memaksa tubuh anda untuk mencari – cari penangkalnya, misalnya seperti menginginkan permen atau minuman – minuman yang manis.

  • Otak Sulit Berkonsentrasi

Keseimbangan gula darah akan sangat penting dalam menjaga tingkat kefokusan anda. sehingga, ketika tubuh anda yang kekurangan protein dan glukosa menjadi fluktuafif anda mungkin akan merasakan sulit dalam berkonsentrasi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Hal ini karena memang anda tidak memiliki cukup pasukan karbohidrat yang dibutuhkan oleh otak anda. Protein yang anda dapatkan ketika waktu makan akan membantu dalam proses pelepasan karbohidrat dengan stabil dan tidak mudah naik turun.

  • Rambut Rontok

Protein merupakan pelindung sel – sel yang ada di tubuh anda, termasuk juga folikel rambut anda. Apabila folikel rambut rambut anda dalam kondisi yang kuat, maka rambut anda akan tetap berada di kepala meskipun anda sedang terhembus angin kencang. Namun akan tetapi apabila anda kekurangan protein, pelindungan akan semakin menipis dan juga anda jangan lupa untuk memperhatikan bahwa rambut akan akan cenderung mudah sekali rontok dan juga akarnya akan perlahan – lahan menipis.

  • Merasa Lemah

Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa protein akan sangat esensial untuk pembentukan otot anda. Apabila anda tidak memiliki cukup protein yang berada pada tubuh anda yang terjadi adalah otot – otot anda perlahan – lahan akan mengecil seiring dengan waktunya. Sehingga sebagai dampaknya yang terjadi adalah anda akan merasakan lemas dan tidak mampu untuk melakukan gerakan – gerakan olah tubuh yang dulu mungkin sering anda lakukan dan anda kuasai.

  • Mudah Sakit

Bukan hanya otot bisep anda saja yang terbantu oleh adanya protein yang cukup dalam tubuh anda, tetapi juga sistem kekebalan tubuh anda. kemungikinan yang terjadi adalah anda akan sering mengalami flu atau bahkan infeksi lebih sering bila dibandingkan dengan orang lain yang kebutuhan proteinnya tercukupi. Sehingga kemungkinan yang terjadi adalah mungkin anda sedang mengalami kekurangan protein.

  • Kuku Mudah Patah dan Kulit Mengelupas

Selain hal di atas, protein juga sangat penting untuk sel – sel yang terdapat di dalam kuku dan kulit anda agar dapat tumbuh dengan baik. Ketika anda kekurangan asupan protein dalam tubuh anda, yang terjadi akan mengakibatkan kuku anda menjadi lemas dan kulit akan mudah mengelupas. Bukan hanya itu, protein juga mampu mengakibatkan ruam dan masalah dermatologi lainnya.

tanda tubuh kekurangan protein

  • Turunnya Berat Badan

Penurunan berat badan yang terdapat dalam jumlah yang besar merupakan salah satu tanda – tanda atau gejala yang diperoleh ketika anda kekurangan protein. Hal ini memang mungkin terjadi karena adanya penyusutan otot akibat kurangnya asupan protein dalam tubuh anda. sehingga tubuh anda akan membakar otot, dan otot tersebut akan menyusut yang diikuti oleh adalah penurunan berat badan.


EmoticonEmoticon