Jumat, 09 November 2018

Manfaat Lari Sore Hari Bagi Tubuh

Di kalangan masyarakat sangat umum sekali merasakan lari pada pagi hari lebih populer bila dibandingkan dengan lari sore hari. Padahal sebenarnya manfaat lari sore juga tidak kalah bila dibandingkan dengan lari pagi hari.

Lari pagi merupakan jenis olahraga yang mudah sekali untuk dikerjakan bagi siapa saja dan dimana saja dapat dilakukan. Selain itu lari pada sore hari juga termasuk olahraga yang sangat ekonomis karena anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk melakukannya. Dalam olahraga lari anda juga tidak perlu melakukannya dengan kencang, tetapi dapat dilakukan secara pelan – pelan namun tetap stabil atau lari kecil atau yang sering dikenal dengan jogging. Dimana olahraga ini juga dapat anda lakukan bersama – sama dengan keluraga anda, teman atau teman kerja anda agar olahraga anda menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Sehingga selain anda dapat meningkatkan aktifitas fisik anda, olahraga lari juga dirasa sangat efektif sebagai sarana refresing atau liburan.

Manfaat lari sore hari juga telah banyak disampaikan oleh para ahli kesehatan. Hal ini memang bukan tanpa alasana lain, yaitu pada prinsipnya olahraga adalah obat untuk kesehatan anda. kata – kata tersebut bukan tanpa alasan, telah banyak penelitian ilmiah yang menimbulkan bahwa olahraga yang apabila dilakukan secara teratur kurang lebih 150 menit per minggunya yang dapat dipecah menjadi 5 sesi setiap minggunya masing – masing dengan 30 menitan. Khususnya dengan olahraga lari dirasa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh anda bila dibandngkan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin manapun itu meskipu ditawarkan oleh dokter.

Beragam penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli dan telah menunjukkan bahwa ada banyak sekali manfaat dari lari sore untuk kesehatan tubuh anda. diantara manfaat yang dapat anda peroleh untuk mencegah terjadinya obesitas, selain itu juga mencegah timbulnya penyakit diabetes dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan juga mampu mengurangi resiko bagi seseorang untuk terkena penyakit jantung, stroke atau bahkan kanker juga bisa dicegah. Lebih jauh lagi, bagi para ahli kesehatan juga telah menemukan banyak fakta yang tentunya sangat menarik bahwa olahraga lari terutama pada sore hari dapat secara drastis meningkatkan dalam kualitas emosional dan juga mental anda. namun bukan sekedar itu, juga mampu membantu anda untuk memiliki usia yang lebih panjang. Tentunya hal ini dirasa sangat menarik dan akan dijelaskan satu per satu melalui penjelasan di bawah ini.

Manfaat Lari Sore Hari Bagi Tubuh

Olahraga lari juga dapat anda lakukan kapanpun, dimana saja dan juga hampir tidak memerlukan penunjang perlengkapan yang terlalu banyak. Kecuali apabila anda ingin lebih optimal dalam melakukan olahraga lari tentunya anda akan membutuhkan sepatu yang nyaman ketika digunakan dan dapat digunakan untuk melindungi dari cidera.

Olahraga lari mungkin banyak yang menyukai pada pagi hari, namun juga tidak sedikit pula yang mengerjakannya pada sore hari. Bukan hanya karena sinar matahari yang sudah tidak terlalu menyengat, selain itu pada sore hari merupakan waktu yang tepat karena orang – orang telah banyak yang terbebas dari kewajiban seperti bekerja atau sekolah yang harus mereka kerjakan. Lari sore merupakan cara yang dirasa sangat baik untuk meningkatkan kondisi fisik anda secara keseluruhan. Lantas apa saja manfaat yang diperoleh ketika anda melakukan olehraga lari pada sore hari.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak dipungkiri pula bahwa salah satu alasan dari seseorang memutuskan untuk melakukan olahraga yaitu karena mereka merasa tubuhnya sudah tidak ideal lagi alias kelebihan berat badan. Ketika anda sedang mengayunkan tangan dan juga kakianda untuk berlari, tubuh anda akan membakar kalori yang berada dalam tubuh. Pembakaran kalori ternyata juga mampu berlangsung setelah anda melakukan berlari yang sering disebut dengan “afterburn” atau jumlah kalori yang dibakar setelah melakukan olahraga.

Manfaat lari sore apabila anda melakukannya dengan waktu yang rutin tentunya akan meningkatkan laju “afterburn” tersebut. Ketika kalori dalam tubuh anda terbakar apalagi bila dibarengi  dengan melakukan pembatasan asupan kalori yang masuk dalam tubuh anda, tentunya akan membantu anda dalam menurunkan berat badan dan juga menjaga berat badan anda agar tetap konsisten.

  • Memperkuat Tulang Sendi dan Membentuk Otot

Lari pada sore hari sering juga dimanfaatkan untuk melatih tubuh lebih kuat dan juga membentuk otot. Sehingga manfaat lari sore tentunya dapat mengakibatkan otot anda menjadi lebih kuat sehingga anda tidak lagi kesulitan untuk mengangkat beban yang berat maupun aktifitas kerja yang memang memerlukan kekutan fisik. Dengan anda olahraga lari secara teratur, anda akan terhindar dari rasa kram otot dan keseimbangan tubuh anda akan lebih terjaga. Selain untuk fungsi kekuatan, olahraga lari pada sore hari juga berfungsi untuk membentuk otot anda agar lebih berisi dan meningkatkan estetis dan keindahan.

  • Menyehatkan Jantung

Manfaat lari pada sore hari yang paling utama untuk kesehatan tubuh anda yaitu mampu menyehatkan jantung anda. sebagaimana yang telah diketahui bersama, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu baik itu di Indonesia atau di luar negeri. Dengan anda melakukan lari sore secara teratur tentunya akan membuat jantung anda akan senantiasa sehat. Dimana hal ini karena, ketika anda melakukan olahraga lari pada sore hari, otot – otot yang terdapat dalam jantung anda akan teraktifasi sehingga apabila ada satu atau beberapa otot jantung yang lemah maka otot tersebut akan semakin kuat kembali. Lari juga dirasa sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah anda, sehingga adanya kolesterol yang menumpuk dalam tubuh anda baik itu dalam bentuk plak atau luruh akan hilang dan anda akan terhindar dari penyakit jantung koroner.

Ketika anda melakukan olahraga tersebut, yang terjadi adalah pada bagian persendian oksigen yang terdapat dalam paru – paru akan selalu stabil dan akan berpengaruh besar dalam stabilitas irama jantung anda. selain itu tekanan darah anda juga senantiasa terjaga, sehingga anda akan terhindar dari penyakit hipertensi. Adanya peredaran darah dari jantung menuju ke otak dan juga seluruh organ tubuh anda juga selalu lancar hingga anda dapat terhidar dari terjadinya penyakit stroke dan juga jaringan tubuh daapat bekerja secara optimal. Syaraf – syaraf  yang berada di seluruh tubuh anda juga mampu bekerja secara aktif dan anda juga dapat terhindar dari kebas atau nyeri kesemutan.

  • Menjauhkan Diri dari Stress
manfaat lari sore hari bagi tubuh

Dengan anda melakukan olahraga lari pada sore hari juga mampu untuk menjauhkan diri anda dari terjadinya serangan stress. Dimana manfaat lari sore hari dalam hal ini yaitu sebagai sarana refresing untuk melepaskan kepenatan setelah anda melakukan segala aktifitas dan juga rutinitas yang anda lakukan selama seharian. Sehingga setelah anda disibukkan dengan beragam urusan kerja yang sering kali membuat pikiran anda menjadi stress, makan sebaiknya anda melakukan olahraga lari pada sore hari.


EmoticonEmoticon