Jumat, 09 November 2018

Khasiat dan Efek Samping Petai untuk Kesehatan

Apakah anda salah satu orang yang suka denga petai? Petai atau kerap disebut dengan pete biasa kerap ditemui dan dinikmati sebagai lalapan, sambal atau juga untuk pelengkap makanan. Namun, dibalik rasanya yang nikmat banyak orang yang tidak menyukainya hanya karena baunya yang kurang sedap. Sebaiknya anda perlu mencoba petai karena tanaman ini memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan anda.

Meskipun banyak orang yang tidak menyukai petai atau Parkia Speciosa karena hanya memiliki bau yang menyengat, ternyata salah satu jenis buah yang berwarna hijau ini tentunya memiliki tempat tersendiri di hati bagi para penggemarnya. Namun untuk anda yang memang tidak menyukainya sama sekali, hanya melihatnya atau mencium baunya saja anda sudah merasa jijik sendiri. Padahal untuk para penikmatnya, apabila petai sudah menjadi hidangan di meja makan lengkap dengan lauk dan juga sambal mungkin rasanya membuat perut bagi pecintanya akan semakin keroncongan. Bahkan nafsu makan mereka akan semakin bertambah dengan adanya hidangan petai di meja makan. Oleh karena itu tidak heran lagi kalau petai akan sangat mudah dan laris manis di pasar – pasar tradisional.

Petai sebenarnya marupakan termasuk dalam kategori buah dan kacang – kacangan. Bau yang tidak sedap di dalam petai ini karena adanya kandungan asam amino yang terdapat dan terkandung di dalam buah satu ini dimana di dalam buah petai terdapat kadungan unsur sulfur. Kandungan inilah yang menjadi alasan kenapa petai akan menghasilkan bau yang sangat menyengat atau bahkan bagi sebagian orang menganggap bahwa petai adalah jenis buah yang tidak sedap untuk dikonsumsi. Bahkan di Amerika buah satu ini tergolong dalam salah satu jenis makanan yang memiliki bau paling buruk. Namun, meskipun demikian buah petai ternyata memiliki sejuta khasiat yang tentunya bermanfaat untuk tubuh anda.

Namun, walaupun petai banyak dijauhi dan juga dihindari oleh banyak orang yang memang tidak menyukainya karena baunya yang tidak sedap, ternyata buah petai ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Di dalam buah pete sendiri mengandung banyak gizi seperti protein, karbohidrat, fosfor, vitamin C, vitamin A, kalium, serat, zat besi, hingga tiga jenis gula alami (sukrosa, fruktosa dan juga glukosa). Dengan adanya kandungan gizi yang sangat tinggi tentulah buah pete juga memiliki khasiat yang baik pula tubuh kita. Berikut adalah beberapa khasiat yang didapatkan jika anda mengkonsumsi bauh petai.

Khasiat Petai Untuk Kesehatan


  • Meredakan Depresi

Khasiat atau manfaat yang pertama dari buah petai adalah mampu meredakan depresi pada seseorang. Dimana kandungan zat tryptophan yang terdapat dalam petai adalah salah satu kandungan yang mampu meredakan depresi pada diri seseorang. Selain itu kandungan zat tryptophan juga memiliki khasiat lain diantaranya mampu membuat tubuh akan menjadi lebih rileks, dapat memperbaiki mood dan juga kondisi emosi pada seseorang, serta mampu membuat tubuh akan terasa lebih bahagia.

  • Mengatasi Gangguan PMS

Gangguan PMS (Pre Menstrual  Syndrome) adalah salah satu gangguan yang terjadi pada wanita. Dimana gangguan PMS akan membuat para wanita akan dengan mudah sekali berubah mood dan juga kondisi emosinya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi petai, jika anda mengkonsumsi buah yang memiliki bau kurang sedap ini akan membantu anda dalam menstabilkan mood. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan zat tryptophan yang ada di dalam buah petai. Bukan hanya itu, kandungan petai yang lainnya yaitu adanya vitamin B, terutama vitamin B1 yangb bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah anda dan juga akan membantu dalam memperbaiki mood seseorang.

  • Mencegah Terjadinya Anemia

Selain dapat meredakan depresi dan mengatasi gangguan PMS khasiat lain yang terdapat pada buah petai adalah untuk mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Adanya kandungan zat besi yang terdapat pada buah petai inilah yang bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Anemia sendiri sebenarnya dapat diakibatkan karena beberapa hal diantaranya adalah 5 L (Letih, lemah, lesu, lunglai dan lemas), tubuh akan terasa tidak bertenaga, akan mudah terserang penyakit ringan, mudah pusing dan juga mual – mual, serta dapat melakukan aktivitas sehari –hari  secara optimal. Sehingga dengan mengkonsumsi petai beberapa gejala dari terjadinya anemia akan dengan mudah dicegah dan kemungkinan tidak akan muncul lagi jika buah petai rutin dikonsumsi.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian telah mengatakan bahwa buah petai memiliki manfaat dan khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau yang kerap disebut hipertensi. Terjadinya hipertensi atau darah tinggi dapat disebabkan karena beberapa faktor yang dapat berakibat diantaranya mudah marah dan akan cepat marah, meningkatkan resiko terjadinya terserang penyakit kronis misalnya adalah penyakit jantung, serta akan terasa mudah lelah. Dengan mengkonsumsi buah petai dapat membantu dalam menurunkan terjadinya resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi serta juga dapat mengurangi gejala – gejala yang mungkin ditimbulkan dari penyakit darah tinggi atau hipertensi.

  • Menghilangkan Gatal Karena Gigitan Nyamuk

Bukan hanya berkhasiat dan bermanfaat untuk mengatasi beragam penyakit, buah petai juga bermanfaat pada bagian kulit. Salah satu khasiat dari kulit biji petai adalah mampu mengurangi dan juga menghilangkan adanya rasa gatal yang diakibatkan karena gigitan nyamuk. Cukup mudah pula cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengambil bagian dalam dari kulit petai, kemudian anda dapat menggunakannya dengan menggosok – gosokkan bagian tersebut pada bagian kulit yang sedang gatal.

  • Mencegah Terjadinya Kegemukan

Selain kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah petai dan dapat mengikat lemak, manfaat lainnya dari buah petai adalah dapat mencegah terjadinya kegemukan. Dalam beberapa penelitian menyebutkan beberapa faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya kegemukan diantaranya adalah faktor stress, depresi dan  juga adanya tekanan. Sehingga dengan mengkonsumsi petai, maka dapat mengurangi faktor – faktor tersebut sehingga anda akan terhindar dari kegemukan.

  • Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Jika anda ingin menghentikan merokok tetapi terasa sangat sulit, sebaiknya anda baca artikel ini karena khasiat lain dari buah petai adalah mampu membantu menghentikan kebiasaan merokok. Kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium dan juga magnesium yang terkandung dalam buah petai memiliki khasiat dalam membantu anda menghentikan kebiasaan merokok. Dengan adanya kandungan tersebut buah petai juga mampu mempercepat efek penghentian nikotin yang hendak masuk ke dalam tubuh anda.


Efek Samping Mengkonsumsi Petai

Disamping buah petai kaya akan khasiat, ternyata jika anda mengkonsumsi petai secara berlebihan maka juga akan berefek pula bagi kesehatan karena dalam buah petai terdapat kandungan asam amino yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pula bagi kesehatan anda. Berikut ini ada beberapa efek samping dari mengkonsumsi petai jika digunakan secara berlebihan :

  • Berdampak bagi Ginjal

Efek samping dari petai jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi ginjal karena adanya kandungan asam amino pada buah petai. Dimana asam amino adalah komponen penting dalam penyusunan protein, namun apabila jumlahnya banyak maka akan dibuang melalui ginjal dan akan berakibat protein yang berat molekulnya besar akan mampu merusak saringan pada bagian ginjal dan akan berakibat ditemukan pada protein yang ada dalam urine. Dimana gejala tersebut dikenal dengan proteinuria.

Khasiat dan Efek Samping Petai untuk Kesehatan
  • Air Kencing dan Kentut Menjadi Bau

Apabila anda mengkomsumsi buah petai terlalu banyak, maka akan berdampak pada air kencing dan kentut yang akan menjadi bau dan beraroma tidak sedap. Hal ini karena adanya asam amino yang kaya akan nitrogen  dan unsur sulfur yang nantinya akan diubah menjadi gas amoniak (NM3) dan juga Hidrogen Sulfida (H2S) yang menyebabkan kentut akan berbau tidak sedap.


EmoticonEmoticon