Senin, 12 November 2018

Cara Menyikapi Informasi di Era Digital

Dalam perkembangan era globalisasi seperti saat ini sehingga semakin berkembang pesat pula ilmu dalam bidang teknologi. Sehingga adanya kemajuan globalisasi akan menimbulkan berbagai efek dari penggunaanya baik itu efek secara positif atau efek negatif.

Dewasa ini kita telah menyadari dan merasakan bahwa kita telah memasuki era globalisasi yang dimana selalu ditunjang oleh perkembangan – perkembangan yang pesat di berbagai bidang terutama adalah bidang teknologi dan informasi. Adanya gabungan antara teknologi telekomunikasi dengan komputer akan menghasilkan suatu media yang dapat menembus batas fisik antara negara satu dengan negara lainnya hanya dengan melalui dunia maya. Dimana keadaan demikian sering disebut dengan pemanfaatan internet. Internet atau internetnetworking bukan hanya mampu mengolah dalam bentuk pesan atau data saja, tetapi juga memungkinkan anda dapat bercakap – cakap atau berkomunikasi bahkan bertatap muka dengan orang yang anda inginkan dengan jarak yang jauh sekalipun. Sehingga dengan datangnya teknologi telah menghapus jarak ribuan kilometer antar daerah bahkan negara hanya dalam hitungan detik saja.

Bukan hanya itu, adanya kemunculan dari teknologi informasi semacam internet seperti saat ini juga mampu meningkatkan efisien serta efektivitas kerja anda. Oleh sebab itu, dengan adanya perkembangan teknologi informasi tentulah harus disikapi pula dengan sikap yang terbuka dan diterima dengan baik bagi siapa saja yang menggunakannya. Meskipun harus diakui pula bahwa dengan munculnya perkembangan teknologi informasi yang begitu pesatnya  seperti saat ini, ternyata selain membawa dampak yang positif serta berdampak negatif pula bagi penggunanya yang salah dalam penggunaanya.

Tidak mengikuti adanya perkembangan teknologi informasi juga bukan berarti tidak mampu untuk bersaing. Coba anda bayangkan pada era globalisasi seperti saat ini dimana segala hal akan berbau kecanggihan teknologi misalnya saja adalah alat – alat sekolah, perkantoran, dan bahkan rumah tangga tetapi kita tidak bisa atau tidak paham mengenai penggunaan suatu alat tersebut apalagi ketika anda ingin mengoperasikannya. Sehingga solusinya adalah dengan anda mencari melalui internet, sehingga jangan sampai pada zaman yang sudah serba modern dan canggih seperti saat ini anda justru dianggap Gagap Teknologi (Gaptek).

Di era digital seperti saat ini, hampir bagi semua informasi dapat kita dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan internet. Dan di sisi lain, orang – orang juga akan lebih bebas untuk menulis informasi di media online yang mereka inginkan. Namun terlepas dari itu semua apakah kita mengetahui bahwa informasi tersebut dijamin kebenarannya atu tidak. Hal ini lah yang menyebabkan semakin banyaknya informasi yang anda dapatkan dan terkadang justru malah membuat anda merasa bingung. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya lakukan tips – tips berikut ini.

Cara Menyikapi Informasi di Era Digital


  • Hindari Aktivitas Multitasking

Saat anda menerima email ketika dalam keadaan sedang bekerja akan membuat anda ingin membalas secara terus – menerus. Bukan hanya itu, apabila ditambah dengan adanya notifikasi dari media sosial yang akan membuat anda ingin untuk mengecek komentar dan lain sebagainya. apabila anda melakukan pekerjaan yang multitasking seperti hal serupa tentunya akan mengganggu tingkat konsentrasi anda sehingga pasti anda akan cepat merasakan kecapekan atau kelelahan. Bukan hanya pekerjaan anda yang akan selesai dengan waktu yang lebih lama, anda juga menjadi tidak fokus dengan informasi apa yang hendak anda cari.

  • Batasi Distraksi dari Email

Dalam suatu penelitian menurut Glenn Wilson dan Gresham College London yang mengemukakan bahwa apabila seseorang sedang melihat ada email yang masuk ketika anda sedang melakukan pekerjaan tertentu maka yang terjadi adalah konsentrasi anda akan terpecah sehingga dapat mengurangi efisien  dari proses kerja anda. Anda pasti juga pernah mengalami hal tersebut bukan? namun lebih jauh lagi, Wilson juga mengatakan bahwa apabila multitasking dapat menurunkan memori serta kemampuan konsentrasi bila dibandingkan denga merokok. Oleh karena itu, agar anda dapat fokus kembali ke satu informasi, lebih baiknya anda harus menghindari kegiatan multitasking.

  • Patuhi Aturan Dua Menit

Adanya notifikasi dari email, adanya panggilan telepon, sms, pesan instan atau hal lainnya terkadang dapat juga membuat anda akan bingung karena merasa terlalu banyak jumlahnya. Rata – rata anda akan membutuhkan waktu selama dua menit untuk mengecek info dari masing – masing adanya notifikasi tersebut bukan? Maka sebaiknya anda menyisakan waktu sekitar kurang lebih satu jam untuk setiap harinya untuk sekedar mengecek hal tersebut secara bersamaan sehingga waktu yang anda miliki juga tidak terbuang dengan sia – sia.

  • Lakukan Eksperimen

Tips lainnya yang dapat anda terapkan untuk menyikasi meludaknya informasi di era digital adalah dengan melakukan eksperimen. Semakin banyak informasi yang anda peroleh dari internet maka akan semakin sulit pula anda dalam mengolah informasi tersebut. Oleh karena itu, agar anda juga tidak salah langkah, sebaiknya anda lakukan eksperimen terlebih dahulu. Misalnya saja adalah dengan menguji informasi tersebut apakah benar atau salah. Dari pada anda telah membuang – buang waktu anda tetapi hasilnya justru tidak sesuai dengan keinginan anda. Bukankah anda tidak menginginkan hal tersebut? Oleh karen itu, lakukan eksperimen terlelebih dahulu. Tidak ada kata gagal dalam diri anda ketika melakukan eksperimen karena anda hanya sekedar mencoba.

  • Tulis Informasi di Media Sosial

Apabila anda memerlukannya, anda juga dapat melakukan menulis informasi di media sosial. Share juga informasi yang anda dapatkan di media sosial. Selain itu juga akan bermanfaat untuk kedepannya ketika anda ingin membacanya kembali anda dapat meminta pendapat atau tanggapan dari teman – teman anda. Barang kali ada salah satu dari teman anda yang sudah pernah membaca informasi tersebut, sehingga anda dapat tau apakah informasi yang anda dapatkan apakah benar atau hanya sekedar berita hoax saja.

Oleh karena itu, ketika anda mendapatkan informasi yang didapatkan dari internet maka yang harus anda lakukan adalah jangan langsung menelan mentah – mentah informasi yang ada dapatkan karena memang tidak semua informasi yang ada peroleh memang sudah dijamin keakuratannya dan bisa dipertanggung jawabkan atau tidak. Selain itu juga, anda perlu lebih fokus lagi agar dapat mengolah informasi yang anda dapatkan sebelumnya. Lakukan langkah – langkah tersebut yang ada di penjelasan atas agar anda juga tidak semakin bingung dalam menyikapi membludaknya informasi di era digital ini dan tentuny anda akan mendapatkan informasi yang tepat sesuai dengan apa yang anda inginkan.

cara menyikapi informasi di era digital

Untuk itu, maka sebaiknya anda dapat menyikapi dan mengikuti dengan cara yang positif dalam perkembangan teknologi informasi yang berkembang dengan begitu pesatnya, sehingga dalam hidup anda akan senantiasa tertanam untuk memiliki sikap yang ingin maju dengan diirigin realisasi tindakan dalam hal yang nyata. Imbangi pula dengan ilmu – ilmu yang pasti dari sumber buku yang, sehingga anda dapat membandingkan dan menyaring mengenai informasi yang anda dapatkan apakah benar atau hanya sekedar hoax saja.


EmoticonEmoticon