Senin, 12 November 2018

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Apakah anda pernah memiliki masalah komedo? Masalah yang paling sering anda keluhkan terutama bagi para wanita selain jerawat yaitu bagaimana menemukan cara yang tepat untuk menghilangkan komedo dengan cara yang alami, cepat dan tentunya ampuh. Selain jerawat, komedo juga sangat sulit untuk dihilangkan.

Komedo merupakan tumpukan lemak yang terdapat pada wajah dan biasanya akan terakumulasi disekitar area hidung, mata atau bagian pipi. Sama halnya dengan jerawat, komedo bisa timbul akibat adanya penyumbatan pada pori – pori kulit wajah anda yang penyebabnya adalah minyak, kotoran maupun karena sel kulit mati. Hanya saja adanya komedo tidak diselimuti oleh kulit sebagaimana dengan jerawat. Baik itu berupa komedo hitam atau komedo putih keduanya akan mendapatkan suatu masalah yang mampu mengganggu dan juga menurunkan kepercayaan diri anda.

Terutama bagi para wanita yang memiliki kulit dengan tipe wajah berminyak, adanya komedo pada wajah anda merupakah bahaya laten yang sering sekali muncul apabila tidak dibersihkan secara tuntas. Beberapa orang juga yang memiliki keluhan mengenai komedo, mengatasinya dengan menggunakan sabun pembersih muka yang belum tentu juga mampu membersihkan komedo yang ada pada wajah anda secara bersih dan hingga ke akarnya. Sehingga akibatny adalah komedo tersebut akan sering sekali muncul kembali dan juga akan tidak jarang pula akan memberikan efek samping berupa keringnya pada bagian kulit wajah. Oleh karena itu tidak sedikit bagi para wanita akan beralih pada penggunaan perawatan alami untuk menghilangkan komedo tersebut.

Gejala Komedo

Komedo akan lebih sering terjadi pada para remaja. Adanya aktivitas hormon yang tidak stabil ketika masa – masa pubertas akan mengakibatkan minyak dan sebum diproduksi secara berlebihan. Ada beberapa gejala munculnya komedo yang sangat mudah anda kenali, yaitu dengan cukup meraba bagian hidung, dahi atau area wajah lainnya dan apabila anda menemukan semacam benjolan kasar bisa jadi benjolan tersebut termasuk dalam komedo.

Ukuran dari komedo juga bervariasi, ada jenis komedo yang berukuran kecil ada pula yang berukuran besar dan mirip seperti kista. Selain komedo mampu muncul di area hidung dan juga bagian wajah lainnya, komedo juga sering muncul di bagian punggung, dada, leher, lengan, bahu atau bagian tubuh lainnya. Karena memang komedo tidak mengalami inflamasi, sehingga komedo tidak akan terasa sakit. Akan tetapi komedo akan berubah menjadi benjolan yang menyakitkan apabila benjolan tersebut dicukil atau digaruk.

Penyebab Munculnya Komedo

Ketika anda memasuki masa remaja maka yang terjadi adalah produksi hormon anda akan mengalami peningkatan, khususnya adalah untuk hormon testosteron yang terdapat pada remaja laki – laki. Dengan meningkatnya hormon inilah yang mampu merangsang produksi minyak menjadi aktif bahkan jumlahnya berlebihan.

Selain itu, akar rambut dan bagian pori – pori akan mengalami penyumbatan yang diakibatkan oleh minyak yang keluar dengan berlebihan. Ketika mengalami infeksi, makan bakteri – bakteri yang ada pada daerah wajah akan mengakibatkan komedo dan jenis jerawat lainnya. Ada beberapa faktor yang mampu meningkatkan resiko komedo pada wajah anda antara lain adalah :

  • Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada bagian kulit
  • Adanya iritasi pada folikel rambut yang dapat mengakibatkan sel kulit akan mati dan tidak dapat rontok secara teratur
  • Mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan munculnya minyak keluar secara berlebihan terutama adalah ketika anda memasuki usia remaja dan sedang menstruasi
  • Mengkonsumsi obat – obatan tertentu misalnya steroid, lithium atau pil KB

Namun bukan hanya itu faktor yang menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah anda. Pola hidup yang dirasa kurang sehat seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, makan makanan yang mengandung minyak atau gorengan, begadang dan faktor lain yang dapat memicu komedo pada wajah. Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari kebiasaan – kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Setelah anda mengetahui mengenai gejala dan penyebab dari munculnya komedo pada wajah anda, selanjutnya adalah anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan dan mengatasi komedo tentunya dengan cara yang alami dan tidak menimbulkan efek samping.

  • Pasta Gigi

Bagi setiap orang pasti memiliki pasta gigi di rumah anda. Namun adakah yang pernah menyangka sebelumnya ternyata pasta gigi dirasa sangat mujarab untuk mengatasi komedo yang berada di wajah anda. Menghilangkan komedo dengan menggunakan pasta gigi terkesan aneh dan tidak masuk akal namun apabila anda merasa ragu sebaiknya anda mecoba dan membuktikannya sendiri.

Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menyiapkan pasta gigi secukupnya usahakan yang herbal atau mint. Kemudian bilas wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat agar membuka semua pori – pori, baru anda dapat mengoleskan pasta gigi tersebut secara merata ke bagian wajah yang terdapat komedo. Jangan langsung untuk membilas, diamkan terlebih dahulu hingga pasta gigi tersebut kering dan mengeras. Baru, setelah itu ada bilas dengan menggunakan air dingin hingga wajah anda bersih.

  • Lemon

Solusi lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan lemon. Dimana lemon sendiri masih tergolong satu keluarga dengan buah jeruk. Cuma bedanya adalah lemon memiliki rasa yang lebih masam bila dibandingkan dengan jeruk pada umumnya. Namun meskipun demikian, lemon ternyata memiliki kandungan vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo pada wajah anda. Sehingga buah yang satu ini sangat cocok untuk anda gunakan menghilangkan komedo hitam yang membandel.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan menggunakan lemon yaitu menyiapkan buah lemon segar dan belah menjadi dua bagian. Kemudian bilas dahulu dengan air hangat agar pori – pori wajah anda terbuka dan rileks. Selanjutnya adalah gosokkan potongan lemon tersebut ke seluruh bagian atau area wajah terutama pada bagian wajah yang terdapat komedo. Diamkan terlebih dahulu kurang lebih 5 hingga 10 menit meskipun awalnya rasanya terasa agak perih. Namun setelah air lemon tersebut meresap kemudian bilas dengan menggunakan air dingin hingga wajah anda bersih kembali.

  • Lidah Buaya

Setiap orang tentunya sudah mengetahui manfaat yang luar biasa dari tumbuhan lidah buaya terutama untuk rambut anda. Mulai dari menyuburkan rambut anda, menghitamkan rambut dengan cara alami. Namun lebih dari itu, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat ampuh untuk menghilangkan komedo pada wajah anda. Baik itu komedo yang hitam atau komedo putih semua jenis komedo tersebut dapat anda atasi dengan menggunakan lidah buaya.

cara menghilangkan komedo secara alami

Cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi komedo dengan menggunakan lidah buaya yaitu dengan menyediakan lidah buaya segar secupnya usahakan pula lidah buaya yang baru saja dipetik agar lebih segar. Kemudian potong – potong lidah buaya menjadi beberapa bagian lalu ambil gel yang ada di dalamnya. Sebelum menggunakan lidah buaya untuk mengatasi komedo adalah dengan membersihkan wajag anda dengan menggunakan sabun khusus agar kotoran yang ada pada wajah anda tidak mengganggu atau menghambat. Oleskan lidah buaya tersebut secara merata kemudian diamkan terlebih dahulu hingga benar – benar kering. Setelah kering baru anda bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih dan anda dapat melihat hasilnya.


EmoticonEmoticon