Senin, 12 November 2018

Cara Ampuh Membasmi Semut Secara Alami

Semut mungkin bagi sebagian orang mengganggap bahwa semut adalah salah satu binatang pengganggu. Semut biasanya akan datang dengan cepat apabila disekitar nya ada suatu makanan yang memang disukai semut misalnya adalah makanan atau minuman yang mengandung gula atau mengandung rasa manis.

Semut adalah hewat yang hidupnya memang suka berkoloni besar yang juga memiliki pembagian tugas spesifik. Semut juga salah satu jenis hewan yang memang suka dengan yang berbau manis – manisan misalnya seperti makanan atau jenis snack yang terkandung rasa manis di dalamnya. Dimanapun kita meletakkan jenis makanan atau minuman yang mengandung rasa manis pastilah dengan waktu yang singkat makanan atau minuman tersebut akan mulai didatangi oleh semut. Oleh karena itu memang tidak jarang pula orang yang menganggap bahwa semut merupakan hewan yang pengganggu kenyamanan dari penghuni rumah, terutama juga apabila dalam rumah anda terdapat anak kecil pasti akan dengan mudah semut tersebut menggigit tubuh anak kecil dan akhirnya nangis.

Memang semut sendiri banyak sekali jenisnya, ada pula jenis semut yang suka menggigit misalnya adalah semut merah, ada pula semut yang hanya mengerubuti makanan atau minuman yang mengandung rasa manis misalnya adalah semut pudak atau semut hitam. Tetapi karena kehadirannya yang berkoloni sering sekali semut dirasa sangat mengganggu orang.

Banyak cara memang yang dapat anda lakukan untuk mengusir bahkan membasmi hingga ke rumah semut misalnya seperti menggunakan kapur semut, dengan menggunakan obat serangga atau pembasmi lainnya. Namun, dengan menggunakan bahan – bahan tersebut belum tentu semut – semut tidak akan datang lagi karena rumah atau sarangnya belum ikut dibasmi pula. Sementara semut – semut lain yang masih berada di dalam sarang tentunya tidak mudah hilang begitu saja dan pasti akan kembali lagi apabila ada makanan yang mengandung rasa manis.

Dengan anda mengusir semut menggunakan alat atau bahan kimia juga akan berdampak negatif apabila di dalam rumah anda terdapat anak – anak kecil. Yang pasti adalah bekas obat serangga yang anda gunakan untuk membasmi semut mengandung racun untuk mengusir semut, kemudian bahan kimia tersebut akan menempel pada bekas semprotan, dan apabila bekas tersebut dipegang atau dibuat mainan oleh anak – anak kecil akan sangat membahayakan bagi anak anda. sama halnya dengan kecoa, semut juga menyukai berbagai tempat – tempat yang kotor.

Cara Alami Membasi Semut di Rumah


  • Garam

Salah satu bumbu dapur ini memang sudah dikenal manfaatnya yang banyak salah satunya adalah untuk mengusir semut yang ada di rumah anda. Cara yang dapat anda lakukan juga mudah cukup anda taburkan garam di sudut – sudut lemari penyimpanan makanan yang ada di dapur atau tempat lain yang mungkin kerap didatangi oleh semut. Bila anda menemukan sarang semut di rumah anda, anda juga perlu untuk menaburkan garam di tempat tersebut. Cara lain yang juga dapat anda coba untuk membasmi dan menghilangkan semut beserta dengan sarang semutnya yang berada di rumah anda yaitu dengan memanaskan garam dan dicampur menggunakan air hingga mendidih kemudian anda dapat menyemprotkan air tersebut ke daerah  yang memang banyak didatangi semut.

  • Lada 

Bahan alami lain yang juga dapat anda gunakan untuk membasi dan menghilangkan semut di rumah anda yaitu dengan menggunakan bumbu masak lada. Lada juga sangat efektif untuk mengusir semut – semut yang bergerombol di rumah anda. Cara yang dapat anda lakukan adalah sama dengan penggunaan garam yaitu menaburkan lada kebagian yang terdapat semut atau juga dapat menambahkan air dan dipanasi hingga mendidih kemudian anda dapat menyemprotkannya ke bagian atau lubang yang di dalamnya menjadi sarang semut.

  • Larutan Cuka

Larutan cuka juga dirasa dapat menghilangkan dan membasmi semut – semut yang berkeliaran di rumah anda. Caranya adalah dengan menyemprotkan larutan cuka ke tempat yang sering dilalui oleh semut. Dengan disemprotkan cuka pada area semut, maka semut tidak akan kuat lagi dengan bau yang menyengat dari larutan cuka tersebu, sehingga semut – semut itu akan menghindarinya. Selain dengan menggunakan larutan cuka, anda juga dapat menggunakan cuka apel dan minyak peppermint untuk anda gunakan mengusir dan membasmi semut – semut yang mengganggu anda.

  • Bubuk Vanila

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue yaitu bubuk vanili ternyata juga mampu anda gunakan untuk mengusir semut – semut yang mengganggu anda. Cara yang dapat anda aplikasikan juga mudah yaitu dengan menaburkan bubuk vanila ke area rumah anda yang terdapat semut  atau di sudut – sudut lemari makanan atau area lain di dapur yang memang kerap dilalui semut. Selain khasiat dari bubuk vanila untuk membasmi semut – semut yang ada di rumah anda, juga apabila lemari yang anda beri bubuk vanila maka akan harum.

  • Mentimun

Apakah anda tahu sebelumnya bahwa semut ternyata juga menyukai rasa dari mentimun? Atas dasar fakta tersebut mentimun juga dapat digunakan sebagai alternatif dalam membasmi semut – semut yang ada di rumah anda. Cara yang perlu anda lakukan juga mudah, tinggal anda letakkan potongan mentimun di area yang memang banyak dilalui oleh semut. Maka anda tunggu sebentar saja semut akan menjauh dan tidak balik lagi.

  • Mint

Aroma mint juga tidak disukai oleh para semut. Ketika anda ingin menggunakan mint untuk mengusir semut – semut anda dapat memanfaatkan kantong teh mint yang bekas untuk anda gunakan mengusir semut. Kemudian letakkan kantong teh mint bekas ke area – area yang memang banyak semutnya. Atau anda juga dapat langsung menggunakan daun mint, caranya cukup mudah yaitu daun mint anda keringkan terlebih dahulu kemudian anda hancurkan menjadi bubuk baru anda taburkan ke tempat – tempat yang banyak semutnya.

  • Bubuk Kopi

Bahan alami lain yang dapat anda gunakan untuk mengusir semut adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Sering sekali adanya retakan dinding, lantai atau nat keramik anda yang renggang karena memang dijadikan semut sebagai tempat untuk bersarang mereka. Anda dapat mengatasinya untuk membasimi semut yaitu dengan menaburkan bubuk kopi disekitar retakan tersebut tujuannya adalah untuk mencegah semut dapat masuk di dalam lantai atau dinding anda. Bukan hanya itu, untuk mengusir semut bubuk kopi juga dapat anda gunakan untuk mengusir semut dengan cara menebarkan bubuk kopi ke tempat yang banyak semutnya.

  • Jus Lemon

cara ampuh membasmi semut secara alami

Bahan alami yang lain yang juga dapat anda gunakan untuk membasmi semut adalah dengan menggunakan jus lemon. Caranya juga mudah tinggal anda campurkan lemon yang sudah diperas, kemudian ditambahkan dengan sedikit air. Tinggal anda semoprotkan ke daerah yang banyak semutnya.

Itulah cara ampuh yang dapat anda terapkan untuk membasmi semut anda yang berada di rumah. Apabila di rumah anda banyak semut – semut yang berkeliaran, anda patut untuk mencoba tips – tips tersebut untuk membasmi semut tentunya dengan cara yang alami dan efektif.


EmoticonEmoticon