Senin, 10 September 2018

Ciri – Ciri dan Penyebab Orang Terkena Penyakit Usus Buntu

ciri - ciri dan penyebab orang terkena penyakit usus buntu
Tidak dapat dipungkiri pula bahwa tanda – tanda dari penyakit usus buntu pada awalnya memang terlihat biasa saja. Namun siapa yang menyangka bahwa jika penyakit ususu buntu sudah semakin parah maka yang terjadi hingga usus anda yang bentuknya sangat kecil dan ujungnya pun tidak tersambung pada bagian saluran usus manapun ternyata dapat putus dan menimbulkan masalah besar.

Penyakit usus buntu merupakan salah satu peradangan atau berupa pembengkakan apendiks atau usus buntu. Sedangkan usus buntu sendiri adalah organ tubuh yang berbentuk seperti kantong kecil dan tipis dengan memiliki ukuran mulai dari 5 bahkan hingga 10 cm yang terhubung pada bagian usus besar. Apabila usus besar anda mengalami peradangan maka yang terjadi adalah usus buntu akan membengkak, dipenuhi dengan nanah yang terdiri dari bakteri – bakteri dan juga sel – sel mati sebagai akibat dari terjadinya infeksi.

Penyakit radang usus buntu dapat menyerang bagi siapa saja, baik itu laki – laki atau perempuan. Namun dari hasil penelitian laki – laki akan lebih beresiko untuk terkena penyakit radang usus buntu bila dibandingkan dengan perempuan. Dimana penyakit radang usus buntu sering sekali menyerang pada kelompok usia 10 hingga 30 tahun, namun pada beberapa kasus juga dapat menyerang usia tua atau bahkan bagi para lansia. Bagi para penderita usus buntu yang tidak segera ditangani dengan waktu yang cepat dan tepat tentunya akan mengakibatkan pecah pada bagian usus besar sehingga akan mengancam nyawa penderita.

Begitu juga sebaliknya apabila penyakit radang usus buntu tidak segera diobati, maka yang terjadi usus buntu anda akan semakin membengkak dan akhirnya dapat pecah atau meledak dan menyebabkan isi dalam usus besar akan menyebar ke seluruh bagian rongga perut sehingga berpotensi dan mengakibatkan infeksi yang luas dan tentunya akan mengancam nyawa. Dengan begitu tentunya sangat penting sekali untuk mengetahui ciri – ciri atau tandanya gejala awal penyakit usus buntu pada tubuh anda. Dan ketika anda sedang mengalami gangguan tersebut, sebaiknya anda untuk segara mencari pertolongan medis untuk penanganan yang lebih lanjut dan lebih dalam.

Ciri – Ciri Orang Terkena Penyakit Usus Buntu

Ada beberapa ciri – ciri orang yang terkena penyakit usus buntu, dan tentunya perlu anda waspadai :

  • Kembung

Mungkin ketika anda mengalami kembung pada bagian perut akan dianggap hal biasa dan wajar oleh sebagian besar orang. Namun apabila terjadinya kembung tersebut memiliki frekuensi yang terlalu sering dan juga disertai dengan nyeri pada perut, maka sebaiknya anda perlu mewaspadai karena hal tersebut merupakan ciri – ciri anda mengalami radang usus buntu. Dimana kembung dapat diarasakan sebagai sensasi rasa yang penuh pada bagian perut padahal anda tidak sedang dalam keadaan makan yang banyak. Timbulnya rasa kembung pada para penderita penyakit usus buntu ini juga dapat terjadi ketika waktu bangun tidur atau juga dapat terjadi ketika menjelang tidur sehingga akan mengakibatkan dan mengganggu kenyamaman anda.

  • Nafsu Makan Berkurang

Bagi para penderita penyakit usus buntu pada umumnya meraka akan tidak merasa nyaman di bagian daerah sekitar perut, sehingga dengan hal ini akan mengakibatkan nafsu makan juga akan berkurang. Timbulnya gejala ini juga dapat diikuti dengan adanya kondisi badan penderita menjadi lemah, letih, lesu dan akan terlihat tidak bersemangat ketika sedang menjalankan aktifitasnya.

  • Demam

Terjadinya demam juga merupakan ciri – ciri timbulnya penyakit usus buntu yang merupakan adanya respon alami dari tubuh anda yang dikarenakan terjadinya proses infeksi yang terdapat pada usus buntu. Dimana adanya demam ini dimanifestasikan dengan timbulnya peningkatan suhu tubuh bagi penderita yaitu lebih dari 38 derajat celsius dan juga mampu mengakibatkan terjadinya kedinginan atau mengalami menggigil.

  • Mual Muntah

Adanya proses infeksi di dalam area perut anda juga mampu mengakibatkan timbulnya rasa mual atau muntah. Hal ini dapat terjadi karena ketika penderita menerima asupan makanan yang berasal dari luar. Makanan yang masuk ke dalam mulut akan berubah dan terasa menjadi tidak enak dan rasanya ingin untuk memuntahkannya. Kondisi inilah yang dapat memperparah kondisi para penderita karena mampu mengakibatkan terjadinya kekurangan nutrisi dan mengalami dehidrasi.

  • Nyeri pada Bagian Pusar

Ciri – ciri lainnya yang ditimbulkan ketika anda mengalami gejala usus buntu  adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian pusar. Gejala seperti ini memang sering dialami bagi para penderita ketika awal munculnya penyakit usus buntu. Dimana yang dirasakan yaitu seperti ditusuk – tusuk atau berupa rasa panas pada daerah area pusar. Kemudian rasa nyeri pada bagian pusar tersebut lama  - lama akan menjalar ke bagian daerah perut bagian bawah.

  • Konstipase dan Diare

Timbulnya rasa konstipasae atau sembelit dan juga diare meskipun hal tersebut merupakan kondisi yang saling berlawanan namun keduanya dapat menjadi ciri – ciri terjadinya gangguan usus buntu. Dimana konstipasi atau sembeli dapat terjadi yang diakibatkan karena peradangan pada bagian organ usus buntu yang dapat mengganggu metabolisme tubuh anda sehingga penyerapan makanan oleh usus juga akan ikut terganggu pula. Sedangkan terjadinya diare dapat terjadi karena adanya peran kerja dari bakteri dan akan berdampak pada reaksi usus anda untuk dapat mengeluarkan semua isi yang terdapat di dalam perut berupa BAB yang encer. Selain itu timbulnya diare ini juga tidak seperti biasanya karena akan disertai dengan adanya lendir.

  • Intensitas Nyeri yang Semakin Sering

Untuk mendeteksi terjadinya ciri – ciri gangguan radang usus buntu sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit dilakukan. Selain tanda adanya gejala yang telah dipaparkan pada penjelasan di atas, anda juga pasti akan merasakan rasa nyeri pada daerah perut dengan frekuensi yang cukup sering dan kualitas nyerinya dirasa cukup kencang dan hebat. Oleh karena itu apabila anda mengalami gangguan tersebut sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter. Nyeri pada penyakit usus buntu biasanya yang terjadi hingga membuat penderitanya akan merasa susah tidur atau bahkan tiba – tiba terbangaun karena penderita merasakan perut yang sakit. Dan nyeri tersebut juga akan mengakibatkan penderitanya susah  berkonsentrasi untuk melakukan aktivitas sehari – harinya.

Penyebab Radang Usus Buntu

Penyebab terjadinya penyakit usus buntu belum dapat diketahui secara pasti. Namun penyakit ini pada dasarnya dapat terjadi karena adanya sumbatan dan juga peradangan pada bagian saluran usus buntu yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Feses atau Tinja

Letak usus buntu juga berhubungan dengan usus besar yang memungkinkan saluran tersebut dapat tertutup atau tersbumbat oleh feses. Apabila feses tidak dapat dikeluarkan dari tubuh tentunya akan mengakibatkan penyumbatan saluran usus besar dan pada area tersebut akan mengalami terjadinya peradangan.

  • Infeksi Mikroorganisme

Mikroorganisme atau kuman yang masuk di dalam usus besar juga mampu bersarang di dalam usus buntu sehingga akan mengakibatkan terjadinya penyakit usus buntu. Organisme yang sering memicu terjadinya radang yang terdapat apda usus buntu yaitu berupa virus Gastrointestinal dan juga bakteri Entamoeba Coli.


EmoticonEmoticon