Rabu, 05 September 2018

Buah untuk Penambah Darah dan Mengatasi Anemia

buah untuk penambah darah dan mengatasi anemia
Sudah kita ketahui bahwa apabila seseorang kekurangan dalam sel darah merah atau hemoglobin maka yang terjadi adalah akan mengakibatkan anemia. Dimana sel darah merah sendiri memiliki fungsi untuk mendistribusikan oksigen ke bagian seluruh jaringan yang berada dalam tubuh anda.

Bagi anda yang kekurangan sel darah merah, biasanya dokter akan menawarkan untuk memberikan obat penambah darah. Namun sebenarnya ada beragam buah – buahan atau makanan yang dapat anda jadikan sebagai asupan penambah darahmerah secara alami dan tentunya lebih menyehatkan. Jenis makana untuk penambah darah didominasi dengan jenis buah – buahan. Karena kita juga telah banyak yang mengetahui buah – buahan yang mengandung zat besi dan juga vitamin C. Dimana zat besi berfungsi untuk menaikkan kadar hemoglobin serta vitamin C dapat membantu tubuh anda untuk menyerap zat besi yang tentunya lebih banyak.

Buah – buahan untuk menambah darah anda merupakan jenis makanan yang alami dan dapat anda gunakan untuk mengatasi anemia atau sedang mengalami kekurangan darah. Anemia sendiri merupakan suatu kondisi dimana tubuh anda sedang kekurangan hemoglobin. Kadar hemoglobin yang terdapat di dalam darah anda normalnya adalah 13.5 hingga 18 gram/ dl untuk laki – lakinya dan sedangkan untuk perempuan sejumlah 12 hingga 16 gram/dl. Ciri – ciri seseorang mengalami anemia yaitu antara lain sering menderita sakit kepala, badan akan terasa mudah lelah, rambut mudah rontok, wajah terlihat lebih pucat bila dibandingkan dengan biasanya, jantung berdebar – debar dan tanda – tanda lainnya. ketika anda menderita anemia atau kekurangan darah tentunya akan mengganggu kesehatan dan juga kenyamanan serta mampu menurunkan produktifitas kerja tubuh anda.

Namun untuk mengatasi anemia anda dapat melakukannya dengan cara yang lebih alami dan tidak menimbulkan efek samping ketika mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Beriku merupakan berbagai jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi dan tentunya diperlukan untuk meningkatkan zat hemoglobin darah anda. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan tubuh anda mengalami anemia yaitu karena tubuh anda kekurangan asupan nutrisi yang memang diperlukan untuk meningkatkan dan pembentuk sel darah merah anda, terlalu kecapekan, faktor genetik, stress, pendarahan atau karena anda menderita penyakit tertentu yang dapat mengakibatkan terjadinya anemia semisal adalah orang yang sedang hamil atau menstruasi. Apabila hal tersebut dibarkan dan terjadi berlarut – larut maka yang terjadi akan berdampak fatal sehingga perlu adanya pencegahan dan pengobatan sejak dini.

Buah untuk Penambah Darah dan Mengatasi Anemia

Buah merupakan salah satu sumber utama vitamin dan juga beragam jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh anda untuk zat pengatur. Berbagai macam buah untuk menambah darah anda antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Jambu Biji

Buah jambu memang sering digunakan untuk bahan membuat jus dan rasanya tentu enak. Untuk meningkatkan kadar sel darah merah anda, akan lebih maksimal lagi apabila anda memilih jambu biji yang kondisi dagingnya berwana merah. Dimana jambu biji sendiri kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1 dan juga zat besi yang sangat berperan penting dalam pembentukan hemoglobin sehingga tentunya akan berkhasiat untuk menambah darah ana. Selain itu, buah  ini juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar trombosit sehingga mampu disarankan untuk anda konsumsi oleh penderita yang mengalami demam berdarah.

  • Mangga 

Bauh mangga adalah buah yang kaya sekali akan serat. Dimana di dalam buah mangga terdapat kandungan yang tersimpan di dalamnya antara lain berupa asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E , K dan juga berbagai mineral yang penting seperti kalsium, magnesium, tembaga, mangan, dan juga seng. Semua kandungan baik itu nutrisi atau mineral yang terkandung di dalamnya berperan dalam pembentukan dan juga penyerapan sel darah merah yang terjadi pada jaringan tubuh sehingga mampu dijadikan untuk mengatasi anemia dan meningkatkan penambah darah.

  • Jeruk

Banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam buah jeruk, diantaranya adalah magnesium, zat besi, asam folat, fosfor, tembaga, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan tentuny buah jeruk dikenal sebagai penghasil vitamin C yang kadarnya sangat tinggi. Buah jeruk juga mengandung banyak zat antioksidan sehingga mampu berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan anda mengkonsumsi bauh jeruk secara teratur mampu mengobati anemia dan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda agar dapat terhidar dari beragam penyakit dan juga tentunya mampu menjaga kesegaran dan mempercantikkulit anda.

  • Buah Naga

Buah lainnya yang juga menyimpan sejuta manfaat adalah buah naga, dimana buah ini merupakan salah satu buah juga yang dapat anda jadikan untuk menambah darah karena di dalamnya mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12 dan juga berbagai jenis mineral penting lainnya. buah ini memang dikenal karena memiliki manfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Untuk anda yang memiliki keluhan mengenai anemia atau kekurangan darah anda dapat mengkonsumsi dengan buah naga yang berwarna merah.

  • Stroberi

Sudah kita ketahui bahwa buah stroberi memiliki banyak kandungan vitamin C yang tinggi. Namun selain terdapat vitamin C di dalamnya juga terdapat vitamin A, B1, B2, B3, B6, E, K, zat besi, mangan dan juga kalsium yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh anda. buah stroberi juga mengandung zat antosianin yang memiliki peran sebagai anti oksidan. Selain itu buah stroberi juga sangat dikenal buah yang berkhasiat untuk anti inflamas, kaya serat dan juga sering anda gunakan untuk diet dan merunkan berat badan anda.

  • Apel

Buah satu ini juga sangat cocok untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Adanya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah apel yaitu ada vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, zat besi, kalium, magnesium, kalsium, asam folat, seng, forsfor, dan juga natrium. Buah ini sangat kaya akan serat sehingga mampu melancarkan pendernaan tubuh anda. Selain itu buah apel juga dikenal berkhasiat untuk tetap menjaga kesehatan pada organ jantung anda.

  • Alpukat

Buah alpukat juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan – kandungan lemak yang tak jenuh. Dimana lemak ini merupakan lemak yang baik dan justru sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh anda. Buah alpukat juga merupakan jenis buah untuk menambah darah anda karena di dalamnya mengandung zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan juga vitamin C serta berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh anda. Bukan hanya itu, kandungan serat yang tinggi pada buah alpukat juga menjadi sangat efektif untuk memudahkan dalam proses pencernaan.
Anda dapat mengkonsumsi buah tersebut secara masing – masing atau juga dapat dipadu padankan antar buah satu dengan lainnya. perpaduan buah tersebut dapat anda jadikan sebagai jus dengan bahan – bahan yang dicampur sesuai selera anda sehingga akan menghasilkan khasiat yang lebih optimal lagi.


EmoticonEmoticon