Rabu, 15 Agustus 2018

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh
Menikmati keindahan pemandangan alam dengan menggunakan sepeda tentunya merupakan hal yang menyengkan. Bukah hanya sekedar kesenangan saja, namun bersepeda juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan anda.

Sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan dan juga murah dan mudah untuk dikendarai. Sepeda dapat digunakan sebagai alat transportasi dan juga sekaligus sebagai alat olahraga. Seiring berkembangnya waktu, masyarakat lebih mengenal transportasi yang lebih cepat yaitu sepeda motor atau mobil. Faktanya, bersepeda memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dibandingkan mengendarai kendaraan bermotor.

Bukan hanya sekedar anda gunakan sebagai alat rekreasi, bersepeda tentunya akan mengakibatkan tubuh anda untuk lebih bergerak aktif. Sebagaimana juga kita tahu, dimana tubuh yang aktif merupakan salah satu syarat penting untuk tetap menjaga kualitas kesehatan tubuh anda. Coba anda lakukan bersepeda sendiri, apabila anda melakukan minimal 2, 5 jam satu minggu dan anda lakuakn secara rutin tentunya akan berdampak positif juga terhadap kesehatan tubuh anda. anda juga dapat melakukan kegiatan tersebut dimana saja yang anda inginkan dan kapan saja, bahkan ketika anda ingin menuju ke kantor atau berangkat ke sekolah dengan bersepeda begitu juga ketika pulangnya. Sehingga anda dapat menggunakan sepeda anda sebagai alat transportasi dan sekaligus sebagai alat olahraga  yang anda gunakan secara bersamaan.

Lantas apa saja manfaat dari bersepeda setiap hari untuk kesehatan tubuh anda. Dimana bersepeda merupakan suatu aktivitas olahraga yang tentunya sangat menyenangkan, namun bukan hanya itu olahraga jenis ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik bagi kesehatan tubuh anda misalnya saja adalah untuk proses diet anda karena bersepeda mampu membakar kalori dengan sangat baik dan juga baik pula untuk kesehatan jantung serta pernafasan anda. olahraga bersepeda sangat dianjurkan  bagi para anak – anak dan juga masa remaja dalam masa – masa pertumbuhan untuk membantu dalam meningkatkan pertumbuhan tubuh anda. Bagi anda yang menginginkan dan penasaran mengenai manfaat apa saja yang dihasilkan ketika anda melakukan olahraga bersepeda secara teratur.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang cukup banyak diminati dan juga memiliki manfaat sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin 15 hingga 30 menit setiap harinya, maka olahraga ini akan memberikan manfaat positif bagi tubuh. Berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga bersepeda:

  • Memperkuat dan menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh British Medical Association, bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 50%. Menurut penelitian lain, bersepada 30 menit selama tiga kali seminggu dalam satu tahun dapat menurunkan tekanan dan juga menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh bahkan dapat membuat seseorang terlihat 10 tahun lebih muda.

  • Memperbaiki Kardiovaskular

Olahraga bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga kardio, dimana bersepeda dikategorikan sebagai olahraga kardio karena dengan anda melakukan bersepeda maka kinerja jantung, paru – paru dan juga sistem sirkulasi tentuny akan meningkat. Bukan hanya itu, apabila anda melakukan olahraga bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang berada dalam darah, mampu menguatkan otot jantung dan juga kadang menurunkan tekanan darah anda.

Menurunnya tingkat kolesterol yang jahat akan dapat meminimalisir terjadinya resiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang terbiasa terlatih akan menjadi lebih efektif sehingga proses dalam mengantarkan darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh anda akan semakin optimal. Lebih baik lagi apabila kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular anda akan semakin rendah mengalami resiko anda mengalami stroke, serangan jantung dan juga karena tekanan darah tinggi.

  • Mebakar kalori tubuh

Bersepeda dapat membakar sebanyak 300 kalori/jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori/jam dengan kecepatan 10-11 mph, dan 700 kalori/ jam bersepeda gunung dimedan berat.

  • Membakar lemak dan Menjaga Berat Badan

Dengan bersepeda selama 30 menit sehari dapat membakar lemak sebanyak 5 kg selama setahun. Dan setiap putaran pedal dapat mencairkan lemak. Berkat anda melakukan olahraga bersepeda, kinerja dari kardiovaskular serta otot anda akan semakin optimal. Dimana salah satu keuntungannya  ketika anda rutin melakuakn olahraga bersepeda untuk tubuh anda yang aktif, kardiovaskular yang semakin baik dan otot – otot tubuh anda akan terus terlatih yaitu pembakaran kalori atau tingkat metabolisme tubuh anda juga ikut meningkat.

Adanya pembakaran kalori tersebut tentunya akan sangat baik untuk tetap menjaga berat badan anda agar tetap ideal. Sehingga upayakan anda untuk mengombinasikan kebiasaan olahraga bersepeda secara rutin dengan menyeimbangakan pola makan yang seimbang sebagai salah satu langkah untuk menghindari resiko terjadinya kegemukan.

  • Memperkuat otot

Setiap putaran pedal dapat memperkuat ketegasan otot-otot di pantat, paha, betis, telapak kaki, dan gelandangan kaki. Bersepeda di tanah yang bergelombang atau menanjak juga dapat melatih tubuh bagian atas karena hal ini lebih banyak berat tubuh didukung oleh lengan dan bahu. Banyak anggota tubuh anda yang mamsih aktif membuat otot tubuh anda pada bagian yang bersangkutan akan mengalami peningkatan aktivitas. Apabila aktivitas anda dilakukan secara rutin maka yang terajadi otot anda akan lebih kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Bukan hanya itu, koordinasi dan juga mengenai keseimbangan tubuh anda juga tentu akan ikut terlatih.

  • Memperkuat tulang dan persendian

Bersepeda merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan. Dengan melakukan olahraga bersepeda secara rutin setiap hari dapat memperkuat daerah paha, betis, lengan, dan juga pergelangan tangan.

  • Meminimalisir cidera

Ketika bersepada, skeitar 70% berat badan didukung oleh sadel dan setang, secara signifikan dapat mengurangi efek pada lutut dan pergelangan kaki. Hal ini dapat mengurangi resiko cidera bagi orang yang mengalami obesit.

  • Memperkuat sistem imun tubuh

Beberapa studi menunjukan bahwa bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

  • Meningkatkan stamina tubuh

Bersepeda merupaka jenis olahraga low impact. Bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina, karena dapat mengayuh lebih lama daripada melakukan olahraga aerobik atau berjalan kaki yang dapat membuat lebih cepat lelah.

  • Meningkatkan mood

Bersepeda dapat mengatasi kecemasan, stress, dan depresi dikarenakan kesenangan dan kepuasan dapat diperoleh dengan bersepeda. Bersepeda juga baik untuk kesehatan mental. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang dapat menimbulkan perasaan senang). Timbulnya rasa nyaman yang berada di dalam tubuh anda tentunya akan mengurangi adanya beban – beban atau permasalahan yang sedang menggelayuti pikiran anda. ditambah lagi apabila anda melihat pemandangan – pemandangan yang bagus dan indah sepanjang anda melakukan olahraga bersepeda sehingga mampu menurunkan level dari stess yang berada di dalam tubuh anda dan sekakin akan signifikan.


EmoticonEmoticon