Jumat, 31 Agustus 2018

Gejala Kolesterol dan Asam Urat Serta Cara Mengatasinya

gejala kolesterol dan asam urat serta cara mengatasinya
Buruknya gaya hidup bagi pada masyarakat yang modern saat ini tentunya akan menjadi banyak penyakit dan salah satunya yang harus diwaspadai adalah penyakit kolesterol dan juga asam urat yang banyak diderita oleh banyak orang kebanyakan.

Dalam tubuh anda memang hanyak sekali serangan penyakit yang dapat mengakibatkan muncul gangguan sewaktu – waktu  sehingga tidak ada salahnya pula harus anda waspadai akan berbagai penyakit yang mungkin akan menyerang tubuh anda. salah satunya yang cukup membahayakan bagi kesehatan anda adalah terjadinya asam urat, dimana akan lebih berbahaya lagi apabila anda tidak mengetahui ciri – ciri penyakit asam urat yang tinggi karena akan berdampak fatal bagi anda.

Penyakit asam urat atau gout merupakan suatu kondisi yang dapat mengakibatkan gejala anda terasa nyeri yang tidak tertahankan lagi, terjadinya pembengkakan dan juga adanya rasa panas pada bagian persendian. Meskipun semua sendi anda pada tubuh dapat mengakibatkan terkenanya asam urat, namun yang paling sering terserang merupakan sendi jari pada bagian tangan, lutut, pergelangan kaki dan juga pada bagian jari kaki anda. Bagi laki – laki akan lebih rawan terkena penyakit asam urat bila dibandingkan dengan perempuan terutama adalah ketika anda memasuki usia di atas 30 tahun. Namun bagi para perempuan, penyakit asam urat dan juga kolesterol biasnaya juga beresiko timbul setelah mengalami menopause.

Bagi orang yang terkena serangan penyakit asam urat atau kolesterol biasanya akan mengakibatkan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Dimana terjadinya rasa sakit akan berlangsung selama 3 hingga 10 hari. sendangkan terjadinya pembengkakan bukan hanya terjadi pada sendi, namun juga di daerah sekitar sendi anda disertai karena warna kulit yang mulai memerah. Sehingga pada tahap ini, penderita akan dapat tidak mampu bergerak secara leluasa dan mudah.

Gejala Kolesterol dan Asam Urat

Memang tidak semua orang bisa mengalami gejala kolesterol dan juga asam urat yang tinggi secara bersamaan dan waktu yang sama. Dengan adanya kedua gejala tersebut dapat timbul secara terpisah dimana artinya apabila seseorang yang menderita kolesterol tinggi belum tentu asam urat anda sedang tinggi begitu juga dengan sebaliknya. Namun pada orang – orang yang beresiko tinggi mampu menderita kolesterol dan juga asam urat tinggi secara bersamaan misalnya pada orang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas, lansia atau bagi orang yang pekerja keras dan sering mengabaikan kesehatan. Berikut adalah beberapa gejala kolesterol dan asam urat :

  • Gejala Kolesterol Tinggi

Bagi seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi, akan ada gejala yang dirasakan yaitu sering mengalami sakit kepala. Dimana hal ini karena kolesterol di dalam pembuluh darah anda akan mampu menghambat aliran oksigen ke seluruh jaringan tubuh anda termasuk juga pada bagian otak, sehingga penyebabnya penderita akan mengalami pusing. Rasa pusing yang timbul memiliki frekuensi maupun skalanya bisa berbeda – beda antar orang satu dengan lainnya.

Gejala kolesterol anda yang tinggi juga dapat diakibatkan karena timbulnya rasa tegang atau kencang pada bagian tekuk dan pundak. Adanya hambatan pada sistem pembuluh darah akan membuat kerja jantung anda semakin berat, dimana salah satu daerah yang sangat terasa sekali dampaknya adalah pada bagian tengkuk dan juga pundak. Namun gejala ini tidak cukup disitu, gejala kolesterol dapat meningkat dan bertambah apabila penderita menyantap makanana yang mengandung lemak tak sehat. Hambatan pada sistem pembuluh darah tersebut juga akan sangat terasa dampaknya pada syaraf – syaraf perifer yang letaknya paling jauh dari jantung yaitu pada daerah sekitar kaki dan sering terjadi kesemutan. Kondisi seperti ini akan terjadi pada seseorang yang sedang mengalami gejala kolesterol dan juga asam urat secara bersamaan.

Banyak terjadi penumpukan kolesterol pada pembuluh darah yang berupa plak – plak dan akan semakin hari semakin menebal dan mengeras sehingga akan menjadi jantung anda semakin bersususah payah untuk memompa aliran darah anda ke seluruh jaringan atau bagian organ tubuh anda. Hal ini dengan otomatis akan mengakibatkan gejala jantung yang berderbar – debar atau berdetak lebih cepat dan keras bila dibandingakan dengan biasanya. Apabila hal tersebut terjadi secara lama dan terus menerus maka akan mengakibatkan jantung anda mengalami kelelahan atau kepayahan atau juga sering disebut sebagai gagal jantung. Terjadinya tumpukan kolesterol juga sering menyumbat pada bagian arteri dan membawa makanan bagi jantung terutama bagian arteri koronaria sehingga akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.

  • Gejala Asam Urat Tinggi

Sedangkan untuk gejala asam urat yang tinggi sering sekali dimanifestasikan dengan adanya atau timbulnya rasa nyeri pada bagian persendian baik itu pada daerah tangan atau bagian kaki. Dimana nyeri ini biasanya akan dapat secara tiba – tiba dan terasa sangat sakit. Terutama pada bagian persendian kaki yaitu sendi jempol biasanya yang paling terasa dan banyak yang diserang pertama kali dan dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam berjalan. Nyeri tersebut dapat terjadi karena adanya penumpukan asal urat di bagian persendian dan akan membentuk kristal – kristal tajam sehingga akan terasa sangat sakit sekali apabila mengenai bagian dalam sendi dan di daerah sekitarnya.

Bukan hanya menimbulnya nyeri, adanya kristal – kristal yang tajam dan terbentuk dari kumpulan asam urat tersebut akan mengakibatkan terjadinya peradangan. Hal ini ditandai dengan adanya pembengkakan pada bagian sendi yang sering sekali diserang. Sehingga akibat dari peradangan adalah pada bagian kulit atas sendi yang diserang juga dapat terlihat memerah atau mengkilap. Peradangan pada bagian sendi ini dapat terjadi hilang dan timbul yang biasnya akan menyesuaikan faktor penyebabnya dan dapat berlangsung lama atau juga terkadang hanya dengan waktu sebentar. Setelah proses peradangan akan mereda, biasanya juga kulit pada area sendi akan tampak mengelupas dan biasanya akan terasa gatal.

Cara Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol

Menderita gejala kolesterol dan juga asam urat tentunya akan mengganggu terlebih lagi ancaman dampaknya di masa yang akan datang selanjutnya. Sehingga oleh karena itu sedapat mungkin adanya kondisi ini akan ditanggulangi sejak dini agar semakin tidak parah lagi. Untuk mengobati kolesterol dan juga asam urat yang tinggi dapat anda lakukan secara alami yaitu dengan anda mengkonsumsi obat – obat tradisional untuk asam urat dan kolesterol. Diantaranya ada obat tradisional yang dapat anda jadikan sebagai mengatasi gangguan asam urat dan kolesterol yaitu berupa buah tomat, buah kersen, jeruk nipis, apel , stroberi dan juga buah anggur.

Agar anda terhidar dari adanya gejala – gejala terjadinya asam urat dan kolesterol, maka sebaiknya anda harus rutin untuk melakukan olahraga secara teratur, dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak, banyak mengkonsumsi buah – buahan, menghindari stress dan juga tentunya anda juga harus menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.


EmoticonEmoticon