Minggu, 01 Juli 2018

Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan

manfaat susu almond untuk kesehatan
Pernah mendengar susu almond? Susu yang terbuat dari kacang almond. Susu ini biasa dijadikan pengganti susu bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Belakangan ini susu almond menjadi cukup populer.

Sebenarnya tak hanya susu kacang almond saja  yang dapat diolah menjadi susu. Selain kacang kedelai, jenis kacang-kacangan lain seperti mete, hazelnut, dan macadamia juga dapat diolah menjadi susu. Tapi apa yang manfaat dari susu almond ini? Susu almond merupakan salah satu dari minuman susu yang memang dihasikan dari ekstrak kacang almond dan dapat secara langsung anda gunakan dan anda konsumsi sebagai pengganti susu sapi atau susu kedelai. Dimana susu almond dapat anda gunakan sebagai salah satu pengganti susu ketika anda mungkin mengalami alergi pada susu sapi. Sebenarnya juga manfaat dari susu almond sangatlah banyak sekali terutama untuk kesehatan tubuh anda, tetapi mungkin memang belum banyak yang tahu atau bahkan banyak orang pula yang belum pernah mencicipi rasa dari susu almond.

Padahal susu almond akan sangat mudah sekali anda buat sendiri dan tentunya rasa yang dihasilkan juga enak pula. Anda dapat bervariasi dalam mengkreasikan dengan menambahkan beragam rasa misalnya coklat. Rasa vanilla, rasa kurma, madu atau rasa varian lainnya. Namun yang perlu diingat adalah bagi orang yang merasa dan memiliki alergi jenis kacang – kacangan mungkin susu almond anda tidak cocok untuk dikonsumsi dalam sehari – hari.

Kurang lebih pada tahun sekitar 2014 yang lalu, susu almond telah menjadi tren gaya hidup yang sehat yang mulai menyebar di kalangan masyarakat hingga saat ini. Dimana susu almond telah banyak menjadi pengganti dari susu sapi yang telah biasa anda gunakan dan anda konsumsi dalam sehari – hari. Apabila anda sebagai orang yang vegetarian yang tidak bisa makan susu sapi atau anda merasa sensitif terhadap susu hewan, tentu saja susu kacang almond dapat menjadi pilihan anda atau alternatif yang tentunya baik untuk gaya hidup anda agar lebih sehat lagi.

Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan

Susu dari kacang-kacangan ini dibuat dengan cara menambahkan air, diblender, dan disaring hingga teksturnya mirip susu pada umumnya. Untuk mencari tahu lebih lanjut manfaat dari susu almond ini, yuk baca ulasan berikut.

  • Bebas dari Kolestrol

Susu kacang atau susu nabati tidak mengandung kolesterol yang dapat menimbulkan penyakit. Sari nabati mengandung banyak serat. Konsumsi serat yang banyak juga dapat menghindari penyakit stroke lho. Hal ini disampaikan oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes seorang ahli gizi.
American Heart Association juga menyatakan jika susu almond mengandung monounsaturated fats—lemak tak jenuh tunggal. Gunanya adalah untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan pengganti lemak jenuh di susu hewani memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 45%.

  • Lemak Tak Jenuh

Semakin tidak jenuh lemak, maka semakin baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh banyak terkandung pada sari nabati seperti kacang almond. Namun bukan berarti lemak dari susu hewani tidak baik untuk kesehatan ya. Konsumsi kedua lemak ini juga haruslah seimbang agar dapat saling melengkapi.

  • Rendah Kalori

Susu almond juga populer untuk kalangan yang tengah melakukan diet. Menurut Jenny Heap, ahli nutrisi dari Almond Board of California, hal ini karena sus almond hanya mengandung 30-60 kalori per sajian. Mengkombinasikan almond dengan diet rendah kalori juga membantu menurunkan berat badan. Bahkan lebih banyak daripada diet rendah kalori dengan karbohidrat komplek.

  • Tulang Menjadi Kuat

Susu dari kacang tetap memiliki 30 kalsium per sajian dan 25 persen vitamin D. Meskipun tidak sebanyak susu hewani namun  susu almond dapat menurungkan risiko osteoporosis, memperbaiki daya tahan tubuh dan bentuk gigi.

  • Anti-Aging

Radikal bebas mampu menimbulkan kerusakan sel tubuh serta berperan dalam proses penuaan. Penyakit janting dan gangguan penglihatan menjadi contoh penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu konsumsi susu atau sari kacang macadamia yang mengandung antioksidan alami baik untuk melepas radikal bebas. Dalam sebuah penelitian menyatakan jika pria mengonsumsi 40-90 gram kacang ini tiap harinya selama satu bulan menunjukkan perubahan tingkat stress.

  • Membuat Kulit Lebih Sehat

Membuat kulit dan rambut lebih sehat menjadi khasiat lain dari sari nabati ini. Susu dari kacang-kacangan ini membantu mencegah anemia dan dapat memroduksi sel darah merah. Kacang hazelnut juga mengandung omega 3 yang terbukti dapat menghilangkan kolesterol. Konsumsi susu nabati ini bisa secara langsung diminum atau dicampur ke sereal.

  • Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukai di Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa susu almond dapat menekan pertumbuhan sel kanker prostat. Dalam penelitian tersebut dilakukan perbandingan terhadap pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara yang dicerna oleh susu kedelai, susu almond, dan susu hewan. Susu hewan menstimulasi tumbuhnya kanker prostat sementara susu almond menekan pertumbuhan sel kanker itu lebih dari 30%.

Keunggulan Susu Kacang Almond Dibandingkan dengan Susu Lain

Susu kacang almond menjadi pilihan untuk para vegen atau orang – orang yang memang alergi terhadap laktosa. Bukan hanya itu saja, adanya kandungan kalori dari susu kacang almond 50% dirasa lebih rendah bila dibandingan dengan kandungan kalori yang berada dalam susu sapi. Sehingga dengan demikian, anda dapat mengkonsumsi susu kacang almond untuk menurunkan berat badan anda yang merasa kelebihan beban. Hal ini adapt terjadi karena memang susu kacang almond bukan produk dari hewani dan juga susu jenis ini tidak mengandung kolesterol di dalamnya.

Namun yang perlu anda ketahui bahwa ternyata susu kacang almond tidak memiliki banyak sekali mengandung protein atau berupa kalsium untuk mengganti penggantu susu sapi sepenuhnya sebelum anda merubahk kebiasaannya. Dalam satu gelas susu almond hanya terkandung 1 gram protein bila harus dibandingkan dengan susu sapi yang di dalamnya terkadung protein sebanyak 8 gram. Bukan hanya itu pula, kalsium yang terkandung di dalam susu kacang almond sebanyak 2 miligram dan bila anda bandingkan dengan kandungan kalsium yang di dapatkan dari susu sapi yaitu mengandung sebanyak 300 miligram.

Mungkin anda akan menganggapnya yang aneh, mungkin juga anda merasa aneh karena di dalam susu kacang almond yang sebanayk 1 0ns kacang dan hanya mengandung 6 gram protein yang terdapat dalam susu almond. Tetapi karena anda mengubahnya menjadi susu yang kadar airnya terlalu banyak, maka akan mengakibatkan awalnya nutrisinya yang sangat banyak di dalam susu kacang almond yang akan menghilang.

Anda juga dapat menemukan susu kacang almond yang anda temui di pasaran karena memang mulai banyak dijumpai. Tetapi sebelum anda untuk mebelinya, maka sebaiknya anda pastikan dulu label dari bungkus susu almond yang anda beli apakah memiliki bahan nutrisi tambahan lainnya dan tentunya juga dari pengawetan yang buruk. Tertarik untuk mulai mengonsumsi susu almond?


EmoticonEmoticon