Selasa, 31 Juli 2018

Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

manfaat buah lemon untuk kecantikan kulit
Salah satu jenis buah yang sangat kaya akan manfaat adalah buah lemon, dimana manfaat dari buah lemon untuk kecantikan dan kesehatan wajah juga sudah dikenal sejak zaman dahulu sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi apabila buah lemon banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan yang dapat memanfaatkan jenis jeruk ini sebagai bahan utamanya.

Buah yang berwarna kuning ini sangat kaya sekali kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh serta kecantikan wajah anda diantaranya adalah vitamin B, vitamin C, protein, karbohidrat dan juga kandungan potanium. Dimana buah yang memiliki rasa yang manis dan sedikit kemasam – masaman dan juga buah lemon ini memiliki peran penting sebagai antibakteri dan juga antiseptik alami untuk mengobati masalah pada bagian tenggorokan.

Buah lemon sering digunakan dalam dunia boga. Buah yang memiliki rasa asam ini sering dibuat untuk jus buah segar. Selain itu, lemon juga bermanfaat sebagai penyedap makanan. Dalam bidang  kesehatan, buah lemon ini ternyata mampu berperan sebagai obat antiseptik alami dan sebagai antibakteri  untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti membersihkan mulut.

Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Dibawah ini beberapa manfaat buah lemon untuk wajah, diantaranya yaitu:

  • Buah lemon untuk mencerahkan kulit wajah

Buah lemon yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna kuning ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat dan ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih cerah  alami. Caranya, gunakan buah lemon dan madu sebagai bahan utamanya. Ambil setengah dari buah lemon lalu peras air lemon dan tuangkan ke dalam mangkok, selanjutnya tambahkan 2 (dua) sendok makan madu kedalam perasan jeruk lemon dan aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 (lima belas) menit dan bilas wajah dengan air bersih hingga bersih. Untuk hasil maksimal ulangi secara rutin seminggu sekali, agar hasilnya lebih baik dan memuaskan.

  • Jeruk lemon sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat

Buah lemon ini sangatlah ampuh untuk mengobati jerawat yang muncul di wajah. Kadangkala jerawat ini sangat menjengkelkan, apalagi bagi wanita yang mengalami haid atau menstruasi. Dimana adanya kandungan nutrisi berupa vitamin C yang tinggi ternyata buah lemon memiliki manfaat untuk mengatasi wajah anda yang mengalami jerawat. Sehingga ketika anda menggunakan buah lemon untuk mengatasi jerawat anda maka lemon tersebut akan berperan untuk mengeringkan jerawat bahkan lebih cepat, mencerahkan noda – noda hitam pada wajah anda, serta mengurangi dan juga menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam yang berada pada bagian wajah.

Untuk mengobati jerawat dengan menggunakan lemon, caranya ambil satu buah lemon lalu peras airrnya kemudian campurkan kedalam air secukupnya. Lalu oleskan langsung campuran perasan buah lemon dengan air ini pada bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud secara halus, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  • Buah lemon untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak

Ketika anda memiliki minyak yang berlebihan pada bagian wajah anda bauh ini dapat anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi timbulnya minyak berlebihan pada wajah anda. apabila kulit anda berminyak akan mengakibatkan beragam masalah terutama adalah jerawat, selain itu memiliki kulit yang berminyak dapat merusak penampilan anda karena muka anda tentunya akan terlihat seperti penggorengan yang keadaanya mengkilat karena penuh dengan minyak. Bagi anda yang memiliki wajah yang berminyak, maka jangan khawatir karena ada pula manfaat buah lemon untuk mengatasi kulit anda yang berminyak. Kandungan asam pada buah lemon dapat menggugurkan atau meluruhkan minyak yang menempel pada wajah anda dengan baik dan wajah anda tidak akan lagi terlihat begitu mengkilap sekali.

Memiliki wajah berminyak memang sangat menjengkelkan, karena wajah berminyak sangat mengganggu dan menyebabkan wajah terlihat kusam dan tak terawat. Untuk mengatasi hal ini, buah lemon dapat menjadi jawabannya. Caranya adalah ambil satu buah lemon segar dan belah buah lemon sebanyak 2 bagian. Kemudian, gosok-gosokan buah lemon ke seluruh kulit wajah hingga merata, dengan kulit wajah sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah menggosok-gosokkan buah lemon ke wajah, diamkan selama 15 menit hingga kering. Setelah kering, bersihkan wajah dengan air dingin sehingga wajah terasa segar. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari sehingga kulit wajah yang menjengkelkan karena minyak berkurang.

  • Lemon untuk melembabkan bibir yang kering

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah lemon ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Sel-sel kulit mati itulah yang sebenarnya membuat bibir terlihat kering dan pecah-pecah. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengoleskan irisan lemon segar pada bibir secara perlahan dan merata. Diamkan beberapa detik hingga agak kering lalu basuh dengan air bersih. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Lemon sebagai pengganti sabun muka atau facial foam

Seringkali kita menggunakan sabun cuci muka (facial foam) untuk membersihkan wajah kita dari kotoran yang ada pada wajah. Facial foam ini buatan pabrik yang banyak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan bahaya untuk kulit wajah manusia. Ada cara alami yang dapat anda gunakan untuk membersihkan wajah anda. Seperti buah lemon, cukup dengan menggosokkan buah lemon pada wajah saat membersihkan wajah. Sari lemon terbukti efektif mengangkat kotoran serta bakteri yang menempel pada wajah kita setelah seharian beraktifitas.

  • Menghilangkan Komedo

Salah satu munculnya komedo pada wajah anda, hal ini karena adanya penyumbatan pada bagian pori – pori pada kulit wajah anda. Sehingga dengan anda menggunakan buah lemon merupakan cara yang efektif untuk anda gunakan menghilangkan komedo dan mengangkat serta mengeluarkan kotoran – kotoran yang mampu mengakibatkan komedo muncul pada wajah anda. Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan komedo wajah anda dengan menggunakan buah lemon. Cukup anda siapkan satu buah lemon yang dalam keadaan segar kemudian anda peras lemon tersebut ke dalam mangkuk. Setelah itu anda dapat mengoleskan air lemon pada bagian kulit wajah anda yang mengalami komedo dan juga menggunakan bantuan kapas atau cotton bud. Namun jangan langsung dibersihkan, diamkan dahulu kurang lebih sekitar 15 menit. Kemudian, bilas wajah anda dengan menggunakan air yang bersih dan keringkan menggunakan handuk yang bertekstur lembut. Agar hasilnya terlihat dengan jelas dan mencegah untuk datangnya komedo kembali pada wajah anda sebaiknya anda melakukannya secara rutin setiap harinya setelah anda membersihkan wajah anda.

Menakjuban bukan, ternyata buah lemon memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk wajah anda. ketika anda menggunakan satu buah lemon saja tentunya akan menghilangkan banyak permasalahan mengenai wajah anda. Memang tidak ada dampaknya ketika anda menggunakan buah lemon untuk merawat kecantikan anda, namun anda juga harus berhati – hati terhadap penggunaan yang terlalu banyak karena dapat mengakibatkan perih pada wajah anda.


EmoticonEmoticon