Selasa, 10 Juli 2018

Khasiat dan Manfaat Minum Air Tajin Untuk Kesehatan

khasiat dan manfaat minum air tajin untuk kesehatan
Anda sudah pernah mencoba minum air tajin? Jangan mengernyitkan dahi terlebih dahulu, karena ternyata air rebusan beras yang biasa diberikan kepada bayi itu memiliki banyak manfaat jika kita konsumsi.

Air tajin merupakan air yang didapatkan dari hasil air rebusan, dimana warnanya yang putih seperti susu dan tentunya memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Pada zaman dahulu banyak orang tua yang mamanfaatkan air tajin untuk diberikan kepada bayi nya. Karena hal tersebut bukan karena alasan, air tajin memiliki kandungan yang sangat banyak dan merupakan salah satu dari air yang dengan mudahnya dicerna oleh pencernaan bayi. Bukan hanya itu, banyak orang tua maupun orang dewasa juga mamanfaatan air rebusan beras untuk dikonsumsi.

Dimana air tajin sendiri memiliki rasa yang gurih dan bagi sebagian orang yang mengkonsumsinyan kadang menambahkan dengan sedikit gula jawa agar tidak memiliki rasa yang gurih dan manis. Banyak pula orang yang mengkonsumsi air tajin hanya digunakan sebatas karena rasanya yang memang gurih saja, tanpa mereka mengetaui sebenarnya khasiat dan manfaat dari air tajin sendiri bagaimana.

Air tajin baik itu menggunakan beras putih atau beras merah sejak jaman dahulu juga sudah dipercaya sebagai obat untuk menambahk energi anda. Oleh karena itu, tidak jarang pula dari nenek moyang kita yang memanfaatkan air rebusan beras tersebut sebagai pilihan minuman rutin pada setiap hari – harinya. Dalam satu gelas air beras mampu meningkatkan kesehatan tubuh anda pada berbagai tingkatan. Apalagi apabila anda juga mengkonsumsinya secara teratur. Karena menurut penelitian yang telah dilakukan dimana penelitian tersebut menghasilkan bahwa air rebusan beras baik itu beras merah atau putih yang dimasak akan sangat aman untuk bayi anda bahkan yang abru lahir sekalipun.

Lantas, manfaat dan khasiat apa saja yang didapatkan ketika anda mengkonsumsi air rebusan beras atau air tajin? Dan juga bagaimana cara membuatnya, sehingga coba anda baca lebih lengkap artikel ini untuk mengetahui apa yang dapat anda manfaatkan ketika anda mengkonsumsi air tajin secara teratur.
Perlu yang anda ketahui, air tajin mengandung berbagai nutrisi yang alami dari dalam air rebusan nasi yaitu protein, abu, lemak, vitamin B1, zat besi, karbohidrat dan juga berbagai jenis nutrisi alami yang lainnya. Sehingga sudah tidak diragukan lagi dengan adanya nutrisi tersebut maka air tajin dapat anda jadikan sebagai bahan alami untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit yang mungkin anda keluhkan.

Manfaat Minum Air Tajin Untuk Kesehatan

Jika Anda mendengar air rebusan beras atau biasa disebut dengan air tajin, Anda mungkin akan teringat dengan anak bayi yang biasa meminumnya. Air tajin diambil bermanfaat untuk menambah nutrisi pada bayi, karena mudah dicerna oleh tubuh bayi yang masih lemah, selain itu juga digunakan untuk kecantikan kulit pada bayi. Namun manfaatnya bukan hanya untuk bayi saja, ternyata air tajin ini juga bermanfaat apabila diminum oleh orang dewasa. Berikut ini beberapa manfaat dari air tajin untuk kesehatan tubuh.

  • Menambah energy

Air tajin yang kental sangat baik dalam meningkatkan energi Anda. Minumlah air tajin ketika akan memulai aktivitas anda setiap hari atau setelah kelelahan melakukan pekerjaan berat. Sebab air tajin kaya akan karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian anda. Minum segelas air tajin bisa membuat Anda kenyang dan mampu melakukan aktivitas hingga sore hari.

  • Mencegah gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan suatu peradangan pada saluran pencernaan yang melibatkan lambung dan usus kecil. Gastroenteritis ini dapat disembuhkan dengan Air tajin yang hangat + garam. Karena air tajin mampu menetralkan asam lambung yang tinggi. Selain itu, dengan meminum air tajin rutin setiap hari akan meredakan maag dan mengatasi masalah pencernaan.

  • Mengatasi sembelit atau konstipasi

Ketika Anda menderita sembelit, maka minum air tajin dapat meringankan deritanya. Ini karena air tajin yang hangat dan kental bisa membantu memecah zat sisa di dalam usus dan memudahkannya keluar. Minum air tajin juga bisa meringankan sakit perut karena kembung.

  • Dapat digunakan untuk diet

Manfaat dan khasiat dari air tajin dapat anda gunakan untuk program diet. Karena di dalam air tajin terdapat kandungan yang dapat melengkapi gizi dan juga kebutuhan – kebutuhan yang berada dalam tubuh anda, selain itu juga dapat memberikan rasa kenyang apabila anda konsumsi. Bukan hanya itu, air tajin memiliki beragam kandungan diantaranya adalah adanya enzim, vitamin E, antioksidan, dan juga mineral.

Anda juga dapat dengan mudah sekali mendapatkan kandungan dari air tajin ketika anda sedang memasak beras merah. Hal ini karena pada beras putih biasanya sudah memiliki beberapa proses, namun pada beberapa jenis beras merah yang masih dalam keadaan utuh dan masih memiliki kulit ari merupakan jenis yang paling baik untuk anda ambil air tajinnya.

  • Mencegah alzheimer

Ternyata, air tajin bisa mencegah alzheimer juga. Karena air tajin  memiliki nutrisi yang baik bukan hanya untuk tubuh, namun juga untuk otak dan syaraf yang melingkupinya. Minum air tajin hangat di pagi hari untuk usia lanjut akan membantu mencegah terjadinya penurunan fungsi otak.

  • Mencegah kanker

Air tajin juga baik dalam mencegah kanker. Tidak seperti nasi yang terlalu kaya karbohidrat, air tajin merupakan sari-sari beras yang sangat baik untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Akan lebih baik, jika tajin diambil dari beras merah.

  • Merawat Kulit

Sudah ada salah satu dari produk jenis pelembab wajah yang bahan dasarnya terbuat dari bahan air tajin. Dimana memanfaatkan air tajin untuk merawat kulit dapat meregenerasi kulit anda sehingga dirasa sangt cocok apabila anda gunakan untuk masker wajah. Bukan hanya itu pula dalam beras juga terdapat kandungan yang mampu menangkal dari sinar ultraviolet. Oleh karena itu air tajin juga sangat cocok untuk anda gunakan sebagai sunblock. Caranya juga mudah, tinggal anda mengoleskan air tajin tersebut ke bagian wajah anda paling tidak kurang lebih selama 15 menit sebelum anda keluar rumah.

  • Obat Diabetes dan Darah Tinggi

Beberapa ahli telah mengatakan bahwa air tajin juga dapat mambantu anda dalam mengobati sakit diabetes dan juga darah tinggi. Bukan hanya itu, air yang berasal dari masakan beras ini juga mampu membantu untuk memproduksi antibodi yang akan menjaga sistem imunitas yang terdapat di dalam tubuh anda.

Sementara itu kandungan lain yang terdapat di dalam beras hitam hampir sama dengan kandungan yang terdapat di dalam beras merah. Namun yang membedakan adalah hanya terletak pada kandungan beras hitam yang mampu mencegah tubuh anda untuk mengalami alergi pada bagian kulit dan juga ketika anda mengalami tekanan darah yang sedang tinggi atau hipertensi.


EmoticonEmoticon