Rabu, 06 Juni 2018

Tips Mendesain Kamar Tidur yang Sempit dan Minimalis

tips mendesain kamar tidur yang sempit dan minimalis
Seringkali ketika sedang berada di rumah kita menghabiskan waktu seharian di dalam kamar tidur. Hal ini karena kamar tidur merupakan ruangan yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas dan juga sebagai tempat pribadi bagi pemiliknya. Sehingga melakukan penataan kamar tidur sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan saat berada di kamar tidur.

Setiap rumah tentunya ruang kamar tidur menjadi ruang yang paling utama dan menjadi ruang yang privasi atau pribadi bagi pemilik rumah, sehingg oleh karena itu desain dan juga penempatan furniture harus anda tata sebaik mungkin dan senyaman mungkin. Namun selama ini ketika anda ingin memiliki kamar tidur yang nyaman lebih identik dengan ruangan yang luas, dengan tempat yang ukurannya sangat besar, lemari yang besar dan juga ditambah dengan toilet di dalam kamar mandi baru anda merasa lega. Akan tetapi yang menjadi suatu permasalahan adalah tidak setiap orang memiliki ruang yang luas untuk digunakan sebagai kamar tidur, namun memang setiap orang pasti menginginkan kamar tidurnya berukuran besar. Alasannya memang jelas, dengan ruang yang luas anda akan merasa lebih nyaman ketika beristirahat dan lebih mudah untuk menyimpan banyak barang di dalamnya.

Dalam mendesain kamar tidur anda yang sempit karena tidak memiliki lahan yang cukup luas merupakan salah satu hal yang memang susah – susah gampang. Dimana dalam mendesain kamar tidur anda bukan hanya membuat desain interior dengan tujuan menghemat suatu ruangan, tetapi juga dengan mengkobinasikan antara gaya dekorasi dengan luas suatu ruangan sehingga akan menghasilkan suatu keseimbangan dan juga unsur keindahan. Tentunya dalam mewujudkan hal tersebut dibutuhkan adanya perencanaan yang benar – benar matang serta adanya sentuhan unsur seni yang baik pula.

Tips Desain Kamar Sempit Minimalis

Dalam mendesain kamar tidur tidak perlu terpaku dengan ruangan yang luas, atau furniture yang mahal. Seringkali kamar tidur yang sempit membuat pusing dalam penataan barang-baranya dikarenakan tidak mengerti cara menata ruang. Penataan furniture yang tidak tepat dapat membuat kamar menjadi tidak beraturan dan kurang nyaman. Padahal, memiliki desain kamar yang sempit bukan berarti tidak bisa membuat kamar tidur menjadi terasa nyaman. Berikut adalah tips menata kamar tidur sempit agar terasa nyaman:

  • Penataan Furniture

Dengan memasukkan furniture atau perabotan yang dianggap jarang digunakan atau tidak penting merupakan menjadi salah satu penyebab kamar tidur utama anda terlihat semakin sempit. Apalagi ketika kamar tidur anda ditambah dengan adanya perabotan beragam barang – barang elektronik di dalam kamar tidur anda, sehingga sudah dapat dipastikan kamar anda akan terlihat kecil dan sempit bahkan akan semakin sesak dan panas. Hal ini karena suhu panas yang telah dihasilkan dari barang – barang elektronik yang anda simpan di dalam kamar tidur anda. kebanyak orang memang menginginkan semua hal yang dibutuhkan dan disukainya berada di dalam kamar tidur anda, tetapi hal itu justru akan menjadikan kamar anda semakin sempit dan terksesan sumpek. Dengan demikian, sebaiknya anda harus memilih barang – barang mana yang benar – benar penting untuk anda butuhkan dan perlu disimpan di dalam kamar, untuk sisa barang yang tidak disimpan di dalam kamar anda dapat menyimpanny ke suatu ruang khusus untuk menyimpan barang yang jarang digunakan.

  • Warnai kamar tidur dengan warna kesukaan yang membuat nyaman

Buat kamar tidur anda menjadi serba warna kesukaan anda dan tetap terasa nyaman. Pewarnaan pada dinding kamar tidur yang sempit akan tetapi berkesan elegan dapat menggunakan wallpaper . Saat ini wallpaper mempunyai banyak warna, motif, dan corak yang beragam. Selain itu, wallpaper juga jauh lebih murah dibandingkan dengan cat tembok. Dengan menggunakan cat tembok dapat menghabiskan beberapa kilo cat dalam proses pengecatannya.

  • Simpan furniture yang tidak penting

Furniture tidak penting yang berada dalam kamar tidur merupakan faktor utama kamar tidur terlihat sempit. Terutama pada barang-barang elektronik di kamar dapat menyebabkan udara terada lebih panas. Oleh karena itu pillih barang-barang yang diperlukan saja dan simpan barang yang tidak perlu agar tidak terdapat penumpukan barang yang dapat menyebabkan kamar terasa sempit.

  • Manfaatkan dinding rumah untuk menempatkan rak

Untuk mengatasi permasalahan mengenai ukuran kamar tidur anda yang sempit, anda juga dapat memanfaatkan dari dinding kamar tidur anda misalnya untuk menyimpan beberapa barang lainnya. Penggunaan rak yang bisa ditempel atau yang biasa dikenal floating shelf merupakan pilihan yang sangat tepat untuk kamar tidur yang kurang luas. Floating shelf dapat digunakan menyimpan barang-barang seperti buku, alat makeup, atau aksesoris agar terlihat rapi. Untuk mengurangi pengeluaran biaya, floating shelf  juga dapat dibuat dengan menggunakan papan tebal atupun disertai penyangga agar papan tidak mudah jatuh.

  • Manfaatkan ruangan yang tidak digunakan

Memanfaatkan suatu ruangan yang tidak anda gunakan untuk kebutuhan lainnya juga menjadi suatu solusi untuk mengakali dan mengatasi ruang kamar tidur anda yang berukuran sempit. Anda dapat menggunakan berupa ruangan yang kosong di bawah tempat tidur anda untuk digunakan sebagai tempat menyimpan barang – barang yang memang banar – benar perabotan tersebut jarang anda pakai misalnya adalah DVD atau berupa kertas – kertas dan buku – buku yang sudah lama dan tidak sedang anda gunakan. Ruang di bawah tempat tidur juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Hal ini juga harus didukung oleh penataan yang tepat dan menarik agar kamar dapat terlihat rapi dan tetap bagus dan bersih.

  • Menutup lantai kamar tidur dengan karpet

Hal ini sangat tepat digunakan untuk pemilik yang menghabiskan sebagian besar waktunya di kamar tidur. Pengunaan karpet pada lantai kamar tidur dapat memberikan suasana nyaman dan homey.

  • Tambahkan pencahayaan yang hangat

Pencahayaan ruangan yang terlalu remang atau terlalu terang pada ruangan tidak baik untuk kesehatan mata, dan juga dapat memberikan rasa tidak nyaman apabila berada di ruangan tersebut. Oleh karena itu penataan cahaya pada kamar tidur sangatlah penting untuk mendapatkan suasana yang nyaman.

  • Manfaatkan Sudut Kamar

Mungkin anda juga sebelumnya tidak pernah berfikir untuk memanfaatkan sudut – sudut ruangan yang berada di dalam kamar tidur anda. Akan tetapi, dengan adanya sudut ruangan anda, dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menaruh misalnya berupa lemari kecil atau sekedar meja belajar dan juga komputer serta bahan – bahan elektro lainnya agar terlihat rapi.

  • Berkonsultasi Kepada Interior Desainer

Apabila anda tidak mampu untuk mengatasi hal tersebut, anda juga dapat berkonsultasi  mengenai bagaimana desain kamar dan kesesuaian ruangan kamar anda kepada interior desainer. Hal ini bukan hanya untuk mendapatkan suatu desain yang bagus, anda juga dapat mengurangi biaya – biaya yang dikarenakan beragam hal lainnya.


EmoticonEmoticon