Senin, 04 Juni 2018

Tips Memilih Cokelat Yang Baik untuk Kesehatan

tips memilih cokelat yang baik untuk kesehatan
Kamu penggemar cokelat? Tapi takut mengonsumsinya? Kabar baik untuk para penggemar cokelat. Tak perlu ragu dan takut untuk menikmati kelezatan cokelat setiap hari. Tapi dengan catatan cokelat yang hendak dimakan memiliki kualitas bagus ya.

Makanan yang memiliki warna identik dan nama yang sesuai dengan warna dari makanan tersebut memang banyak sekali digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak – anak bahkan hingga orang dewasa. Memiliki rasa yang manis dan enak, akan mudah sekali lumer di dalam mulut sehingga akan membuat anda untuk ingin makan dan memakannya secara terus menerus. Hal inilah yang membuat banyak orang berpendapat bahwa coklat mampu menaikan berat badan anda dan juga merusak susunan gigi anda menjadi gigis. Namun hal tersebut tidak semuanya benar adanya.

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu cokelat ternyata juga menjadi sumber karbohidrat yang mampu diubah oleh tubuh menjadi energi. Sebagian besar kandungan di dalam cokelat merupakan terdiri dari 14 % kandungan karbohidrat, selain itu juga sebanyak 9 % protein (terdiri dari zat protein, asam amino triptofan, fenilalanin, dan juga tyrosin), sebanyak 31 % lemak serta zat – zat lain misalnya seperti alkaloid dimana zat tersebut merupakan jenis zat yang mampu menyebabkan cokelat menjadi terasa pahit.

Suatu studi yang telah melibatkan 25.000 orang, dimana penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa makan sebanyak 3,5 ons cokelat setiap harinya mampu mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung dan juga stroke secara signifikan. Namun, bukan sembarang cokelat yang dapat anda konsumsi bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan tetapi jenis cokelat yang memiliki kualitas tinggi.

Tips Memilih Cokelat Yang Baik untuk Kesehatan

Dalam sebuah studi jangka panjang di jurnal Heart menunjukkan bahwa makan 3,5 ons cokelat berkualitas tinggi per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Wow. Studi ini melibatkan 25.000 relawan. Cokelat juga dikenal memiliki kandungan yang bisa membantu mengurangi stress, memperbaiki suasana hati, atau bahasa kerennya moodbooster. Namun hati-hati dengan permainan pasar yang sering mengecoh pembeli dengan cara menyatakan jika semua produk cokelat itu sehat pada produk kemasan. Nah supaya tidak terjebak, baca langkah-langkah berikut supaya kamu mendapatkan cokelat yang kaya manfaat.

  • Lebih Baik Dark Chocolate atau Cokelat Hitam

Rupanya selama ini istilah “dark chocolate” masih bebas digunakan dan dicantumkan pada kemasan cokelat oleh para produsen. Hal ini karena Food and Drug Administration belum memiliki aturan khusus untuk penggunaan istilah ini. Dari segi kesehatan, cokelat hitam memiliki kelebihan ketimbang cokelat putih yakni kandungan flavanols dan polifenol yang merupakan antioksidan. Adanya antioksidan tentunya dapat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Bahkan kandungan antioksidan di cokelat lebih besar dari buah blueberry loh.

Nah agar tidak tertipu, kamu bisa membedakan cokelat tersebut asli atau tidak. Caranya adalah dengan melihat persentase kakao pada label. Butuh 70% kandungan cokelat murni agar bisa menuai manfaat dari cokelat ini. Dimana jenis cokelat dark chocolate atau cokelat hitam memiliki senyawa psikoaktif yang mampu membuat anda lebih merasa nyaman. Pada cokelat hitam atau dark chocolate memiliki banyak manfaat yang sangat aman sekali untuk anda konsumsi, tanpa banyak mengandung gula di dalamnya, dan juga terbebas dari lemak jenuh atau minyak sayur yang terhidrogenasi (HVO).

Dalam sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Inggris, dimana penelitian tersebut menyatakan bahwa dark chocolate atau cokelat hitam dapat dipercaya mampu meningkatkan aksi dari neurotransmitter, misalnya seperti serotonin yang dapat membantu anda untuk mengatur suasana hati dan juga tidur anda.

  • Pilih Jenis Cokelat Couverture 

Lemak yang baik dalam cokelat bersumber dari cocoa butter yang merupakan sumber asam stearat untuk jantung sehat. Agar tidak terjebak “cokelat palsu”, amati label. Jika terkandung “partially hydrogenated” maka cokelat mengandung lemak trans. Lemak trans inilah yang tidak baik untuk jantung.

Jenis cokelat yang terbaik yaitu sering disebut dengan couverture atau sering disebut sebagai “real chocolate” bagi para penggemarnya. Secara garis besar dari kandungan yang terdapat di dalam cokelat couverture yaitu cocoa mass dan juga cocoa butter serta gula (untuk jenis cokelat tipe dark chocolate dan untuk milk serta white biasanya menggunakan jenis padatan susu di dalamnya untuk menggantikan cocoa powder) untuk rasa pahit dan juga manisnya dapat diperoleh tergantung dari keseimbangan antar jumlah real chocolate atau cokelat sejati dengan gula yang ada di dalamnya. Bukan hanya rasanya saja yang enak, jenis cokelat couverture juga dirasa baik untuk kesehatan tubuh anda.

  • Perhatikan jika cokelat ada tambahan nama ini

Perhatikan cokelat yang ingin dibeli. Apa ada tulisa ditched atau alkalizied di kemasannya? Jika iya, sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi. Istilah tersebut merujuk pada coklat olahan—secara substansial mengurangi senyawa jantung sehat. Cokelat alami memiliki kandungan flavanol sembilan kali lebih besar dari jenis cokelat olahan. Hal ini berdasar pada sebuah studi dalam Journal of Agriculture Food Chemistry.

  • Makan dalam bungkus kecil

Sebuah studi yakni Heart Circulation menunjukkan jika wanita dengan riwayat serangan jantung yang memakan satu hingga dua porsi cokelat berkualitas tinggi tiap minggu, mengalami penurunan risiko rawat inap karena gagal jantung sebesar 32 persen dibandingkan dengan mereka yang makan cokelas manis berkualitas rendah.

Namun faktanya, cokelat tetap mengandung sejumlah kalori yang jika dimakan berlebihan dapat merugikan kesehatan tubuh. Oleh karena itu makanlah cokelat berkualitas baik dan dalam bungkus kecil. Sebuah studi dalam jurnal Appetite menunjukkan jika orang cenderung mengonsumsi 41 persen lebih sedikit kalori saat ngemil dalam bungkus kecil.

  • Tambahkan buah berry segar

Cara terakhir agar manfaat cokelat sehat semakin didapatkan oleh tubuh adalah dengan menggabungkan cokelat dengan buah-buahan kaya serat. Dengan menggabungkan cokelat dan buah berserat tinggi dapat meningkatkan manfaat kesehatan saat diolah dan diserap oleh usus. Cranberry dan kacang-kacangan seperti mete dan pistachio juga bisa memberikan dorongan prebiotiok.

  • Milk Chocolate atau Cokelat Susu

Milk chocolate atau jenis cokelat yang sering digunakan untuk membuat kue manis. Sesuai dari namanya, cokelat jenis milk chocolate ini mengandung susu, choco liquor, cocoa butter dan juga gula di dalamnya. Dimana di dalam milk chocolate mengandung sebanyak 12 % susu, 25 % cocoa dan juga gula. Jenis cokelat ini sangat banyak digemari oleh banyak orang hal ini karena memang cokelat susu memiliki rasanya yang nikmat. Namun adanya kandungan antioksidan yang sangat rendah, karena di dalam jenis cokelat ini sudah ada tambahan misalnya gula dan juga susu yang banyak di dalamnya.

Dengan begini tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi cokelat asal tetap dalam jumlah yang seimbang sesuai dengan informasi di atas ya.


EmoticonEmoticon