Rabu, 06 Juni 2018

Tanda Seseorang Mengalami Kecanduan Internet

Tanda seseorang mengalami kencaduan internet
Pada saat ini internet adalah hal yang sudah wajib untuk dimiliki bagi setiap orang. Dengan adanya informasi dari seluruh dunia yang dengan mudahnya anda akses oleh internet dan juga tidak sedikit pula orang – orang yang menggunakan internet telah mengalami kecanduan. Baik itu lai dari anak – anak, remaja atau bahkan orang dewasa sekalipun banyak yang kecanduan dengan hadirnya internet.

Apabila anda sudah termasuk dari salah satu orang yang kecanduan terhadap internet sering dikenal dengan sebutan Internet Addiction Disorder atau Problematic Internet Use yaitu berupa gangguan kecanduan terhadap internet atau dengan penggunaan internet yang problematik. Terjadinya kecanduan terhadap internet  ternyata seseorang memiliki kecenderungan yang hampir sama dengan seseorang yang sedang mengalami kecanduan terhadap obat – obatan. Karena hal ini telah diteliti dan juga ditindaki secara serius di beberapa negara di Asia misalnya negara China dan juga negara Korea Selatan.

Saat ini hadirnya internet memang sudah mendapatkan tempat yang penting dalam kehidupan masyarakat modern seperti saat ini. Dimana dalam dunia globalisasi segalanya dapat bergerak dengan cepat, sehingga informasi yang tersedia langsung anda dapatkan dari internet, yang dapat membantu anda untuk dapat terus mengikuti perkembangan dunia. Belum lagi dengan adanya atau hadirnya situs – situs jejaring sosial dimana semua pertemanan dan juga segala aktivitas sosialisasi lainnya dapat anda lakukan meskipun dengan jarak yang jauh sekalipun dan tanpa memerlukan waktu yang lama. Dengan hadirnya internet di sekitar anda sebagai suatu sarana informasi dan juga portal aktivitas sosial anda. Oleh karena itu tidak heran pula apabila seseorang dapat mengalami kecanduan terhadap hadirnya internet.

Memang dengan kemajuan teknologi internet seperti saat ini memang juga mampu memberikan dampak yang positif terhadap aktivitas manusia. Karena dengan hadirnya internte dapat memudahkan anda untul lebih mudah melakukan banyak hal, mulai dari yang sifat pekerjaanya bahkan hingga sifatnya personal sekalipun. Namun sayangnya, internet juga mampu memberikan dampak negatif bagi penggunanya apabila tidak digunakan dengan cara yang tepat dan bijak. Salah satu dari dampak negatif yang ditimbulkan dengan penggunaan internet dan yang paling meresahkan adalah akan mengalami kecanduan terhadap internet. Seperti halnya dengan obat – obatan yang terlarang, penggunaan internet juga mampu memunculkan bagi seseorang berupa rasa ingin dan merasa ingin terus, seperti orang yang sudah kencanduan. Lantas apa saja yang sebaiknya anda ketahui mengenai seseorang yang mengalami kecanduan terhadap internet yang penting untuk anda kenali.

Tanda Seseorang Mengalami Kecanduan Internet

Memang ada yang dapat dikenali apabila seseorang mengalami kecanduanterhadap internet. Berikut adalah beberapa gejala atau tanda – tanda seseorang yang menderita suatu kondisi kecanduan internet :

  • Sering lupa atau sering mengabaikan terhadap hal – hal yang sifatnya mendasar ketika anda menggunakan atau mengakses internet dengan durasi waktu yang lama
  • Gejala menarik lainnya dari kecanduan internet yaitu diri anda lebih sering merasa marah, tegang atau berupa depresi ketika internet anda tidak dapat anda akses
  • Munculnya suatu kebutuhan yang konstan untuk meningkatkan waktu yang harus dihabiskan
  • Kebutuhan terhadap peralatan komputer yang semakin hari semakin lebih baik lagi dan juga aplikasi yang lebih banyak untuk anda punyai, dengan hal tersebut tentu memiliki derajat dan kepuasan yang sama
  • Sering berkomentar, berbohong, rendah terhadap prestasi, menutup diri terhadap kebutuhan sosial dan juga lebih merasa lelah. Hal tersebut merupakan suatu dampak negatif dari penggunaan internet dengan durasi yang berkepanjangan


Fakta Mengenai Kecanduan Internet


  • Kecanduan Internet Merupakan Penyakit Mental

Memang pada awalnya internet adalah suatu tulisan satir yang telah ditulis oleh Ivan Goldberg pada tahun 1995 dimana menggambarkan mengenai seseorang dengan gejala – gejala misalnya berkurangnya atau bahkan yang terjadi hilangnya aktivitas sosial karena penggunaan internet, sering bermimpi mengenai internet dan juga secara sadar atau sedang tidak sadar anda melakukan gerakan jari misalnya seperti kegiatan mengetik. Namun selanjutnya, tulisan tersebut menjadi dan dianggap sebagai hal yang serius dan akhirnya menjadi bahan penelitian pokok mengenai adanya fenomena tersebut.
Hingga pada akhirnya ketika tahun 2003, para psikiater telah memasukkan penyakit tersebut menjadi salah satu jenis sindrom yang tercantum di dalam DSM – 5. Meskipun internet jenis gaming disorder yang terdaftar di dalamnya. Dengan adanya kecanduan internet tersebut kemungkinan besar dapat dikategorikan menjadi salah satu jenis dari penyakit mental.

  • Gejala Kecanduan Internet Sering Kali Tidak Terdeteksi

Jenis gejala sindrom ini sering sekali tidak terdeteksi oleh para penderitanya. Bahkan pula, kebanyakan dari penderita akan menyangkal apabila seseorang tersebut mengalami gangguan mental ini atau kecanduan terhadap internet. Ada beberapa ciri – ciri apabila sesorang mengalami kecanduan terhadap internet antara lain yaitu dengan menggunakan internet 4 jam dalam satu hari atau bahkan yang lebih parah lagi 3 jam dalam waktu yang terus menerus selama satu minggu rutin, selain itu juga anda kehilangan waktu tidur anda hingga 4 jam karena anda online terus dan menurunnya minat seseorang untuk melakukan interaksi sosial. Dan juga yang tidak kalah menariknya lagi yaitu seseorang yang sudah ketagihan terhadap internet akan suka berbohong mengenai beberapa waktu yang sudah dihabiskan hanya untuk online. Sehingga dengan ciri – ciri tersebut seseorang telah dapat dikategorikan sebagai pecandu internet.

  • Beda Jenis Kelamin Beda Tipe Kecanduan

Fakta yang mencengangkan justru timbul ketika membicarakan tipe – tipe kecanduan internet. Menurut hasil dari survey, laki – laki dan juga perempuan memiliki kecenderungan terhadap tipe – tipe kecanduan yang berbeda – beda antar satu dengan lainnya. dimana laki – laki akan lebih condong memiliki tipe kecanduan internet dengan konten yang berbau porno, games atau berupa perjudian online. Namun sedangkan pada perempuan, kecanduan internet dapat condong untuk merasa ketagihan dengan adanya konten media sosial, chatting dan juga online shopping.

  • Asia Adalah Kawasan dengan Penderita Kecanduan Internet Terbanyak

Dari seluruh penduduk yang ada di dunia, di kawasan benua Asia merupakan yang paling banyak memiliki penderita terhadap kecanduan internet. Hal ini dapat terjadi karena jumlah pengguna internet di kawasan Asia jauh lebih besar bila dibandingkan dengan daerah kawasan lainnya. sebagai salah satu contohnya adalah negara Tiongkok, karena negara tersebut adalah salah satu dari beberapa negara yang memiliki pengguna internet yang paling besar di wilayah Asia, kemudian selanjutnya disusul negara Korea Selatan dan juga Indonesia. Dengan hal tersebut, tentu saja akan membuat peluang lebih besar lagi terhadap seseorang atau penderita yang mengalami ketagihan terhadap internet.

  • Kecanduan Internet Bisa Terjadi pada Siapa Saja

Jangan anggap bahwa anda dapat terbebas dari namanya kecanduan terhadap internet. Diamana perempuan dengan persentasi 64% lebih banyak yang telah mengakui bahwa mereka sedang mengalami ketagihan terhadap internet bila dibandingkan dengan laki – laki yang memiliki persentasi 55% yang mengakuinya.

Tercengang bukan anda dengan fakta – fakta dan juga tanda – tanda kecanduan internet yang sudah dijelaskan di atas. Sehigga sudah saatnya kita untuk merubah kebiasaan buruk kita untuk menjadi lebih baik lagi. Marilah sama – sama untuk lebih bijak lagi terhadap penggunaan internet.


EmoticonEmoticon