Senin, 04 Juni 2018

Penyebab Penyakit Asma dan Cara Mengobatinya

penyebab penyakit asma dan cara mengobatinya
Penyakit asma kerap sekali kita temui terhadap beberapa orang yang ada di sekitar kita. Misalnya teman, saudara, orang tua atau bahkan anda sendiri yang mengalaminya. Dimana penyakit asma ketika kambuh akan menyiksa bagi para penderitanya yaitu berupa kesulitan ketika bernafas dengan normal. Terutama bagi para yang penderita baru penyakit asma akan ketakutan untuk mengatasi penyakit ini.

Bagi para penderita penyakit asma terkadang memiliki saluran pernafasan yang sangat sensitif terhadap sesuatu yang mengganggu saluran pernafasan anda. Selain itu ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat anda terserang penyakit asma diantaranya dapat dipicu oleh udara dingin, bulu binatang dan juga faktor lainnya yang mampu mengakibatkan saluran nafas anda yang sensitif menjadi menyempit dan mengakibatkan jalan keluar dan masuknya udara menjadi kurang leluasa. Penyakit asma termasuk penyakit yang memiliki sifat sementara dan dapat menyerang bagi siapa saja baik itu orang yang tergolong dewasa atau usia anak – anak sekalipun.

Asma sendiri merupakan penyakit dengan peradangan kronis yang terjadi pada saluran pernafasan yang ditandai dengan adanya berbagai gejala yang berbagai macam dan berulang, pada penyumbatan saluran pernafasan. Dengan gejala umum diantaranya batuk, mengi, dada terasa berat, dan sesak napas.
Pada awalnya asma disebabkan oleh kombinasi factor gen dan lingkungan. Biasanya diagnose berdasarkan pada pola gejala, respon pada terapi terjadi kurun waktu tertentu. Pada asma diklasifikasi dengan klinis yang berdasarkan sesering gejalanya muncul, selain itu volume ekspirasi dalam satu detik, dan juga puncak laju aliran ekspirasi. Selain itu, asma juga dapat diklasifikasikan sebagai atopik atau non-atopik. Pada atopi terkait dengan predisposisi merupakan perkembangan dari reaksi hipersensitivitas tipe 1.

Cara terapi yang dilakukan untuk gejala akut biasanya dengan cara menghirup salbutamol dan kortikosteroid oral. Kasus yang sangat parah diperlukan penanganan berupa perawatan di rumah sakit. Dengan gejala ini dapat dicegahnya dengan cara menghindari dari pencetusnya, misalnya iritan dan algeren, dan dengan menggunakan kortikosteroid hirup.

Penyakit asma ditandai dengan adanya episode yang berulang dari sesak napas, mengi, dan dada yang terasa berat, dan juga batuk. Selain itu, dahak juga dapat terbentuk pada paru-paru karena batuk yang sulit untuk dikeluarkan. Dalam masa penyembuhan akan terjadi setelah serangan yang mungkin terbentuk seperti nanah yang disebabkan oleh tingginya kandungan pada sel darah. Gejala ini biasanya akan memburuk pada malam atau pagi hari.

Penyebab dari Penyakit Asma

Penyakit ini disebabkan oleh interaksi antar lingkungan dan genetika dimana merupakan kombinasi rumit dan belum sepenuhnya dimengerti. Faktor ini memengaruhi pada tingkat keparahan dan juga responnya terhadap terapi. Dengan adanya peningkatan terhadap laju penderita asma akhir-akhir ini yang disebabkan oleh adanya perubahan pada faktor epigenetik atau yang terwariskan selain terdapat adanya hubungan dengan urutan DNA nya dan juga pada lingkungan hidup yang berubah. Berikut adalah beberapa dari penyebab penyakit asma  diantaranya adalah :

  • Bawaan atau Turunan

Penyakit asma merupakan salah satu jenis penyakit turunan. Dimana apabila salah satu dari keluarga anda memiliki riwayat penyakit asma, maka kemungkinan besar yang terjadi anda atau anak anda juga akan mengalami atau mengidap penyakit asma tersebut. Sehingga yang perlu anda ketahui bahwa penyakit asma bukan penyakit yang menular namun melainkan penyakit yang menurun. Oleh karena itu apabila anda sudah mengetahui jika anda memiliki riwayat penyakit asma maka sebaiknya anda untuk segera mengambil tindakan untuk mengobati penyakit asma tersebut yaitu dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis.

  • Faktor Lingkungan

Penyebab lainnya yang dapat mempengaruhi penyakit asma berasal dari faktor lingkungan. Dimana faktor lingkungan yang kotor dan dipengaruhi dengan asap atau debu adalah awal yang menjadi penyabab penyakit asma. Adanya debu yang berada di rumah anda atau lingkungan sekitar anda merupakan penyebab terjadinya anda mengalami penyakit asma, sama halnya dengan asap rokok, asap kendaraan atau asap jenis lainnya, semua dari hal tersebut merupakan faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit asma.

Sehingga dengan demikian, maka anda dianjurkan untuk senantiasa tetap menjaga pola hidup anda dengan pola hidup yang sehat. Selain itu yang perlu anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit asma yaitu dengan membersihkan debu – debu yang berada di dalam rumah anda maupun di tempat umum yang sering anda jadikan sebagai tempat aktivitas anda secara teratur dan rutin. Anda juga dapat sebisa mungkin menghindarkan anak – anak anda dari benda – benda yang mudah sekali menjadi pencetus alergi misalnya adalah boneka yang memiliki bulu halus atau bantal dan kasur yang berasal dari kapas.

  • Faktor Makanan

Makanan ternyata juga mampu mengakibatkan terjadinya penyakit asma. Ada beberapa makanan yang dapat mengakibatkan penyakit asma dan juga perlu untuk anda hindari diantaranya adalah jenis makanan junk food atau makanan siap saji yang di dalamnya memiliki kadar MSG dan juga pengawet yang tinggi, minuman es atau minuman dingin, kacang dan juga coklat yang mengandung allergen sama halnya dengan kacang tanah.

  • Udara Dingin

Penyebab lain yang dapat menjadikan anda mengalami penyakit asma adalah cuaca yang memiliki suhu dingin. Misalnya saja dengan penggunaan AC atau kipas angin yang anda gunakan dengan suhu yang terlalu tinggi. Atau juga memang karena suatu kondisi cuaca yang terlalu dingin di suatu daerah tertentu misalnya di pegunungan tentunya mampu mengakibatkan terjadinya penyakit asma. Oleh karena itu ketika anda harus tinggal di daerah yang memang memiliki tingkat suhu yang dingin maka anda harus mempersiapkan lebih banyak lagi agar asma anda tidak mudah kambuh.

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Obat asma atau sesak nafas tradisional dapat digunakan sebagai pilihan pertama untuk asma ringan, sebagai alternatif dari pengobatan modern, yang akan digunakan bersama dengan obat modern. Jika kita menggunakan obat tradisional bersamaan dengan obat modern, sebaiknya kita mencoba dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui apa terdapat efek samping. Berikut merupakan contoh obat asma tradisional.

  • Madu

Madu digunakan untuk mengencerkan lendir yang dapat menghambat saluran pernafasan, kemudian dapat dikeluarkan. Anda dapat mengkonsumsi madu dengan air hangat. Jika dengan air dingin akan memperburuk kondisi pernafasan, dan jangan  menggunakan air panas, karena akan merusak kandungan nutrisi dalam madu. Cara membuatnya campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat kemudian diminum.

  • Jahe

Jahe yang dapat menghangatkan badan, ternyata juga dapat digunakan sebagai obat asma tradisional paling ampuh. Asma disebabkan karena adanya peradangan pada saluran nafas bawah. Jahe dapat ditambahkan pada campuran madu, madu dan jahe. Kombinasi ini akan semakin mempercepat mengatasi sakit asma. Cara membuat obat ini dengan menumbuk jahe hingga halus, atau jahe dipotong-potong saja, kemudian dicampurkan ke dalam madu. Jika jahe hanya dipotong-potong, berikan lebih banyak jahe dibanding dengan ditumbuk.


EmoticonEmoticon