Senin, 04 Juni 2018

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Liver

penyebab dan cara mengobati penyakit liver
Menjaga kesehatan tubuh di tengah – tengah aktivitas yang padat menjadi suatu prioritas utama yang harus dilakukan bagi setiap orang. Semakin anda giat dalam melakukan aktivitas terkadang tanpa anda sadari menjadikan liver anda juga bekerja terlalu keras bahkan melebihi dari kapasitas kinerja yang seharusnya dilakukan.

Hati merupakan organ dalam tubuh yang terletak dibawah tulang rusuk di bagian kanan perut. Dan fungsi hati adalah digunakan untuk membantu mencerna makanan dan membersihkan racun dalam tubuh, sehingga ketika hati mengalami masalah maka sistem pencernaan kita dan pembasmian racun dapat berbahaya di tubuh kita dan menjadi tidak maksimal.

Adanya gangguan fungsi yang parah sehingga mampu mengakibatkan terjadinya penyakit liver. Hal ini karena penyakit liver merupakan suatu kerusakan fungsi hati yang dalam kondisi yang sudah parah. Penyakit liver juga tergolong sebagai salah satu penyakit yang mematikan karena sudah kita ketahui sebelumnya bahwa organ hati sangat penting sekali bagi kelangsungan hidup anda. Awal dari timbulnya penyakit liver dapat diakibatkan karena pengaruh obat atau alkohol yang mampu merusak fungsi hati, selain itu juga karena terlalu memaksakan kinerja dari hati yang semakib berat dan akhirnya tidak dapat diatasi lagi sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit liver. Bukan hanya itu, penyebab lainnya dapat karena adanya kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit hepatitis yang diderita bagi penderita terlalu lama tanpa segera diberi pengobatan yang baik.

Penyebab Penyakit Liver

Penyebab penyakit liver dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu dikarenakan faktor genetik atau oleh faktor lainnya seperti adanya virus yang dapat merusak hati, selain itu obesitas ataupun dikarenakan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Penyakit liver dapat dikategorikan menjadi beberapa penyebab bagi seseorang sebagai berikut.

  • Liver dikarenakan Virus

Pada hati yang terdapat virus dapat menyerang hati dan menginfeksi hati, ini yang dapat menimbulkan peradangan pada hati hingga fungsi hati dapat membantu mencerna makanan dan juga dapat membersihkan racun yang tidak dapat bekerja maksimal. Dalam virus juga dapat dikategorikan menjadi hepatitis A, B dan C. Pada virus hepatitis A dapat menimbulkan tejadinya hepatitis akut yang tidak dapat dikenali 2-6 minggu, hepatitis A ini yang membuatnya lebih berbahaya dibandingkan virus hepatitis B dan C. Pada virus hepatitis ini dapat menyebar melalui darah dan makanan yang terkontaminasi. Dikarenakan anda dapat tertular akibat kontak langsung dengan penderita hepatitis.

  • Kelainan pada Sistem Kekebalan Tubuh

Dikarenakan oleh system kekebalan tubuh anda juga dapat terkena penyakit liver dengan adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Dengan penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh pada bagian tertentu dapat mengakibatkan penyakit liver.

  • Faktor Keturunan

Sifat penyakit hati ini yang dapat menular pada aliran darah, maka penyakit liver dapat terjadi dikarenakan oleh faktor genetika. Dengan gen yang abnormal diperoleh dari garis keturunan yang memiliki penyakit hati dapat beresiko menularkan dan menyebabkannya kerusakan pada hati.

  • Penyakit Liver Dikarenakan Kanker

Penyakit kanker juga dapat menyebabkan kerusakan pada hati, dikarenakan ganasnya kanker yang membuat fungsi hati akan berkurang sangat cepat dan tidak dapat melakukan sebagaimana fungsinya.

  • Fakor Lain

Faktor yang terjadi pada hati yaitu adanya kerusakan pada hati yang tidak disebabkan karena virus dan faktor keturunan, tapi dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, misalnya adalah menyalahgunakan penggunaan alcohol dan juga karena terdapat gumpalan lemak yang dapat memenuhi hati.

Gejala Penyakit Liver 

Sebelum anda mengobati penyakit liver dengan cara yang alami, sebaiknya anda harus mengetahui mengenai gejala atau perubahan yang terjadi pada penderita penyakit liver. Dari artikel diatas mengenai apa saja yang menyebabkan penyakit liver, sekarang saatnya mengetahui gejala penyakit liver. Pasti terdapat gejala yang berbeda – beda namun secara umum penyakit liver ini dapat membantu dalam mengurangi terkena resiko yang lebih besar dan bahaya. Berikut adalah beberapa gejala yang ditimbulkan apabila anda mengalami gangguan pada organ liver atau hati anda, diantaranya :

  • Muncul kekuningan di mata dan kulit.
  • Pembengkakan dan nyeri perut.
  • Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki
  • Gatal pada kulit
  • Gelapnya warna urin
  • Tinja berwarna pucat dan disertai darah
  • Lelah yang kronis
  • Muntah mual
  • Tidak nafsu makan
  • Cenderung mudah memar 


Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Liver

Penyakit liver merupakan penyakit yang terdapat pada hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Mengobati penyakit liver dengan cara yang alami dapat anda lakukan misalnya dengan menggunakan dan banyak – banyak mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran segar misalnya seperti kol atau kubis, buncis, wortel, apel, brokoli, tomat, jeruk, pepaya, jambu biji, alpukat, belimbing. Sedangkan dalam mengatasi dan mengobati penyakit liver secara alami yang harus anda perhatikan adalah jenis makanan yang di dalamnya banyak mengandung lemak dan makanan yang proses mengobahnya dengan dibakar atau diasap misalnya sate, ayam bakar dan juga jenis makanan bakar lainnya, selain itu usahakan pula anda untuk menghindari makanan yang bahan utamanya yaitu dari bahan sapi, kambing, cumi – cumi, ayam, udang, kepiting dan kuga kerang. Berikut merupakan cara untuk mencegah kita agar terhindar dari penyakit liver.

  • Menjaga Kebersihan

Pola hidup yang bersih dapat mencegah kita untuk terkena penyakit liver. Pola hidup bersih misalnya, sebelum kita makan seharusnya mencuci tangan dengan sabun untuk menghindarkan kita dari kuman. Selain itu kita menutup makanan terbuka dengan tudung saji. Dan menjaga pola hidup bersih lainnya.
Konsumsi Air Mineral Minimal 8 – 10 Gelas per hari
Rajin mengkonsumsi air mineral 8 hingga 10 gelas per hari yang setara dengan 1,5 – 2 liter dapat menghindarkan kita dari penyakit liver. Jika kita keluar negeri kurangi untuk minum air pada kran untuk menjaga kesehatan.

  • Konsumsi Sayur dan Buah

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah kita dapat mencegah penyakit liver. Karena pada buah dan sayur banyak mengandung sumber energy. Energy yang dikandung diantaranya gizi, zat besi, mineral, vitamin, magnesium dan lain-lain. Vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur yang dapat mencegah liver diantara nya A, B, C, D, dan lain-lain. Buah yang tidak dianjurkan dimakan oleh penderita liver adalah buah duren, nangka, dan nanas.

  • Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Apabila anda menginginkan memiliki hati dan tubuh yang sehat dan mampu berfungsi secara normal sehingga tidak ada gangguan lagi yang terjadi pada kesehatan hati dan liver anda maka anda harus menghindari mengkonsumsi alkohol. Cara untuk mencegah penyakit liver agar segera pulih kembali yaitu salah satunya dengan menghindari dan tidak mengkonsumsi lagi minuman – minuman yang terkandung alkohol di dalamnya karena selain agar membuat kondisi tubuh anda sehat, larangan mengkonsumsi alkohol juga jelas – jelas dilarang terutama dalam islam kerena memang tergolong sebagai minuman yang haram dikonsumsi.

  • Olahraga 

Cara mencegah penyakit liver dapat anda lakukan untuk mengatasinya dengan olahraga sehingga akan membantu mengurangi lemak yang terdapat di dalam hati dan dampaknya tidak baik untuk kesehatan pada hati dan juga liver anda.


EmoticonEmoticon