Selasa, 05 Juni 2018

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

manfaat tertawa bagi kesehatan
Masih ingatkah kapan terakhir kali anda tertawa? Meski terdengar sepele, tertawa ternyata memiliki banyak manfaat. Banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari bahwa tertawa dapat menghilangkan stres dan membuat kita menjadi lebih awet muda. Bagaimana bisa? Berikut adalah penjelasan ilmiahnya.

Tertawa selama 5 hingga 10 menit dapat merangsang produksi endorphine dan serotonin, yaitu sejenis zat morfin alami dari dalam tubuh, serta metanonin. Ketiga zat ini merupakan zat yang baik untuk otak, Semakin berlimpah zat tersebut dalam tubuh semakin mengendur pula ketegangan syaraf dalam otak kita. Dengan mengendurnya ketegangan pada syaraf otak, membuat kita menjadi lebih relax dan sejenak melupakan rumitnya pemasalahan yang kita hadapi. Hal ini menghindarkan kita dari stress yang berlebihan, serta menjauhkan kita dari resiko terkena depresi.

Stres atau depresi yang berkepanjangan akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) kita menurun. Akibatnya berbagai penyakit akan mudah menyerang tubuh kita. Oleh karena itu diperlukan adanya pencegahan pada gejala stress yang berlebihan, salah satunya adalah dengan metode Escape from Stress (EFS), yaitu sebuah metode yang seringkali digunakan untuk menangani pasien stress berat maupun ringan. Ada beragam cara yang telah dikembangakan dari metode EFS, diantaranya adalah teknik relaksasi, teknik latihan pernafasan dada dan perut, teknik meditasi medis dan juga terapi tertawa. Dalam dunia psikoterapi, terapi tertawa yang dilakukan berbeda dengan tertawa biasa, namun bukan pula tertawa yang dibuat-buat. Terapi tertawa dilakukan dengan memulai setahap demi setahap, hingga efek yang dirasakan benar-benar terasa.

Terapi tertawa adalah teknik yang mudah dilakukan, namun efeknya sangat luar biasa, bahkan dapat menyembuhkan pasien dengan gangguan mental akibat stres berat. Tertawa dalam dunia medis, merupakan obat yang cukup ampuh untuk menghilangkan stres atau ganguan penyakit lainnya. Tidak heran kini di kota-kota besar banyak klub-klub tawa sehat yang bermunculan. Tujuanya adalah untuk mengajak masyarakat bersenang-senang dan tertawa bersama sejenak melupakan permasalahan yang ada. Dengan begitu diharapkan agar angka penderita stress dan depresi juga berkurang. Apalagi di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi yang kerap kali membuat manusia-nya mudah terkena depresi.
Dari penjelasan diatas dapat kita ambil pelajaran bahwa tertawa memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap tubuh kita, berikut diantaranya.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan


  • Mengurangi Stress

Tertawa dapat memproduksi zat penyeimbang dalam tubuh yang dapat merelaksasi syaraf otak kita sehingga tidak terlalu tegang. Hal ini membuat kita akan jauh lebih tenang dan terhindar dari stress yang berlebihan. Ketika anda tertawa ternyata mampu menurunkan kadar dari hormon stress misalnya adalah hormon cortisol dan juga epinephrine. Dan pada saat yang bersamaan pula, tertawa mampu meningkatkan kadar hormon – hormon yang tentunya berhubungan dengan kesehatan tubuh anda lainnya.

Bukan hanya itu, ditambah lagi ketika anda tertawa juga mampu menyediakan latihan dalam skala yang penuh untuk otot dan mampu merangsang sirkulasi darah anda. Hal ini pada gilirannya akan dapat membantu untuk mengurangi beberapa dari gejala fisik dari stress pada diri anda. Sehingga ketika anda sedang dalam kondisi stress, yang anda lakukan cukup dengan melihat dan menonton beberapa acara atau kegiatan komedi, maka dengan segera setelah anda melihat tayangan tersebut anda akan mulai merasakan rasa yang lebih baik dan tidak stress lagi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan (Imunitas) Tubuh

Tertawa memproduksi hormon-hormon tertentu yang dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang memburuk akibat stress. Apabila anda memiliki sistem kekebalan tubuh anda yang sedang kondisinya lemah, anda dapat mengatasinya dengan cara yaitu cukup dengan teratur tertawa. Dimana pada beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa dengan tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas anda dengan cara meningkatkan jumlah antibodi anti – infeksi dan juga sel T yang berada dalam darah anda.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga memiliki pertahanan yang lebih baik lagi terhadap suatu penyakit, sehingga yang terjadi anda dapat mengalami gangguan kesehatan misalnya batuk, pilek atau infeksi jenis lainnya. Oleh karena itu maka saatnya anda untuk memulai hari anda dengan tertawa yang cukup setiap harinya agar tetap sehat.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Para ahli medis mengatakan bahwa tertawa mampu mencegah penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke, yang dipicu oleh naiknya tekanan darah yang terlalu drastis akibat tidak stabilnya emosi. Ketika orang-orang terbiasa menenangkan diri-nya dengan tertawa, secara tidak langsung emosinya akan menjadi lebih stabil. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Membuat Awet Muda

Manfaat tertawa lainnya yang dapat anda peroleh yaitu mampu membuat wajah anda lebih muda lagi. Ketika anda sedang tertawa atau sekedar tersenyum, sebanyak 15 otot pada wajah anda akan bekerja sama. Sehingga hal ini mampu meningkatkan aliran darah anda pada daerah sekitar wajah anda, dan menjadikan anda lebih terlihat muda dan sehat pada tubuh anda.

Ditambah lagi saat anda tertawa dengan terbahak – bahak ternyata mampu meningkatkan kesehatan fisik atau juga emosional anda. Ketika kondisi anda sehat, pasti yang terjadi pada diri anda akan terlihat lebih muda lagi bila dibandingkan usia anda yang sebenarnya. Sehingga bila dibandingkan dengan mencari produk – produk hanya untuk membantu anda untuk terlihat lebih muda lagi, maka hal yang sangat mudah dan gratis yaitu hanya dengan tertawa. Namun yang perlu diperhatikan pula juga untuk menjaga kesehatan kulit anda agar tetap lembab dan sehat untuk mencegah garis tawa anda.

  • Menyediakan Latihan Internal

Tertawa merupakan suatu proses yang sederhana, namun dengan hal ini dianggap suatu teknik latihan internal yang dirasa terbaik. Terutama ketika anda tertawa terbahak – bahak, orang tersebut akan mengambil nafas dalam – dalam yang mampu membantu untuk membuka saluran udara sehingga mampu meningkatkan asupan oksigen yang anda hirup. Sehingga mulai saat ini bersamaan dengan latihan fisik anda, coba anda habiskan waktu tertawa bersama dengan teman – teman anda untuk menghasilkan latiha internal yang lebih lengkap lagi.

  • Meringankan Rasa Sakit

Ternyata tertawa juga mampu memiliki manfaat sebagai salah satu obat pengobatan rasa sakit yang alami dan terbukti khasiatnya. Dimana hal ini telah dibuktikan pada suatu penelitian dari Universitas Oxford. Pada penelitian tersebut dijelaskan bahwa bagi orang yang sering tertawa mampu menahan rasa sakit bahkan hampir 10 persen lebih banyak lagi bila dibandingkan dengan mereka yang kurang merasakan tertawa.

Dosis tertawa yang cukup mampu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang merasakan kenyamanan ke dalam sistem anda, dan bekerja lebih baik lagi bila dibandingkan dengan morfin untuk mengurangi rasa sakit anda. Dengan anda tertawa dapat mengalihkan perhatian anda terhadap pikiran sakit dan nyeri pada tubuh anda.

Dan dari artikel ini, kita bisa mulai balajar banyak tertawa. Karena hanya dengan tertawa ternyata secara tidak langsung akan membuat diri kita merasa jauh lebih tenang dan bahagia, terhindar dari depresi dan stres yang berlebihan, serta membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Hati senang, otakpun tegang! Semoga artikel ini bermanfaat!


EmoticonEmoticon