Senin, 04 Juni 2018

Manfaat dan Resiko Menggunakan Kawat Gigi

manfaat dan resiko menggunakan kawat gigi
Seiring dengan perkembangan waktu penggunaan kawat gigi justru semakin menjadi sebuah trend fashion yang banyak digemari orang. Hal ini dapat ditandai dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan kawat gigi atau behel  meskipu dari mereka banyak pula yang sudah memiliki gigi bagus dan cukup rapi.

Kawat gigi atau sering dikenal dengan sebutan behel merupakan alat berbasis kawat yang sering digunakan oleh para ortodontis untuk memperbaiki gigi atau juga rahang yang kondisinya tidak rata dan juga kondisi gigi yang bertumpuk antar satu sama lainnya. Banyak pula orang yang menggunakan kawat gigi di usia remaja mereka untuk memperbaiki dari gigi mereka menjadi lebih rapi. Namun jangan salah juga, bagi anda yang sudah memasuki usia dewasa juga dapat merasakan keuntungan ketika menggunakan kawat gigi. Dimana tujuan utama dari penggunaan kawat gigi atau behel adalah untuk menyelaraskan antara gigi dan juga rahang agar dapat menggigit makanan dengan baik dan selain juga menghasilkan senyum yang indah.

Apabila anda memiliki rencana untuk melakukan pemasangan kawat gigi atau behel pada gigi anda, sebaiknya anda juga mempertimbangkannya dengan matang apakah hal tersebut merupakan pilihan dan keputusan yang terbaik bagi anda dan kesehatan gigi anda. Karena saat ini dengan semakin berkembangnya zaman banyak yang bermunculan pula para tukang pasang kawat gigi namun sebenarnya mereka kurang berkompeten dalam bidang tersebut. Sehingga hal ini bukan malah membuat gigi anda menjadi bagus dan rapi tetapi justru akan membahayakan kesehatan anda karena memang harga yang dipasang jauh dari harga normal pemasangan kawat gigi di rumah sakit. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan diri untuk menggunakan kawat gigi, sebaiknya anda perhatikan dahulu mengenai manfaat dan resiko dari penggunaan kawat gigi.

Jenis – Jenis Kawat Gigi

Namun sebelum membahas mengenai manfaat dan juga resiko dari penggunaan kawat gigi, sebaiknya anda mengetahui jenis – jenis dari kawat gigi sebagai berikut :

  • Kawat gigi permanen, yaitu terdiri dari kotak – kotak yang diletakkan pada setiap bagian gigi dan juga terhubung antara gigi satu dengan lainnya dan diikat oleh kawat.
  • Kawat gigi lepas – pasang, yaitu berupa penampang plastik yang dilakukan dengan cara dipautkan pada beberapa bagian gigi dan menutup ke bagian langit – langit mulut.
  • Kawat gigi fungsional, yaitu berupa satu pasang kawat plastik yang lepas – pasang dan dipasukan serta ditempatkan pada bagian gigi bagian atas dan juga bagian bawah.
  • Headgear, yaitu suatu pengait yang tersambung dari kawat gigi yang ditempatkan pada kepala untuk menarik posisi gigi anda bagian depan.
  • Retainer, yaitu jenis kawat gigi yang digunakan menjelang akhir masa perawatan ortodentis.
  • Kawat tidak tampak, yaitu berupa kawat lingual yang tidak tampak atau terlihat dari luar serta ditempatkan pada bagian belakang gigi anda.


Manfaat Menggunakan Kawat Gigi

Tujuan dari penggunaan kawat gigi memang digunakan untuk memperbaiki berbagai permasalahan gigi dan juga memberikan beberapa manfaat bagi tubuh anda.

  • Meningkatkan Kesehatan Gigi

Adanya masalah ortodentik misalnya saja seperti gigi yang tidak rata, adanya plak, gigi yang tidak beraturan, pola gigi tidak benar, bakteri, adanya penyakit pada gusi dan lainnya dapat diatasi yaitu dengan menggunakan kawat gigi atau behel. Dimana behel atau kawat gigi akan mampu menyelaskan struktur gigi anda dengan cara yang paling tepat dan dengan melakukan hal ini akan meningkatkan kebersihan dari gigi anda.

  • Melindungi Gigi

Bagi sebagian orang yang memiliki pola gigitan yang tidak merata atau adanya masalah ortodontik lainnya akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami dampak  berbahaya pada bagian gigi misalnya gigi bagian depan yang menonjol, dan juga kerusakan atau masalah gigi dini. Sehingga, orang – orang yang mengalami kondisi tersebut akan membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi. Kawat gigi atau behel akan bertindak sebagai pelindung terhadap dampak buruk dari permasalahan tersebut dan sekaligus mampu menjaga kesehatan gigi.

  • Menyelesaikan Masalah Makan

Banyak orang yang merasakan kesulitan dalam mengunyah makanan atau hanya sekedar menggigitnya. Hal ini karena disebkan adanya kondisi gigi yang tidak merata. Namun apabila kondisi tersebut tidak segera diperbaiki maka yang terjadi akan menyebabkan masalah gizi dan pada pencernaan anda. oleh karena itu anda dapat menggunakan kawat gigi untuk mengatasi masalah makan anda.

  • Memiliki Gigi yang Lurus dan Senyum Indah

Dimana manfaat satu ini merupakan hal umum yang sudah banyak didengar oleh masyarakat yaitu mampu meningkatkan penampilan secara keseluruhan pada gigi anda. setelah gigi anda yang awalnya tidak rata dan tidak beraturan, setelah diperbaiki maka hasilnya gigi anda akan lurus dan senyum lebih indah. Sehingga dengan adanya efek secara keseluruhan dari perubahan tersebut dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri anda, dan anda akan bebas untuk mengekspresikan diri secara terbuka tanpa harus ragu dan malu lagi.

Resiko Menggunakan Kawat Gigi

Selain adanya kelebihan dan juga manfaat dari penggunaan kawat gigi atau behel pada gigi anda, ternyata penggunaan kawat gigi juga memiliki kekurangan atau resiko. Maka sebaiknya anda harus menyadarinya sebelum anda memulai perawatan pemasangan kawat gigi.

  • Merasakan Ketidak Nyamanan

Adanya rasa yang tidak nyaman ketika awal penggunaan kawat gigi merupakan hal yang cukup bervariasi pada masing – masing individu yang mengenakan kawat gigi. Secara umum, gigi yang terpasang kawat gigi mungkin akan terasa sakit, sedikit longgar, dan kurang memiliki tenaga untuk menggigit pada beberapa hari pertama setelah pemasangan kawat gigi. Pada bagian dari kawat gigi atau behel dapat menggeser bibir, pipi atau juga lidah anda sehingga akan timbul rasa nyeri pada bagian mulut. Terkadang, ada beberapa orang yang merasakan sariawan setelah pemasangan kawat gigi, namun selain itu anda juga mungkin akan mengalami peningkatan air liur dan juga akan kesulitan untuk berbicara.

  • Mengalami Resorpsi Akar

Terjadinya resorpsi akar merupakan adanya pemendekan dari akar gigi. Pada beberapa pasien ortodontik akan cenderung mengalami masalah ini. Adanya perubahan pada panjang akar ini yang menjadi hal yang normal dalam suatu perawatan ortodontik dan biasanya pula tidak akan mengakibatkan efek buruk dalam jangka yang panjang pada mulut anda yang sehat.

  • Mengalami Cedera

Karena kawat gigi menutupi bagian gigi anda, maka akan mengalami benturan atau pukulan yang mengenai mulut anda juga dapat menggores atau  bahkan juga dapat menggores pada bagian bibir dan pipi anda. Adanya kawat dan bracket yang kondisinya longgar atau rusak juga dapat menggores dan membuat iritasi pada bagian pipi, gusi, atau bibir anda. sehingga sebaiknya anda tetap mengikuti petunjuk dan saran dari dokter gigi anda untuk meminimalkan  terjadinya cedera.

  • Gigi Kembali Lagi ke Bentuk Semula

Apabila anda tidak mengikuti saran dan juga petunjuk dari dokter gigi anda untuk lebih berhati – hati setelah kawat gigi atau behel anda dilepas, terutama adalah ketika anda harus menggunakan alat yang disebut dengan retainer, mungkin yang terjadi adalah anda akan kehilangan beberapa perbaikan yang anda dapatkan ketika anda menggunakan kawat gigi.


EmoticonEmoticon