Sabtu, 12 Mei 2018

Tips Merawat Gigi Susu pada Anak

tips merawat gigi susu pada anak
Keberadaan dari gigi susu sebenarnya menjadi hal yang sangat penting bagi anak – anak, karena kelak mampu memberikan tembat bagi pertumbuhan dan perkembangan dari gigi dewasa. Selain itu fungsi dari gigi susu juga mampu membantu bayi dalam mengunyah makanan serta mampu membantu untuk berbicara dengan baik.

Gigi merupakan suatu hal pendukung dalam proses pencernaan, dimana gigi sangat berperan untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling dan juga untuk mengunyah makanan yang masuk dalam mulut. Sebagaimana yang terdapat pada orang dewasa, gigi susu pada anak – anak juga perlu dirawat untuk memudahkan bayi atau anak – anak dalam mencerna makanan. Jumlah gigi susu sendiri secara keseluruhan berjumlah 20 buah. Dimana gigi – gigi tersebut terdiri dari empat gigi seri pada bagian depan (atas dan bawah), empat gigi seri pada bagian samping (dimana letaknya mengapit gigi seri bagian tengah), empat gigi taring dan juga delapan gigi geraham.

Umumnya banyak seorang ibu yang mengalami kesulitan ketika membersihka gigi bayinya atau balita karena memang anak tersebut menolak untuk dibersihkan giginya. Selain itu timbulnya penyakit serta kelainan pada gigi anak adalah salah satu dari gangguan dalam proses pertumbuhan serta perkembangan seorang anak. Sejak awal gigi susu anak mulai tumbuh, orang tua juga harus bertanggung jawab untuk membersihkan gigi bayi atau anak mereka. Walaupun gigi dari anak anda hanya merupakan gigi susu yang dimana keberadaanya hanyalah sementara, namun kesehatan dari gigi susu sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi anak anda di kemudian harinya. Oleh karena itu anda sebagai orang tua harus perlu mengetahui bagaimana cara merawat gigi susu anak anda sejak sedini mungkin bahkan bayi tentunya dengan cara dan penanganan yang benar, agar kesehatan dari gigi dan mulut anak anda akan mampu teratasi dengan baik.

Rentang Waktu Gigi Susu Mulai Tumbuh

Ada rentang waktu ketika gigi susu pada anak anda mulai tumbuh. Namun rentang waktu tersebut tentunya berbeda – beda antar bayi satu dengan bayi lainnya. bahkan, ada sebagian dari bayi yang baru lahir sudah ditumbuhi dengan munculnya gigi susu. Lantas, selanjutnya akan ada tanggal ketika bayi sudah mulai tumbuh menjadi seorang anak – anak, namun tanggalnya juga dapat berbeda – beda pada setiap anak. Berikut ini merupakan jadwal tumbuh serta tanggal gigi susu pada bayi mulai tumbuh.

Tumbuhnya Gigi pada Rahang Atas

  • Gigi seri bagian depan tumbuh ketika memasuki usia 8 – 12 bulan
  • Gigi seri bagian samping tumbuh ketika memasuki usia 9 – 13 bulan
  • Gigi taring tumbuh ketika memasuki usia 16 – 22 bulan
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh ketika memasuki usia 13 – 19 bulan
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh ketika memasuki usia 25 – 33 bulan


Tumbuhnya Gigi pada Rahang Bawah

  • Gigi seri depan tumbuh ketika usia 6 – 10 bulan
  • Gigi seri samping tumbuh ketika usia 10 – 16 bulan
  • Gigi taring tumbuh ketika usia 17 – 23 bulan
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh ketika usia 14 – 18 bulan
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh ketika usia 23 – 31 bulan


Tanggalnya Gigi pada Rahang Atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6 – 7 tahun
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7 – 8 tahun
  • Gigi taring tanggal pada usia 10 – 12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9 – 11 tahun
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10 – 12 tahun


Tanggalnya Gigi pada Rahang Bawah

  • Gigi seri depan tanggal ketika usia 6 – 7 tahun
  • Gigi seri samping tanggal ketika usia 7 – 8 tahun
  • Gigi taring tanggal ketika usia 9 – 12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal ketika usia 9 – 11 tahun
  • Gigi geraham besar kedua tanggal ketika usia 10 – 12 tahun


Tips Agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Ketika Tumbuh Gigi

Ketika tumbuh gigi baru, setiap bayi akan merasakan sensasi yang berbeda – beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, namun ada juga yang sering merasa rewel. Namun ada sebagian orang yang mengkaitkan tumbuhnya gigi pada anak akan mengalami demam dan diare, namun hal tersebut sebenarnya belum ada pembuktian secara medis mengenai hal tersebut.

Namun anda tidak perlu merasa cemas karena ada beberapa cara agar bayi anda lebih merasa nyaman ketika menjalani proses tumbuh gigi seri. Berikut langkah – langkah yang dapat anda lakukan kepada anak bayi anda.

  • Camilan

Sebelumnya perhatikan tingkah laku yang dilakukan oleh anak bayi anda. Apabila anak anda sering berusaha untuk mengunyah mainan atau barang – barang yang sedang dipedangnya, maka kemungkinan besar giginya sudah mulai tumbuh. Coba anda beri camilan yang sehat misalnya seperti irisan kecil wortel, apel atau roti untuk usaha dikunyah, namun anda perlu mendampinginya ketika bayi anda sedang mengunyah camilan tersebut agar terhindar bayi untuk kemungkinan mengalami tersedak.

  • Teether

Teether ternyata juga mampu membantu bayi untuk melupakan gusi yang sedang terasa tidak nyaman ketika sedang mengalami tumbuh gigi. Agar fungsi dari teether lebih maksimal lagi, anda perlu untuk menyimpan teether tersebut ke dalam lemari es terlebih dahulu. Adanya rasa dingin akan membuat gusi bayi lebih terasa nyaman. Yang perlu anda perhatikan yaitu untu tetap menjaga agar suhu dari teether tersebut tidak terlalu dingin. Oleh karena itu hindari menyimpan teether ke dalam freezer, karena apabila terlalu dingin dan terlalu keras untuk bayi anda.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu memang harus dirawat dengan baik untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan anda juga mampu untuk merawat gusi bayi anda sebelum gigi susu tersebut tumbuh. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk merawat gusi dan gigi susu buah hati anda yang dapat anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu bayi anda benar – benar tumbuh, maka sebaiknya anda disarankan untuk secara rutin membersihkan gusi dari bayi anda. Anda dapat menggunaka lap yang lembut serta agak basar dan anda jadikan untuk menggosok gusi bayi anda secara perlahan – lahan.
  • Waktu yang paling tepat untuk membersihkan gusi bayi anda adalah ketika sebelum tidur serta setelah bayi anda makan, dan lakukan sebanyak dua kali pada setiap harinya.
  • Apabila anda ingin menggunakan sikat gigi ketika gigi buah hati anda mulai muncul, coba gosokkan gusinya dengan menggunakan sikat gigi yang bertekstur lembut. Anda hanya perlu untuk membasahi sikat gigi dengan menggunakan air dan belum perlu anda tambahkan pasta gigi untuk membersihkan gigi buah hati anda.
  • Ketika gigi susu buah hati anda sudah mulai muncul, anda dapat menggunakan sikat gigi dengan menambahkan pasta gigi sedikit saja kurang lebih sebesar sebutir beras.
  • Ketika usia anak anda memasuki usia tiga tahun, anda baru dapat menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan misalnya seperti kacang polong.

Merawat dan juga membiasakan anak anda untuk merawat gigi susu sedini mungkin merupakan suatu hal yang sangat penting. Sehingga kelak ketika anak anda sudah mulai memiliki gigi yang tetap, anak anda mampu merawat giginya dengan baik dan benar.


EmoticonEmoticon