Kamis, 10 Mei 2018

Tips Mengobati Sakit Maag dan Lambung

tips mengobati sakit maag dan lambung
Gangguan maag memang hampir setiap orang pernah mengalami penyakit maag. Namun dengan keadaan tersebut bisa saja menjadi sebuah awal dari timbulnya penyakit maag. Jangan anggap remeh ketika anda sering mengalami rasa perih dan mual dengan tiba – tiba karena hal tersebut merupakan tanda – tanda anda mengalami penyakit maag.

Sakit maag merupakan keadaan ketika lambung menghasilkan asam secara berlebihan. Sakit maag dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti pola makan yang tidak teratur, perut kosong, atau stress. Penyakit yang menyerang pada bagian lambung ini diderita oleh banyak orang dan dapat muncul kapanpun sehingga dapat mengganggu aktifitas normal anda. Gejala yang dialami saat sakit maag kambuh adalah nyeri perut, kembung, dan juga mual-mual.

Banyak pula sebenarnya orang yang mengalami penyakit maag namun banyak pula yang menganggap remeh dari penyakit maag tersebut. Karena memang orang – orang terlalu sibuk dengan kegiatan sehari – hari misalnya adalah pekerja kantor, guru, anak sekolah, pegawai atau juga mahasiswa kerap sekali mengabaikan disiplinnya anda untuk makan tepat waktu. Anda terlalu memforsir aktifitas anda, merasa kelelahan, stress dan juga anda tidak menjaga makanan yang masuk dalam mulut anda dengan makanan – makanan yang tidak sehat sehingga dapat memicu munculnya penyakit satu ini. Dengan tidak melakukan sarapan pada pagi hari, juga sengaja melambatkan jam makan siang serta mengakhirkan jam makan malam anda merupakan hal yang sebenarnya sepele namun sangat berpotensi besar memicu terjadinya penyakit maag pada diri anda bahkan bisa menjadi maag akut.

Secara umum penyakit maag dapat digolongkan menjadi empat kelas yaitu yang pertama adalah maag  dengan tingkatan yang rendah. Pada tingkatan ini penyakit maag terjadi karena disebabkan produksi asam yang terlalu berlebihan di dalam lambung anda atau sering disebut dengan asam lambung. Sedangkan tingkat yang kedua adalah maag sedang yaitu jenis maag  yang awalnya ditandai dengan timbulnya gejala nyeri, sakit dan juga mual di lambung dan akan terasa sakit sekali bagi siapa saja yang menderitanya.

Bukan hanya itu, ada pula jenis maag yang sudah tergolong maag kronis yaitu kondisi maag yang lebih parah lagi bila dibandingkan dengan maag sedang. Namun ada yang lebih membahayakan lagi yaitu berupa kanker lambung dimana jenis maag ini bisa terjadi karena adanya mikroorganisme dalam lambung anda dan juga sudah menyerang pada organ lambung.

Terjadinya kerusakan pada bagian lambung anda dapat terjadi karena disebabkan oleh iritasi asam hidroklorida dapat pula terjadi karena adanya bakteri yang masuk pada organ lambung anda dan tanpa anda sadari sebelumnya. Hal ini dapat juga berasal dari jenis makanan yang masuk dalam lambung anda hingga menyebabkan produksi asam lambung anda dapat meningkat. Bukan hanya itu, hal lain yang juga mampu mempengaruhi adalah karena anda sering untuk menunda – nunda makan rasa lapar dapat mengakibatkan lambung anda berada dalam keadaan yang kosong dan mengakibatkan asam yang biasanya mampu membantu dalam proses mencerna makanan. Karena lambung dalam keadaan kosong, asam tersebut akan mengikis lapisan dinding pada organ lambung anda hingga menimbulkan luka dan dengan hal inilah yang akan mengakibatkan perut anda akan sering terasa perih dan sakit bahkan hal yang parahnya lagi mampu merusak fungsi pencernaan lainnya.

Tips Mengobati Sakit Maag dan Lambung

Pada umumnya ketika sakit maag kambuh, orang lebih memilih untuk mengobati dengan obat kimia karena lebih praktis dan dapat meredakan sakit dalam waktu yang cepat. Namun obat kimia pereda sakit maag terkadang membuat penderita menjadi ketergantungan terhadap obat tersebut. Untuk mengatasi nyeri lambung atau sakit maag yang kambuh dapat diobati dengan obat herbal yang lebih menyehatkan, alami, dan tidak kalah mujarabnya dibandingkan dengan obat kimia. Berikut ini ada beberapa pilihan ramuan alami untuk menagatasi sakit maag anda yang sedang kambuh :

  • Kunyit

Selain untuk kecantikan wajah, kunyit juga mujarab untuk mengobati sakit maag. Siapkan 2 batang kunyit, dicuci bersih, lalu diparut, campurkan dengan air 1/3 gelas dan diamkan agar mengendap. Karena endapan rimpang dan umbian herbal apapun tidak baik bagi kinerja ginjal. Jika endapan kunyit ini ikut terminum maka ginjal akan lebih berat kerjanya. Setelah endapan kunyit terpisah dan bening, anda dapat  meminum air air kunyit yang beningnya saja sebanyak 2x sehari. Rasanya memang kurang enak, namun ramuan ini dapat mengurangi dan menghilangkan penyakit maag anda. Anda juga dapat meminumnya dengan air hangat dan juga madu.

  • Kedelai

Kedelai mampu mengatasi sakit maag, bahkan yang sudah akut sekalipun. Siapkan kacang kedelai secukupnya, sangrai tanpa minyak, tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan air panas secukupnya. Anda dapat meminumnya secara rutin 3x sehari dalam beberapa minggu. Untuk pencegahan sakit maag agar tidak kambuh, anda dapat mengkonsumsi 1x sehari. Ramuan kacang kedelai merupakan obat sakit maag tradisional yang cukup diminati karena rasanya memang lebih enak.

  • Daun Jambu Biji

Selain untuk mengatasi diare, daun jambu biji ternyata juga bisa mengatasi maag. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktifitas anti-bakteri daun jambu biji secara signifikan dapat menghambat dan membunuh virus dan bakteri penyebab diare dan maag. Caranya sangat mudah, yaitu ambil daun jambu biji segar, rebus hingga tersisa setengah airnya, dan minum air rebusannya 3x dalam sehari secara teratur untuk mengatasi maag.

  • Biji Pepaya

Buah pepaya memang enak dan terkenal dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun bagi anda yang memiliki penyakit maag, jangan membuang biji pepayanya, karena karena ternyata mempunyai khasiat mengatasi penyakit maag. Caranya, jemur biji pepaya hingga benar-benar kering, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian seduh dengan air hangat dan minumlah secara teratur agar sakit maag yang anda derita lama kelamaan akan sembuh dengan sendirinya. Bila terlalu pahit, biji pepaya dapat diganti dengan daun pepaya.

  • Madu dan Lidah Buaya

Khasiat dari madu untuk kesehatan anda sudah tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya sekedar mampu meningkatkan kekebala tubuh anda, manfaat madu lainnya yaitu berkhasiat untuk melindungi lambung anda dari bakteri dan juga kuman. Sedangkan untuk tanaman lidah buaya sama halnya dengan kunyit karena di dalamnya memiliki kandungan minya atsiri yang baik untuk kesehatan tubuh anda. bukan hanya itu, adanya zat aloebarbadiod dan juga aloemoedin pada lidah buaya juga mampu berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Untuk mengobati sakit maag anda dapat memanfaatkan madu dan juga lidah buaya untuk mengobatinya. Yaitu dengan menyiapkan 500 gram lidah buaya kemudian potong dan juga cuci lidah buaya tersebut hingga bersih. Setelah lidah buaya tersebut bersih, haluskan lidah buaya dengan menggunakan blender untuk anda jadikan sebagai jus. Untuk menambahkan khasiatnya tambahkan madu asli secukupnya dan anda dapat meminumnya dua kali setiap hari untuk mengobati sakit maag anda.


EmoticonEmoticon