Sabtu, 05 Mei 2018

Tips Menghilangkan Bau Sepatu dengan Cepat dan Mudah

tips menghilangkan bau sepatu dengan cepat dan mudah
Anda memiliki teman, keluarga atau rekan yang memiliki sepatu yang sangat berbau? Berikut ini merupakan artikel yang membahas mengenai tips untuk menghilangkan bau sepatu tentunya dengan cara yang tidak membutuhkan waktu yang lama dan mudah.

Sepatu adalah menjadi salah satu kebutuhan pokok terutama bagi para pelajar, mahasiswa atau pekerja kantor serta para perkerja di instansi pemerintahan. Bau yang ditimbulkan pada sepatu menjadi hal yang sangat umum dan juga menjadi hal yang wajar karena memang sepatu tersebut sering bahkan setiap hari digunakan. Bau yang berasal dari keringat yang dikeluarkan pada kaki dan akan membasahi sepatu yang anda kenakan. Sehingga dengan waktu yang lama, maka yang terjadi adalah keringat yang keluar pada kaki anda akan menempel pada sepatu yang anda kenakan dan akan menyebabkan bau tidak sedap yang menyengat.

Sepatu anda yang sedang berbau bisa saja dipengaruhi karena kondisi iklim, kondisi dari tubuh anda sendiri, kebiasaan dari si pemakai, atau juga dapat karena kondisi fisik dari sepatu itu sendiri. Di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan kelembapan udara yang tinggi, tentunya juga akan membuat lingkungan di dalam sepatu anda juga akan cepat sekali untuk berubah menjadi lembab dan hangat. Dengan kondisi tersebut dapat menjadi hal yang lebih parah apabila anda termasuk dalam orang yang mudah sekali mengeluarkan keringat, terutama pada bagian kaki, dan ditambah lagi apabila anda memiliki kebiasaan yang buruk seputar pemakaian sepatu. Sedangkan kondisi fisik sepatu anda mencakup bahan dan juga strukturnya yang menjadi penentu kemudahan dari sepatu anda bernafas.

Suatu ketika anda lupa untuk mencuci sepatu anda padahal kondisinya dari sepatu anda sedang bermasalah, sedangkan anda harus menggunakan untuk keperluan yang penting. Tentunya dengan hal demikian akan membuat anda akan sangat repot bukan? sepatu yang tidak dicuci secara rutin akan menimbulkan bau yang menyengat dan tentunya akan menimbulkan datangnya bakteri menumpuk pada sepatu anda. ketika anda terpaksa untuk menggunakannya maka yang terjadi adalah bau dari sepatu anda akan menimbulkan aroma yang tidak menyenangkan, dan dengan hal ini tentuny akan membuat anda sangat tidak percaya diri. Nah, jangan khawatir apabila anda mengalami hal yang demikian, karena artikel ini akan membatu anda untuk memberikan tips – tips yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengatasi sepatu anda yang sedang berbau tidak sedap tersebut dengan cepat dan mudah.

Tips Menghilangkan Bau Sepatu dengan Cepat

Bau kaki yang terdapat pada sepatu dihasilkan dari bakteri yang berinteraksi dengan keluranya keringat. Kondisi yang lembab dan juga hangat di dalam sepatu sanagt cocok bagi bakteri – bakteri untuk tumbuh dan berkembang serta mampu memproduksi bau yang menyengat. Kaos kaki yang anda kenakan lebih dari satu hari dan pemakaian sepatu yang tidak dirotasi akan membuat bau sepatu anda akan semakin tajam karena andanya penumpukan bau tanpa ada jeda yang cukup. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi sepatu anda yang berbau :

  • Mengeringkan Sepatu

Tips pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengeringkan sepatu anda yang memiliki bau kurang sedap. Anda dapat menaruh sepatu anda di luar rumah dan membiarkan sepatu tersebut hingga benar – benar kering. Sebagian sepatu memang bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung, namun tidak sedikit pula jenis sepatu yang tidak dapat terkena sinar matahari karena dapat merusak warna atau kualitas dari sepatu itu sendiri. Apabila anda memiliki sepatu yang demikian, anda dapat mengatasinya dengan cara diangin – anginkan saja agar tidak merusak dari bahannya. Oleh karena itu anda sebaiknya perlu untuk membaca petunjuk dari perawatan sepatu anda.

  • Netralkan dengan Bubuk Kopi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kopi memiliki manfaat sebagai penetral bau. Oleh karena manfaat dari kopi tersebut, anda dapat menggunakan bubuk kopi untuk mengatasi bau sepatu anda yang berbau kurang sedap. Caranya yaitu dengan meletakkan bubuk kopi ke dalam  tisue, dan kemudian anda bungkus tisue tersebut. Diamkan selama satu malam agar bubuk kopi yang anda letakkan dalam sepatu anda dapat bekerja dengan maksimal untuk menetralisir bau yang tidak sedap pada sepatu anda.

  • Mencuci Sepatu

Sebelum anda memutuskan untuk mencuci sepatu anda, maka sebaiknya anda untuk memeriksa dahulu petunjuk mengenai perawatan dari sepatu yang anda miliki untuk mengetahui apakah sepatu anda dapat dicuci atau tidak. Karena pada sebagian sepatu tidak dapat dicuci namun ada pula jenis sepatu yang dapat dicuci bahkan dengan bantuan mesin cuci sekalipun.

  • Taburi dengan Baking Soda

Baking soda memang biasanya anda gunakan sebagai bahan pengembang kue, namun ternaya baking soda memiliki kemampuan untuk mengatasi dan menyerap aroma yang kurang sedap dari dalam sepatu anda. Begitu pula untuk mengatasi bau yang tidak sedap dari sepatu anda. Cara yang dapat anda lakukan juga cukup mudah, yaitu dengan menaburkan baking soda pada bagian sepatu anda yang sedang berbau. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih satu malam, kemudian untuk keesokan harinya bersihkan sepatu anda dari baking soda yang menempel dan anda akan melihat perbedaannya.

  • Memanfaatkan Koran

Koran ternyata juga bermanfaat untuk menyerap bau yang tidak sedap dari sepatu anda. Cara yang dapat anda lakukan dengan menggunakan tips ini yaitu dengan anda mengambil kertas bekas secukupnya saja. Bungkus seluruh bagian sepatu anda, hingga ke lubang dalam dari sepatu dengan rapat dan rapi, kemudian anda dapat masukkan gulungan koran tersebut ke dalam bagian sepatu juga. Jangan langsung untuk mengambil koran tersebut, namun sebaiknya anda membiarkan sepatu tersebut yang sudah diisi dengan koran bekas di tempat yang kering agar koran bekas tersebut dapat menyerap bau yang dihasilkan dari sepatu anda.

  • Memakai Produk Penghilang Bau Sepatu

Saat ini juga sudah ada produk – produk yang beredar di pasaran untuk mengatasi bau sepatu anda yang kurang sedap. Kebanyakan produk seprotan dari penghilang bau di dalam sepatu anda mengandung enzim dan juga bakteri yang mampu untuk melawan bau dari sepatu anda dengan cara yang cepat dan instan, selain itu hasilnya pun juga akan terlihat perbedaanya dengan kondisi sepatu anda sebelumnya.

  • Menambah Pewangi

Bahan – bahan yang beraroma sedap juga dapat anda gunakan untuk menggantikan bau yang terdapat di dalam sepatu anda. misalnya saja dengan cara meletakkan kulit jeruk di dalam sepatu anda dan biarkan hingga satu malam. Atau anda juga dapat mengatasi bau pada sepatu anda dengan cara meneteskan sedikit minyak esensial di dalam sol sepatu  dan biarkan hingga minyak tersebut meresap dan kering.

  • Mengganti Sol dalam Sepatu

Cara yang paling mudah dan instan adalah dengan mengganti sol dalam sepatu anda yang sebelumnya berbau. Di pasaran sudah tersedia banyak sepatu yang terbuat dai bahan anti jamur. Apabila produk semacam sulit untuk anda dapatkan, anda dapat mengakalinya dengan sol sepatu yang berbahan katun. Apa saja yang anda pilih, dengan mengganti sol sepatu secara rutin sendiri di rumah anda atau anda juga dapat menggunakan jasa tukang sol sepatu.


EmoticonEmoticon