Jumat, 04 Mei 2018

Tips Mengetahui Toko Online yang Terpercaya dan Aman

tips mengetahui toko online yang terpercaya dan aman
Salah satu kendala atau masalah yang sering dialami oleh para online shopper yaitu ketika bertransaksi dengan seorang pelapak online yang tidak kredibel. Baik itu mulai dari pengiriman yang lambat, barang yang sampai ke rumah anda tidak sesuai dengan barang yang anda pesan, bahkan pula ada juga yang uang melayang karena kena tipu.

Perkembangan teknologi seperti saat ini yang seakan tidak pernah berhenti, tentunya akan menjadi suatu pendorong dalam pertumbuhan toko online yang terdapat di Indonesia. Selain itu juga gaya hidup dari masyarakat yang semakin hari semakin terbisa dengan aktivitas – aktivitas berbelanja secara online, akan membuat munculnya berbagai peluang bisnis toko online semakin menjanjikan untuk keuntungan yang besar bagi para pelakunya. Dengan kondisi yang seperti demikian yang kemudian dimanfaatkan dengan baik bagi sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan suatu tindak penipuan dengan membuat sebuah toko online yang murah dan berkedok penjualan barang via online.

Berbelanja secara online memang dirasa lebih mudah, praktis dan juga tidak butuh banyak biaya transportasi. Namun apabila anda sedikit saja teledor dengan tidak hati – hati  malah tidak menutup kemungkinan pula anda akan ikut menjadi korban dari penipuan di internet. Seperti yang telah diberitakan di berbagia media, saat ini kasus – kasus penipuan online mulai banyak bermunculan dan berhasil memakan korban. Namun demikian, tidak semua toko online yang murah juga melakukan hal yang sama yaitu tindakan kecukarangan. Sebagai calon konsumen, maka sebaiknya anda untuk lebih jeli lagi untuk melihat situs online yang aman dan juga terpercaya sebelum anda memutuskan diri anda untuk melakukan suatu kegiatan transaksi pembelian barang secara online.

Nah, agar anda tidak lagi menjadi korban kasus penipuan secara online. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda gunakan dan anda lakukan untuk mengenali penjual toko online yang terpercaya.

Tips Mengetahui Toko Online yang Terpercaya dan Aman


  • Cek Reputasi

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda melakukan transaksi di internet yaitu dengan melihat kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Apabila kredibilitasnya bagus, maka anda dapat untuk melanjutkan transaksi yang ingin anda lakukan. Dimana anda dapat melihat kredibilitas ini melalui suatu rekomendasi dari banyak orang yang telah menggunakan jasa dari toko mereka. Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan melihat review – review yang terdapat di internet, misalnya anda dapat mengetikkan ke dalam Google alamat perusahaan yang bersangkutan, selain itu juga anda melihat respon dari para review – review tersebut.

Merchant yang benar – benar kredibel biasanya akan berani menampilkan alamat lengkap disertai dengan media – media kontak yang memang dibutuhkan dan selalu siap sedia untuk dimintai suatu bantuan kapan saja. Namun jangan pula dengan menjadikan reputasi yang bagus sebagai patokan seller tersebut dapat terpercaya. Hal ini karena dengan reputasi yang bagus tidak dapat menjamin apakah penjual tersebut dapat terpercaya atau tidak, tetapi memang tidak ada salahnya bagi anda untuk lebih waspada apabila penjual belum memiliki reputasi, apalagi bila reputasi yang diberikan tidak bagus. Reputasi juga belum tentu didapatkan dari baik atau buruknya user tersebut menjual dan membeli barang,  namun ada kemungkinan pula diperoleh dari subforum – subforum lain yang berasal dari kaskus selain Forum Jual Beli, sehingga anda sebaiknya jangan hanya melihat reputasinya saja dan langsung memutuskan untuk melakukan transaksi, perlu anda periksa hal – hal lainnya.

  • Personalitas

Apabila yang anda ajak untuk bertransaksi online adalah individual atau milik pribadi, sebenarnya sama saja dengan yang ada pada kejadian di atas, yaitu anda harus senantiasa melihat kredibilitasnya, minimal anda sudah mengenal dengan siapa saja anda melakukan transaksi, baik itu anda lakukan lewat blogging atau web – web lainnya yang dapat membuat anda percaya dengan toko online tersebut. Pada awalnya memang bagi semua seller akan terlihat baik – baik saja, namun juga tidak ada salahnya bagi anda untuk menyempatkan diri anda untuk memeriksa hal – hal lain, karena pribadi seseorang bisa saja berubah, yang dahulunya baik namun sekarang juga siapa yang mengetahuinya.

  • Testimonial

Testimonial merupakan suatu kesaksian dari para pembeli yang memang pernah membeli dari penjual online tersebut. Oleh karena itu sebaiknya anda untuk melihat thread testimonial dari para penjual apabila memang ada. Teliti terlebih dahulu siapa saja kaskuker yang pernah melakukan transaksi dan juga memberikan kesaksian, akan lebih baik lagi apabila kesaksian telah banyak diberikan oleh para kaskuker dengan jumlah postingan yang banyak serta memiliki reputasi yang baik juga tentunya. Testimonial – testimonial dari penjual dapat anda lihat di subforum khusus yang terdapat di forum jual beli yaitu dengan subforum Feedback dan masih banyak lagi.

Jangan hanya rating, namun anda juga harus bisa mencari informasi melalui feedback atau ulasan dari konsumen – konsumen yang telah melakukan transaksi dengan para pelapak. Biasanya mereka akan memberikan berupa review berdasarkan proses transaksi, kecepatan respon, dan juga berupa kesesuaian antara produk yang dipesan dengan yang diterima oleh mereka. Apabila banyak review yang positif diberikan oleh para konsumen, anda dapat melanjutkan proses transaksi. Tetapi berlaku untuk sebaliknya, apabila banyak review yang negatif diberikan, maka sebaiknya anda harus mencari pelapak atau toko online lainnya.

  • Baca Syarat dan Ketentuan

Biasanya bagi para pelapak online akan memiliki kebijakan masing – masing. Oleh karena itu, anda sebaiknya untuk mencari tahu mengenai apa saja syarat dan juga ketentuan yang diberikan oleh pelapak online tersebut. Baca juga bagian deskripsi yang terkait produk tersebut terlebih dahulu dengan sangat teliti. Misalnya saja mengenai garansi suatu barang, proses pengiriman atau bila ada asuransi dan hal penting lainnya.

  • Perhatikan Sistem Pembayaran

Selain anda harus memperhatikan informasi lengkap mengenai pelapak online tersebut, anda juga harus perhatikan pula secara detail mengenai pembayaran yang ditawarkan oleh pemilik toko online. Biasanya toko online yang terpercaya akan memilih bank yang berstandart nasional misalnya seperti bank Mandiri, BCA, BNI, atau BRI. Sedangkan yang di luar transaksi pembayaran dengan menggunakan bank, kerap bagi para toko online yang menggunakan jasa paypal atau dengan menerapkan sistem COD (Cash on Delivery) untuk melayani para konsumennya. Selain itu apabila anda memutuskan untuk melakukan COD, periksa terlebih dahulu barang yang hendak anda beli, tanyakan pula kelebihan dan juga kekurangan dari barang yang hendak anda beli.

  • Perhatikan Harga

Harga yang diberikan atau ditawarkan terlalu murah oleh para pelapak online seharusnya akan membuat anda lebih aware. Sebaiknya anda mencari tahu dan membandingkan terlebih dahulu mengenai harga produk tersebut dengan tempat online lainnya. Apabila anda tidak ingin mudah tertipu dengan toko yang menjual produk tersebut dengan harga yang jauh lebih miring maka sebaiknya anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.


EmoticonEmoticon