Selasa, 08 Mei 2018

Tips Menambah Tinggi Badan Secara Alami

tips menambah tinggi badan secara alami
Memiliki tubuh yang ideal misalnya seperti berat badan serta tinggi badan yang ideal merupakan dambaan bagi sebagian besar orang dan untuk mendapatkannya bukan menjadi suatu perkara yang mudah. Dengan anda memiliki tinggi badan yang ideal maka akan terlihat lebih gagah dan juga akan meningkatkan rasa percaya diri anda.

Penampilan fisik pada diri seseorang menjadi hal yang sering mendapat perhatian lebih bagi sebagian orang terutama pada penilaian pertama. Baik itu anda memiliki wajah yang tampan atau cantik, terkadang pula tinggi badan anda menjadi suatu daya tarik tersendiri, tidak sedikit pula pada beberapa perusahaan ketika anda hendak melamar pekerjaan sering disertai dengan syarat untuk memenuhi batasan tinggi badan tertentu. Dalam hal – hal keseharian tersebut lah yang mungkin menjadi suatu alasan bagi beberapa orang mengalami rasa minder kerena mungkin kurang tinggi badan yang dimilikinya.

Untuk menambah tinggi badan anda terkadang menjadi hal yang membingungkan. Meskipun semakin banyak beberapa cara yang digunakan untuk menambah tinggi badan anda, maka jangan mudah tergoda dengan iklan – iklan obat atau berupa suplemen yang mengklaim produk tersebut mampu merangsang dalam pertumbuhan tinggi badan anda. Apalagi bila tertulis adanya hormon pertumbuhan yang terkandung di dalam suplemen tersebut. Hal ini karena, hormon pertumbuhan hanya mampu diberikan dalam bentuk berupa suntikan bukan berupa sirup atau tablet. Bukan hanya itu saja, obat – obat seperti demikian tentunya akan ada efek samping yang sangat membahayakan kesehatan tubuh anda di kemudian hari.

Pertumbuhan tinggi badan pada diri seseorang dimulai dari sejak mereka usia remaja. Pada laki – laki, masa pertumbuhan dimulai sejak mereka memasuki usia 11 tahun dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Sedangkan pada diri perempuan, masa pertumbuhan akan dimulai ketika memasuki usia 9 tahun hingga 10 tahun dengan masa puncak usia di umur 11 tahun hingga 12 tahun. Dan masa pertumbuhan ini akan berakhir ketika anak sudah mengakhiri masa pubertas mereka. Oleh karena itu, sebelum pertumbuhan tinggi badan berhenti, sebaiknya anda mengetahui faktor yang memperngaruhi tinggi badan anda terlebih dahulu.

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Tinggi badan sendiri biasanya sering dipengaruhi oleh beberapa hal dalam kehidupan manusia. Diantara dari hal tersebut adalah karena faktor genetik, asupan gizi dan juga nutrisi yang dikonsumsinya serta karena faktor olahraga. Ketiga hal tersebut tentunya akan berperan penting dan bahkan mampu menentukan dalam tinggi badan yang anda miliki. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan yang anda miliki.

  • Faktor Genetik

Faktor pertama yang menentukan tinggi badan seseorang adalah karena faktor genetik. Misalnya saja ketika seseorang anak lahir dari kedua orang tua yang memiliki tinggi badan cukup tinggi, maka kemungkinan besar faktor genetik tersebut akan menurun kepada anaknya dan anak tersebut akan tumbuh dengan tinggi badan yang ideal.

  • Asupan Gizi dan Nutrisi

Sesuai dengan namanya, pada faktor ini memang akan menjelaskan bagaimana asupan gizi serta nutrisi ternyata memiliki peran yang sangat besar untuk menentukan tinggi badan seseorang. Akan tetapi asupan gizi dan juga nutrisi ini sangat berpengaruh untuk tinggi badan apabila tercukupi di usia – usia pertumbuhan. Dimana usia kanak – kanak pada seseorang merupakan usia pertumbuhannya, sehingga asupan dan nutrisi yang mendukung pertumbuhan tinggi badan anak anda tentunya akan menghasilkan tinggi badan yang menjadi ideal. Asupan gizi yang dimaksudkan yaitu berupa asupan protein dan kalsium, hal ini karena memang kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang anda dengan maksimal.

  • Olahraga

Dalam mendapatkan tinggi badan yang lebih ideal tentunya harus ada hal yang ada di balik itu semua. Dengan anda melakukan olahraga menjadi suatu hal yang sangat signifikan untuk dapat menambah tinggi badan anda. apabila anda olahraga dengan teratur maka dapat merangsang tulang untuk dapat tumbuh dengan maksimal dan tentunya lebih sehat lagi.

Tips Menambah Tinggi Badan Secara Alami


  • Streching

Salah satu cara untuk menambah tinggi badan anda secara alami yaitu dengan melakukan streching. Anda dapat melakuakn streching ketika sehabis bangun tidur dengan gerakan berupa menendang masing – masing kaki dengan 75 kali. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, setelah anda melakukan streching anda dapat minum susu yang mengandung kalsium tinggi tentunya. Sebelum tidur pula anda dapat melakukan streching di tempat tidur dengan posisi tidur dan semua badan ditarik kemudian anda dapat tidur dengan pola tidur yang benar.

  • Berenang

Dengan anda melakukan olahraga secara rutin dan teratur seperti olahraga berenang, bersepeda, bakset atau jenis olahraga lainnya adalah menjadi salah satu cara alami yang dapat anda tempuh untuk menambah tinggi badan anda. Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi, karena berenang sudah banyak dikenal memiliki manfaat yang sangat efektif untuk menambah tinggi badan anda. Ketika anda berenang akan menjadikan tubuh anda menjadi lebih fleksibel. Sehingga anda dapat melakukan olahraga berenang setiap hari selama 30 menit atau tiga kali dalam satu minggu.

  • Yoga

Anda juga dapat melakukan yoga untuk menambahkan tinggi badan anda. lakukan olahraga yoga secara rutin misalnya dengan diiringi musik slow atau dapat menggunakan headset. Coba anda mengatur pernafasan yang benar pada setiap gerakan per gerakannya. Selain itu anda juga dapat meminum susu yang berkalsium tinggi setelah melakukan olahraga yoga.

  • Tidur dengan Pola yang Benar

Sering kali seseorang tidur dengan posisi yang salah sehingga juga akan berpengaruh dan menyebabkan postur tubuh anda menjadi tidak benar, misalnya seperti tubuh anda yang akan menjadi bungkuk. Posisi tidur yang paling benar untuk anda lakukan yaitu dengan posisi terlentang, kepala menghadap ke bagian atas, kaki lurus dan sebaiknya anda tidak perlu menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

  • Tidur Secara Teratur dan Hindari Begadang

Apabila anda sudah berolahraga dengan sangat susah payah dan anda tetap melakukan begadang pada malam harinya, maka tentunya jerih payah anda ketika berolahraga akan menjadi hal yang sia – sia. Hal ini karena memang hampir 95 persen pertumbuhan manusia dapat terjadi ketika anda sedang dalam keadaan tidur. Pada saat keadaan beraktivitas secara normal, akan terjadi lonjakan hormon pertumbuhan  manusia yang akan cenderung terjadi sekitar satu sebelum waktu anda tidur. Oleh karena itu, tidur dengan cara yang teratur harus menjadi hal wajib yang perlu anda lakukan untuk menambah tingga badan anda.

Lakukan pola hidup anda yang baru yang telah anda susun dengan gaya hidup anda yang lebih sehat agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan berlebihan dan memaksa diri anda untuk dapat mencapai tinggu tubuh yang anda inginkan dalam waktu yang singkat karena semua hal termasuk juga keinginan anda untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal juga membutuhkan waktu atau proses.


EmoticonEmoticon