Kamis, 10 Mei 2018

Tips Memilih Krim Sunscreen yang Tepat

tips memilih krim sunscreen yang tepat
Sinar matahari memang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun apabila anda terpapar berlama – lama di bawah sinar matahari maka yang terjadi kulit anda akan dapat terbakar bahkan mampu mengakibatkan terjadinya kanker kulit.

Terutama ketika anda tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis, menjadikan anda untuk dianugerahi sinar matahari yang melimpah. Dimana sinar matahari akan mampu membantu dalam pembentukan kalsium pada tulang anda. Namun sinar matahari yang sehat hanya dapat berlangsung sampai jam 9 pagi saja. Dan di atas jam sembilan pagi sinar matahari tersebut dapat menjadikan warna kulit anda akan berubah menjadi gelap atau kecoklatan karena terik matahari yang terlalu menyengat dan memanggang kulit anda. Selain itu anda juga dapat timbul flek hitam pada bagian wajah anda apabila terlalu lama terpapar sinar matahari. Hal yang lebih parah lagi, apabila durasinya yang terlalu lama yang timbul penyekit kanker kulit. Padahal anda dituntut untuk beraktivitas di luar rumah seharian penuh tanpa harus memperhatikan dan takut lagi mengenai efek samping dari sinar matahari.

Anda memang dapat melindungi kulit anda dengan menggunakan pakaian pelindung atau juga mampu menghindari terkenanya sinar matahari yang terik. Namun sebenarnya ada cara lain yang lebih efektif untuk melindungi kulit anda, yaitu dengan menggunakan produk tabir surya yang sering juga dikenal dengan sebutan sunscreen atau sunblock dan di dalam produk tabir surya tersebut terkandung UV protection. Suncreen atau tabir surya merupakan sejenis krim yang dapat membantu kulit anda untuk menangkal sinar UVA dan UVB dari sinar matahari. Pada beberapa bedak atau pelembab memang ada yang dibuat sudah mengandung sunscreen di dalamnya. Produk tersebut memang dapat anda gunakan untuk menangkal sinar matahari apabila anda memang tidak terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Namun sebaliknya pula, apabila anda berada di bawah sinar matahari yang dalam waktu lama, anda sebaiknya memilih menggunakan sunscreen krim yang memang khusus dibuat sebagai sunscreen atau tabir surya.

Banyak sekali memang jenis dan beragam merk sunscreen yang terjual di pasaran. Agar efek dari pemakaian sunscreen dapat lebih optimal lagi anda tentunya harus memilih sunscreen yang tepat untuk kulit anda. Misalnya saja untuk kulit anda yang memiliki kondisi berminyak maka lebih baik anda menggunakan sunscreen dalam bentuk lotion atau gel. Sedangkan bagi anda yang memiliki kulit wajah berminya memang tidak diperkenankan untuk menggunakan sunscreen yang berbentuk krim dan berbahan dasar minyak, karena hal ini mampu memicu kulit anda untuk mengundang kesempatan munculnya jerawat serta komedo pada wajah anda.

Tips Memilih Krim Sunscreen yang Tepat


  • Membaca Komposisi

Untuk mengetahui berapa kadar dari SPF pada tabir surya atau sunscreen memang menjadi hal yang penting, namun akan tetapi membaca komposisi dari kemasan produk tabir surya menjadi hal yang sangat penting lagi bagi anda yang mau menggunakannya. Tabir surya dengan SPF 15 hanya mampu melindungi wajah anda dari sinar UVB saja, padahal sinar U A juga dapat mengakibatkan terjadinya kanker kulit dan keriput pada bagian kulit anda. Dimana anda dapat memilih tabir surya atau sunscreen yang bersifat road spectrum atau spektrum luas, yaitu dengan perlindungan dari sinar UV A dan juga UV B bahkan sekaligus yang ada pada SPF 30. Ketika anda terlebih dahulu untuk membaca komposisi, maka pastikan juga di dalam komposisi sunscreen atau tabir surya juga tertera bahan zinc oxide dan juga titanium dioxide. Bukan hanya itu saja, pastikan pula bahwa kompisisi dari tabir surya bebas dari pewangi, bebas dari PABA, dan juga bebas dari pengawet, karena hal ini mampu menjadikan kulit anda akan menjadi lebih mudah mengalami iritasi.

  • Sesuaikan dengan Jenis Kulit Anda

Berbeda jenis kulit anda, maka berbeda pula jenis tabir atau sunscreen yang anda perlukan. Khusus untuk krim tabir surya untuk wajah yang berminyak dan juga berjerawat memang tidak disarankan  untuk mengenakan tabir surya yang berbahan krim, hal ini karena justru dapat menyumbat pori – pori serta mampu menimbulkan terjadinya jerawat. Sebaiknya anda memilih tabir surya yang bebas dari minyak atau oil free atau juga dapat yang memiliki formula cair, sehingga akan lebih mudah lagi diserap oleh kulit bila dibandingkan dengan krim. Khusus untuk anda yang memiliki kulit kering dan kombinasi, maka anda akan lebih tepat untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen yang dengan menggunakan formula krim. Pastikan pula pada krim tabir surya untuk kulit anda yang kering memiliki bahan minyak serta lanolin demi tetap menjaga kelembaban kulit wajah anda. Sedangkang bagi anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, maka bahan benzoyl peroxyde menjadi jenis yang sangat diperlukan untuk menyeimbangi kadar minyak yang berada di daerah T (dahi, hidung dan dagu) pada bagian wajah anda.

  • Tabir Surya Tahan Air

Tabir surya atu sunscreen sebenarnya juga memiliki kelemahan yaitu mudah sekali hilang apabila terkena keringat atau terkena air. Namun karena ada permasalahan demikian, bukan berarti bagi anda yang menggunakan sunscreen atau tabir surya yang berlebel waterproof akan aman selama sepanjang hari. Anda harus mengoleskan kembali setiap minimal 2 jam ketika anda berada langsung di bawah terik sinar matahari. Sedangkan pada jenis sunscreen atau tabir surya yang berlebel  waterproof hanya mampu untuk bertahan muai dari 40 bahkan hingga 80 menit lebih lama bila dibandingkan dengan sunscreen yang berbahan alami. Namun, setelah waktu itu berlalu, anda juga tetap harus mengoleskan tabir surya kembali. Untuk krim tabir surya dengan waterproof memang sangat tepat dan ccock untuk anda gunakan ketika ingin berenang atau berjemur di pantai.

  • Sunscreen atau Sunblock ?

Mungkin anda akan merasa sedikit bingung untuk membedakan antara kedua jenis produk pelindung kulit anda terhadap sinar matahari tersebut. Sunscreen atau tabir surya memang berbeda bila dibandingkan dengan sunblock. Dimana tabir surya atu sunscreen memiliki filter atau penyaringan yang mampu menyerap beberapada dari sinar matahari, sehingga penggunaan sunscreen dianggap masih tetap memiliki resiko namun lebih kecil untuk terkena kanker kulit bila dibandingkan anda dengan anda yang tidak menggunakan tabir surya sama sekali.
Sedangkan untuk sunblock di dalamnya terdiri dari mineral aktif yang tentunya sangat baik apabila anda memiliki kulit yang sensitif. Adanya bahan mineral aktif ini biasanya di dalamnya terdapat zinc oxide serta titanium dioxide yang memang terkadang terdapat dan anda temukan di dalam tabir surya atu sunscreen. Sunblock mampu bekerja dengan membelokkan paparand ari sinar matahari sehingga tidak secara langsung mengenai kulit tubuh anda.

  • Kandungan Tabir Surya Alami pada Tomat

Tomat ternyata dapat menjadikan anda untuk alternatif atau nutrisi tambahan demi merawat kecantikan dan kesehatan kulit anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Bukan hanya mengandung vitamin A, C dan juga E ternyata buah tomat juga kaya akan kandungan yang disebut dengan likopen dan berfungsi sebagai tabir surya atau sunscreen alami yang mampu menangkal radikal bebas dari sinar matahari yang menyengat kulit anda.


EmoticonEmoticon