Senin, 07 Mei 2018

Tips Melahirkan Secara Normal, Lancar dan Aman

tips melahirkan secara normal, lancar, dan aman
Di jaman seperti saat ini, rasanya persalinan dengan menggunaka bantuna operasi atau sectio caesarea atau sering dikenal dengan sebutan caesar menjadi suatu hal yang sudah tren yang terjadi di dunia kandungan.

Memang banyak dari ibu yang harus melalui proses caesar untuk mengeluarkan anak yang ada di rahimnya karena karena kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan bahkan mengancam jiwanya, namun tidak sedikit pula yang hanya ingin di caesar atas dasar karena mereka tidak berani menghadapi proses persalinan dengan rasa sakit yang dirasakan ketika melakukan proses persalinan secara normal. Bagi pada ibu – ibu yang menginginkan untuk mersakan proses persalinan secara normal, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar persalinan anda dapat berjalan dengan normal, lancar dan juga aman.

Tips Melahirkan Secara Normal, Lancar dan Aman

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa proses melahirkan secara normal merupakan salah satu jalan yang lebih berat dan harus ditempuh bagi ibu hamil bila dibandingkan dengan proses caesar. Meskipun demikian, keuntungan dari proses melahirkan secara normal ternyata memiliki keuntungan lebih banyak bila dibandingkan dengan proses caesar, baik itu bagi ibu yang sedang melahirkan atau bagi bayi yang di kandungnya. Sulit memang untuk melakukan proses persalinan secara normal, sakit yang dirasakan seorang ibu untuk melahirkan secara normal ternyata berlangsung lebih sebentar. Selain itu proses penyembuhan yang terjadi juga lebih membutuhkan waktu yang lebih sedikit bila dibandingkan denagn proses caesar. Bayi yang anda kandung juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih yaitu berupa stimulasi tubuh dari jalan lahir ibu serta langsung  akan mendapatkan ASI secara ekslusif dari ahri pertama bayi dilahirkan. Oleh karena itu, sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips untuk melahirkan secara normal di bawah ini unyuk mendapatkan proses persalinan yang normal, lancar dan juga aman.

  • Mendapatkan Edukasi yang Cukup Mengenai Proses Melahirkan Normal

Langkah pertama yang perlu anda lakukan apabila ingin proses percalinan anda normal yaitu dengan mencari dan juga mendapatkan informasi serta edukasi secara tepat mengenai proses persalinan secara normal itu sendiri terlebih dahulu. Jangan sekali – kali anda merasa ragu atau malu untuk bertanya kepada dokter kandungan atau bidan anda demi mempersiapkan apa saja yang sebenarnya perlu untuk anda lakukan agar dapat melakukan proses persalinan secara normal. Apabila memungkinkan pula, anda juga dapat untuk mengikuti kelas atau komunitas yang sering di dalamnya membahas dan juga memberikan informasi mengenai prose – proses  melahirkan secara normal. Mengetahui mengenai apa saja yang tentunya perlu anda lakukan, apa saja yang anda rasakan dan mengenai bagaimana persiapan yang baik tentunya akan sangat membantu anda untuk menghadapi melahirkan secara normal yang anda inginkan.

  • Pilih Dokter Kandungan atau Bidan yang Tepat

Penjelasan di atas bukan merupakan indikasi bahwa ada bidan dan juga dokter kandungan yang kurang tepat. Namun, maksud dari penjelasan di atas adalah dengan memilih tenaga kesehatan yang mampu mengerti keinginan anda untuk melakukan persalinan secara normal. Tips melahirkan secara normal pada poin ini sangat penting, karena apabila pasien dan juga penyedia tenaga kesehatan saling mengerti mengenai keinginan dan juga kebutuhan dari seorang pasien, maka melahirkan dengan jalan normal akan mungkin anda capai. Meskipun tentu saja keputusan akhir dari proses persalinan yang sangat cocok untuk anda kemali lagi dengan kondisi kesehatan baik dari anda sendiri dan juga bayi yang ada di kandungan anda. Selalu komunikasikan mengenai keinginan anda dan juga jangan lupa untuk menanyakan setiap informasi yang perlu anda butuhkan kepada tenaga kesehatan anda.

  • Usahakan Agar Tidak Menaikkan Berat Badan Terlalu Ekstrem

Kenaikan dari berat badan yang terlampau banyak atau terlaly ekstrem tentunya juga akan mempersulit dalam proses persalinan anda secara normal yang anda inginkan. Oleh karena itu, menjaga agar berat badan yang sedang naik tidak terlalu banyak, karena hal ini merupakan salah satu tips agar anda dapat melahirkan secara normal dan perlu anda lakukan. Persalinan secara normal biasanya akan berjalan lebih mulus dan juga lebih lancar dari pada proses persalinan secara caesar bagi mereka yang tidak memiliki berat badan yang terlalu berat. Bagi ibu yang memiliki berat badan yang seimbang akan mengurangi kemungkinan terjadinya suatu komplikasi persalinan dan akan membutuhkan obat – obatan dan juga intervensi dari medis yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan ibu hamil yang memiliki berat badan berlebihan.

  • Latih Otot Anda

Dengan melatih otot anda agar menjadi lebih kuat merupan tips selanjutnya yang perlu anda lakukan untuk menginginkan proses persalinan secara normal. Terutama adalah anda harus memperkuat pada bagian otot tungkai dan juga kaki andaa. Sehingga, lakukan senam hamil yang mampu untuk memperkuat otot – otot kaki anda. latihan secara tepat merupakan squatting yang teratur pada masa – masa kehamilan anda. Sebaiknya anda melakukan squatting sebanyak 15 kali dalam satu set dan juga lakukan 3 kali pada set pertama. Di dalam penelitian dari Australia yang menyebutkan bahwa otot tungkai dan juga kaki yang kuta akan mampu mempercepat dalam menjalankan proses persalinan hal ini karena akan mampu menambah kekuatan ibu hamil saat akan melahirkan secara normal nantinya.

  • Tidur yang Cukup

Tips untuk melakukan proses persalinan yang lancar dan normal yaitu dengan melakukan dan menjalankan kebiasaan tidur secara cukup minimal pada satu bulan terakhir dari masa kehamilan. Bagi ibu yang tidur dengan jumlah durasi minimal kurang lebih 6 jam setiap harinya akan mampu memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan. Sebaliknya pula, apabila seornag ibu hamil yang tidak cukup tidur biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih selama 11 jam lebih dari pada proses melahirkan secara normal, bahkan mampu menaikkan kemungkinan terjadinya proses persalinan secara caesar sebanyak 4 kali lipat bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

  • Jangan Berbaring

Proses persalinan yang normal dan juga lancar akan membutuhkan suatu kondisi kehamilan yang mendukung pula. Salah satu tips agar anda melahirkan secara normal yang perlu anda lakukan yaitu dengan aktif bergerak, dan juga jangan anda tidur dengan posiis berbaring ketika waktu memasuki atau menjelang usia kehamilan yang matang dan sudah mendekati proses persalinan. Adanya gaya gravitasi yang akan membuat bayi anda semakin jatuh ke dalam rahim anda yang bagian lebih bawah dan ini akan mampu memperlancar dan juga mempercepat terjadinya proses persalinan anda. sehingga yang perlu anda perhatikan adalah untuk berjalan – jalan atau dengan melakukan aktivitas lainnya ketika usai proses kehamilan anda yang sudah mencapai waktu yang cukup matang.

Jangan lupa untuk banyak – banyak berdoa, dan selalu meminta dukungan kepada pasangan anda atau keluarga anda dalam mempersiapkan diri anda di hari persalinan nantinya. Selamat menempuh persalinan dengan proses yang normal dan menyenangkan.


EmoticonEmoticon