Minggu, 13 Mei 2018

Tips Alami Merawat Rambut dengan Kembang Sepatu

tips alami merawat rambut dengan kembang sepatu
Apakah diantara anda ada yang merasa khawatir akan kehilangan kemilau dan juga rambut anda yang bersinar ? Atau anda merasa takut apabila rambut anda terlalu tipis dengan usia anda yang masih tergolong muda? Oleh karena itu perlu anda mulai untuk memanfaatkan bunga kembang sepatu untuk mengatasi pada rambut anda.

Kembang sepatu ternyata mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Bunga yang berasal dari Asia Timur ini bisa dimanfaatkan sebagai teh herbal, selain itu kelopak bunga hibiscus ini pun bisa disantap. Anda mungkin sebelumnya tidak pernah terfikirkan atau menyadari bahwa bunga kembang sepatu ternyata merupakan salah satu dari tumbuhan herbal yang paling dikenal untuk perawatan rambut anda.

Bahkan bunga kembang sepatu sudah dikenal mampu menumbuhkan rambut yang dalam kondisi botak atau mengalami kerontokan. Dengan memanfaatkan bunga kembang sepatu dirasa sangat efisien dalam menghentikan dan mengatasi rambut anda yang rontok, mendukung pertumbuhan rambut anda, mencegah rambut yang beruban prematur atau juga mampu memberikan gizi yang cukup untuk rambut indah anda. Dengan penjelasan di atas menarik bukan ? Sehingga langkah selanjutnya adalah bagaimana anda dapat menyertakan kembang sepatu untuk perawatan rambut anda, sebaiknya anda baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Bunga kembang sepatu atau Hibiscus rosa – sinensis memiliki beberapa manfaat dan khasiat yang dirasa ampuh  dan dapat anda gunakan untuk mengatasi terjadinya kerontokan pada bagian rambut anda. Adanya getah pada bunga kembang sepatu memiliki keunggulan seperti halnya dengan urang aring yang dapat anda gunakan untuk menebalkan atau memberikan efek penambahan volume rambut, sehingga yang terjadi rambut anda menjadi lebih terlihat berisi dari sebelumnya. Bukan hanya itu saja, ternyata bunga kembang sepatu juga dapat anda gunakan untuk membuat rambut anda menjadi lebih hitam berkilau. Penggunaan dari bunga kembang sepatu bukan hanya populer dan terkenal di daerah – daerah tropis untuk merawat rambut agar terlihat lebih sehat dan indah, namun juga terkenal pada daerah – daerah Barat.

Getah dari bunga kembang sepatu juga dapat digunakan sebagai cara untuk melebatkan rambut secara alami dan tidak menimbulkan efek samping, karena bahan yang digunakan memang bahan alami dan mampu meresap ke bagian pori – pori kulit anda sehingga mampu merangsang hormon pertumbuhan rambut untuk tumbuh lebih banyak dan lebat dari kondisi sebelumnya.

Tips Alami Merawat Rambut dengan Kembang Sepatu

Tak hanya lezat disantap atau dijadikan penghias kebun, kembang sepatu pun bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Bunga ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Kelopak kembang sepatu yang berwarna merah pun bisa digunakan untuk mewarnai rambut. Berikut ini adalah manfaat kembang sepatu untuk perawatan rambut.

  • Hair Mask

Nutrisi dari kelopak kembang sepatu yang dijadikan masker rambut dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala, sehingga dapat mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu efek anti penuaan dini pada kembang sepatu juga dimanfaatkan untuk menghitamkan kembali rambut yang mulai beruban.

Untuk merawat rambut dengan kembang sepatu, anda tinggal membuat masker rambut dan conditioner dari kelopak dan daun bunga sepatu. Caranya, dengan mencampurkan kelopak kembang sepatu dan beberapa lembar daun kembang sepatu yang sudah dihaluskan dengan sedikit air. Setelah itu gunakan untuk masker di kulit kepala.

  • Hair Coloring

Untuk melakukan pewarnaan rambut, anda tidak perlu pergi ke salon, karena pewarnaan rambut dapat dilakukan sendiri dengan bahan alami yaitu kelopak bunga hibicus merah. Bahan-bahan untuk membuat pewarna rambut dengan warna merah gelap adalah segenggam kelopak kembang sepatu merah dan segenggam kelopak mawar merah. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan ke rambut seperti ramuan-ramuan sebelumnya. Untuk campuran pewarna ini, semakin lama Anda mendiamkannya sebelum dibilas, akan semakin maksimal hasilnya. Ulangi proses tersebut 2 sampai 3 kali seminggu agar warna merah yang didapatkan lebih bagus. Tak hanya memberikan warna merah yang alami, campuran ini juga bisa memberikan kilau yang cantik pada rambut.

  • Conditioner

Resep conditioner alami dari kembang sepatu yang disarankan oleh situs Boldsky yaitu dengan cara menumbuk 5 tangkai kembang sepatu lalu tambahkan 2 sdm madu. Anda juga dapat menambahkan 2 sdm santan untuk merevitalisasi rambut secara alami.

  • Shampoo

Menggunakan shampo alami dari kembang sepatu juga bisa membuat rambutmu semakin tebal dan kuat. Caranya, rebus 15 lembar daun dan kelopak bunga sepatu dalam satu gelas air selama 15 menit. Setelah mendingin, tumbuk hingga halus. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut.

  • Minyak Rambut

Bunga kembang sepatu ternyata juga bermanfaat untuk rambut anda yaitu untuk digunakan sebagai minyak rambut. Cara yang dapat anda lakukan juga cukup mudah, dimana anda perlu mengambil 8 atau 9 helai kembang sepatu dan juga pada bagian daunnya. Sebelumnya anda perlu untuk mencucinya dan digiling bersamaan. Kemudian, yang perlu anda lakukan yaitu merebus secangkir minyak kelapa dengan menggunakan panci dan juga tambahkan pasta kembang sepatu yang sudah anda haluskan sebelumnya. Gunakan minyak tersebut untuk memijat – mijat rambut anda dan kulit kepala anda. namun jangan langsung dibilas, diakan terlebih dahulu setidaknya 30 menit setelah anda menggunakannya. Sehingga dengan anda mecoba hal demikian, anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi apabila anda mendiamkannya selama satu malam. Untuk pagi harinya anda tinggal membilas dan mencuci dengan menggunakan shampo.

Anda mungkin juga menginginkan untuk memilih shampo dari bunga kembang sepatu. Dimana minyak bunga kembang sepatu memang sudah dikenal untuk meremajakan kulit kepala, melancarkan sirkulasi dari darah dan juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut anda. Apabila anda ingin menggunakan secara berulang, anda dapat menyimpan minyak kembang sepatu tersebut ke dalam suatu wadah dan anda gunakan secara teratur, sehingga anda akan mendapatkan rambut anda yang lebih lebut dan tentunya lebih sehat lagi.

  • Anti Ketombe

Bunga kembang sepatu juga berkhasiat untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut anda. Untuk membuat ramuan anti ketombe dari buang kembang sepatu tinggal anda grind atau blender segenggam daun kembang sepatu, kemudian tambahkan setengah perasan air lemon dan anda dapat menerapkannya pada bagian rambut anda yang sedang mengalami ketombean. Sehingga dengan anda menggunakan bahan alami ini secara menyeluruh ke bagian rambut anda maka rambut anda akan terlindungi dari ketombe.

Bunga kembang sepatu atau hibiscus, umumnya mampu tumbuh di kebun depan rumah atau belakang rumah anda dan ternyata tumbuhan tersebut merupakan cara yang indah untuk menjadikan rambut anda semakin sehat. Jadi, mengapa anda tidak menggunakan bunga tersebut untuk menjaga rambut anda semakin lebih sehat dan berkilau? Terutama bagi anda yang memiliki permasalahan dan mempersiapkan minyak rambut yang sehat, atau kondisioner dan menambah nutrisi untuk rambut anda, maka kembang sepatu harus anda masukkan ke dalam daftar rutinitas perawatan rambut anda.


EmoticonEmoticon