Jumat, 04 Mei 2018

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Kota Surabaya

rekomendasi wisata kuliner khas kota Surabaya
Salah satu kota besar yang terdapat di Indonesia adalah kota Surabaya sekaligus menjadi pusat pemerintahan Jawa Timur. Kota Surabaya sendiri memiliki banyak sekali keistimewaan bila dibandingkan dengan kota – kota lainnya yang berada di Indonesia. Bahkan saat ini Surabaya tumbuh menjadi sebuah kota industri yang maju dengan perkembangan sangat pesat.

Selain kota Surabaya terkenal dengan indutri yang berkembang sangat pesat, bahkan semakin hari kota Surabaya bertambah lebih baik dari beberapa segi. Bukan hanya itu saja ternyata kota Surabaya juga terkenal dengan kuliner khas di Surabaya yang banyak diburu oleh para pengunjung luar Surabaya bahkan penduduk Surabaya asli sekalipun. Banyak sekali tempat – tempat kuliner yang terdapat di Surabaya dan harus anda coba apabila anda berkunjung ke kota Pahlawan ini.

Wisata kuliner yang ada di Surabaya memang dikenal memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan daerah – daearah lainnya, mulai dari kuliner yang dijajakan pada siang hari bahkan juga kuliner yang dijajakan pada malam hari sekalipun menjadi tempat favorit bagi para pelanggannya ketika berkunjung ke Surabaya. Pada kesempatakan kali ini, akan membahas mengenai tempat – tempat kuliner yang khas Surabaya dan menjadi rekomendasai anda ketika berkunjung ke kota metropolis ke – 2 di Indonesia ini. Bahkan kota Surabaya seolah – olah tidak pernah tidur, dalam waktu 24 jam selalu ada saja aktivitas yang terjadi di kota ini baik itu mereka yang memang bekerja shift malam atau hanya sekedar untuk menghabiskan waktu mereka dengan cara jalan – jalan dan menikmati malam dengan makan di tempat makan.

Ada beberapa tempat – tempat atau wisata kuliner di Surabaya yang memang khas dan populer. Populer sendiri tidak harus identik dengan tempat – tempat yang mewah dan menu makanan yang dijual serba mahal. Akan tetapi, lebih pada karakteristik dan keunikan dari menu – menu makan yang disajikan pada tempat makan tersebut.

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Kota Surabaya


  • Sate Lisidu

Tempat wisata kuliner yang terdapat di kota Surabaya pertama dibahas adalah sate lisidu. Sate legendari asli dari Surabaya ini benar – benar unik, mulai dari bentuk satenya yang pipih sehingga akan menjadikan bumbu yang diberikan lebih mudah meresap. Selain itu juga karena proses pengipasannya mulai dari bahwa hingga atas sehingga sate lisidu ini tersaji secara bersih bahkan tidak ada arang – arang yang menempel dalam setiap tusukan sate tersebut.

Ditambah lagi anda juga dapat memilih bagian dagingnya mulai dari bagian paha, dada, kulit atau jeroan ayam. Dan yang peling membuat ketagihan dan ngengenin dari sate ayam lisidu ini terletak pada bumbu kacangnya. Dimana bumbu kacang dari sate ini dibuat dari kacang khas Tuban yang disangrai dengan cita rasa manis dan lembut. Paling enak lagi apabila anda datang di rumah makan ini rame – rame bersama dengan keluarga besar anda. Meskipun anda disambi dengan bercengkerama dengan saudara atau rekan anda, namun uniknya sate ayam lisidu ini masih tetap hangat karena memang penjual menyediakan anglo untuk memangggang sate di masing – masing meja. Apabila anda hendak berkunjung ke Surabaya janga lupa untuk mampir di Sate Ayam Lisidu yang bertempat di Jalan Kutai No. 53 – C, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya.

  • Zangrandi Ice Cream

Memang di kota Surabaya cuaca yang sering anda temui adalah sangat panas, sehingga ketika cuaca siang hari yang panas dan terik sangat cocpk bahkan wajib bagi anda untuk mengunjungi wisata kuliner khas Surabaya yang satu ini. Zangrandi Ise Cream merupakan salah satu pelopor tempat ice cream yang terdapat di kota Surabaya. Karena memang wisata kuliner khas Surabaya ini sudah berdiri sejak tahun 1933 dengan nuansa bangunan Eropa. Tentunya dengan desain arsitektur yang unik seperti demikian akan menjadi pengalaman sendiri apabila anda berkunjung ke Zangrandi Ice Cream ini. Menu yang populer dan telah menjadi menu favorit di kalangan wisata kuliner Surabaya Zangrandi Ice Cream ini adalah menu Noodle Ice Cream.

  • Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Memang sate yang ada di kuliner khas Surabaya yakni sate klopo ondomohen Ny. Asih ini sangat unik. Dimana keunikan tersebut terletak pada penyajian sate yang ada di tempat tersebut tidak sama dengan penyajian sate yang ada di tempat – tempat lain. Pada sate klopo ondomohen Ny. Asih ini untuk sate nya ditaburi dengan menggunakan parutan kelapa pada saat pengolahannya. Anda juga bisa untuk memilih bahan dari satenya misalnya saja anda memilih daging udang, sumsum, daging sapi atau juga daging ayam yang tentunya akan dicampur ke dalam saos kacang yang khas. Apabila anda tertarik dengan sate yang telah dihadirkan oleh Sate Klopo Ondomoneh Ny. Asih ini adna dapat langsung mendatanginya ke jalan Walikota Mustajab 36, Surabaya.

  • Soto Lamongan Cak Har

Tempat kuliner lain yang juga menjadi rekomendasi wisata khuliner khas dari Surabaya adalah soto Lamongan Cak Har. Meskipun soto dari Lamongan namun soto ini sudah menjadi pilihan menu makanan bagi para pengunjung yang hendak berkunjung ke kota pahlawan ini. Menu andalan dari Surabaya salah satunya adalah soto lamongan, sehingga dnegan demikian akan sesuai nama dari tempat kuliner Surabaya yang satu ini yaitu Soto Lamongan Cak Har. Uniknya dari soto lamongan ini yang disajikan di Kota Surabaya adalah sajian sotonya dengan kuah soto yang bersantan dan tentunya akan memiliki rasa yang lebih gurih dan kental.

Selain itu, anda juga akan diberikan banyak pilihan mulai dari ceker ayam, daging ayam, jeroan ayam bahkan brutu sekalipun. Semua pilihan tersebut dapat anda pilih dan dapatkan dalam kuliner Surabaya Soto Lamongan Cak Har ini. Apabila anda tidak bisa membendung lagi rasa penasaran anda, silahkan untuk datang dan menikmati kenikmatan soto Lamongan Cak Har yang teradapat di jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

  • Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Kuliner Surabaya yang murah meriah dan banyak diburu oleh para masyarakat Surabaya atau juga para wisatawan yaitu salah satu tempat kuliner di Surabaya yang bernama Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Dimana masakan khas Surabaya ini tentu saja jenis rujak yang di dalamnya terdapat campuran daging cingur atau hidung sapi yang terkenal memiliki rasa yang khas dan unik. Tentu saja berdasarkan dari pengalaman rujak cingur Ahmad jaiz ini membuat rujak dan juga cingur akan terasa lebih enak dan nikmat, selain itu juga kenyal dan teksturnya yang empuk. Rasa khas yang terdapat dari rujak cingur ini yaitu karena hasil ulekan bumbu kacang yang diolah langsung oleh sang pemiliki rujak cingur Ahmad Jaiz yaitu Nyonya Giok Tjoe.


EmoticonEmoticon