Kamis, 10 Mei 2018

Pantangan Makanan bagi Penderita Kista Ovarium

pantangan makanan bagi penderita kista ovarium
Penyakit kista, anda tentunya tidak asing dengan nama penyakit ini. Sampai saat ini, sudah banyak wanita yang telah dinyatakn positif mengidap kista, terutama pada bagian rahim yaitu biasa disebut kista ovarium. Kista ovarium ini dapat terbentuk kapan saja, pada masa pubertas sampai menopause, dan bisa juga selama masa kehamilan.

Bagi beberapa wanita tentunya akan merasa khawatir dengan tumbuhnya kantung yang di dalamnya berisi cairan dalam ovarium para perempuan atau sering disebut dengan kista ovarium. Salah satu yang sangat mengkhawatirkan yaitu dengan perkembangan kista ovarium sehingga akan mengakibatkan terjadinya gangguan kesuburan sehingga yang terjadi adalah akan merasa sulit untuk hamil. Meskipun penyakit kista pada dasarnya dapat disembuhkan dengan sendirinya, namun akan tetapi pasti ada rasa tidak nyaman bagi para wanita yang menderita kista tentunya akan sering mengalami keluhan misalnya nyeri pada bagian perut, terjadinya pendarahan ketika menstruasi yang sangat berat.

Meskipun penyakit kista merupakan penyakit yang menurun atau degeneratif, sehingga apabila orang tua atau nenek anda mengalami kista pada bagian rahim maka kemungkinan besar salah satu keturunannya akan mengalami hal yang serupa karena membawa sifat kista. Tidak menutup kemungkinan juga anda dapat mengembangkannya, sehingga dengan hal demikian sebaiknya anda harus menjaga gaya hidup anda yang lebih sehat termasuk juga dalam mengkonsumsi makan – makanan sehingga anda dapat terhindar dari tumbuhnya kista pada rahim anda. begitu pula bagi anda yang pernah mengalami penyakit kista, perlu juga anda untuk tetap menjaga asupan makanan yang sehat sehingga kista yang pernah tumbuh di rahim anda tidak akan datang kembali untuk berkembang di tubuh anda.

Kista ovarium termasuk tumor jinak berbentuk seperti benjolan yang berisi cairan pada indung telur. Kista ovarium memiliki dua kategori utama, yaitu kista fungsional dan kista abnormal. Kista fungsional muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi, kista yang paling umum terjadi ini dapat hilang sendiri dalam waktu 6-8 minggu dan tidak berbahaya. Sedangkan kista abnormal mengandung sel abnormal, yang sebagian kecil kasus mempunyai sel abnormal yang bersifat kanker. Kista abnormal ini umumnya harus dioperasi.

Pantangan Makanan bagi Penderita Kista Ovarium

Dengan melakukan operasi merupakan salah satu tindakan dari medis yang kerap diambil oleh para dokter apabila kista yang berada di dalam rahim anda semakin hari semakin membesar atau terindikasi mampu berkembang lebih ganas dan menjadi tumor atau bahkan kanker rahim. Namun selain dihadapkan dengan adanya resiko atau berupa efek samping dari operasi, hal yang tidak kalah penting yaitu dengan selalu memperhatikan setelah usai proses penyembuhan pasca melakukan operasi.

Penyakit kista bisa jadi merupakan penyakit keturunan atau degeneratif, sehingga apabila orang tua ataupun nenek mengalami penyakit kista ovarium maka sudah dipastikan salah satu keturunannya membawa sifat penyakit kista. Tidak menutup kemungkinan anda dapat mengembangkannya dengan munculnya kista baru, sehingga sebaiknya anda menjaga gaya hidup sehat, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan sehingga terhindar dari penyakit kista. Begitu pula bagi anda yang pernah mengalami kista ovarium, menjaga asupan makanan yang sehat sangat penting agar kista tidak kembali berkembang di tubuh anda. Berikut ini kami bagikan pantangan bagi anda penderita kista ovarium.

  • Menghindari Sayuran Tauge, Sawi Putih, dan Kangkung

Sayuran tauge merupakan pantangan makanan penderita kista karena akan mendorong pertumbuhan sel, dikhawatirkan akan mengembangkan penyakit kista. Selain itu sayuran seperti sawi putih dan kangkung dikarenakan kurang baik dalam penyerapan obat obat kista yang sedang anda konsumsi. Sawi putih dan kangkung akan mengurangi efektivitas kerja obat. Bagi anda yang telah divonis menderita kista ovarium, kurangilah mengkonsumsi cabai karena akan menurunkan jumlah oksigen di dalam tubuh anda.

  • Hindari Buah durian, nangka, dan nanas

Pada dasarnya buah buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan, akan tetapi untuk kondisi kesehatan seperti penderita kista atau penyembuhan dari penyakit kista sebaiknya menghindari buah-buahan seperti nangka dan lengkeng. Nangka dan lengkeng mengandung zat yang dapat berpotensi mengembangkan sel kanker. Sedangkan buah buahan seperti durian, nanas, duku dan juga anggur tidak disarankan dalam jumlah banyak dikonsumsi oleh penderita kista, karena mengandung alkohol yang dapat mengembangkan ke sel kanker dan tumor jinak. Selain itu menurut metode pengobatan tradisional cina, buah-buahan ini bersifat panas, sehingga kurang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam masa penyembuhan ataupun pengobatan.

  • Minuman beralkohol dan bersoda

Pada dasarnya minuman beralkohol jika diminum secara berlebihan pastinya akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menderita kista atau pernah menderita kista. Begitu pula dengan minuman bersoda yang akan membuat penderita kista semakin parah.

  • Kurangi Daging Unggas

Selama menjalani pengobatan kista anda sebaiknya mengurangi atau tidak sama sekali mengkonsumsi daging. Hal ini dikarenakan daging berasal dari hewan ternak yang menggunakan obat-obatan kimia yang disuntikan pada unggas sehingga bobot unggas menjadi meningkat. Hormon yang disuntikan pada unggas yang mempunyai pengaruh yang buruk untuk kesehatan manusia.

  • Kurangi Mengkonsumsi Seafood

Mengurangi konsumsi seafood sangat dianjurkan, karena seafood mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sebisa mungkin mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Oleh sebab itu sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan laut secara berlebihan karena tidak baik untuk anda yang sedang menderita penyakit kista.

  • Hindari Makanan yang Diawetkan

Makanan kaleng, snack, mie instan, makanan cepat saji dan produk olahan lainnya sebaiknya dihindari. Karena jenis makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang akan membuat subur kista yang ada di tubuh kita. Hal ini dikarenakan zat pengawet merupakan makanan dari sel kanker dan tumor jinak. Selain itu juga kurangi penggunaan penyedap rasa seperti micin. Sehingga sebaiknya bagi anda yang menderita penyakit kista atau pernah mengalami penyakit kista sebaiknya untuk menghindari makanan yang kondisinya diawetkan seperti mie instan yang tentunya sudah tidak familiar dalam keseharian anda, dan juga ikan asin. Makanan yang mengalami pengawetan akan mengandung kandungan senyawa kimia yang tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh anda terutama anda yang menderita atau memiliki keturunan penyakit kista.

Oleh karena itu, bagi anda yang telah divonis mengalami penyakit kista anda tidak perlu bersedih hati secara terus menerus, karena penyakit ini masih dapat diobati. Selain itu anda juga harus lebih menjaga kesehatan  anda terutama adalah dalam hal gaya hidup anda yang sehat. Coba untuk anda perbanyak mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran yang banyak mengandung antioksidan yang tinggi dan juga tentunya anda harus banyak – banyak minum air putih. Jangan lupa pula untuk melakukan pemeriksaan dan mengecek kesehatan tubuh anda ke dokter sehingga anda dapat mengetahui mengenai perkembangan pertumbuhan kista yang berada di dalam rahim anda.


EmoticonEmoticon