Minggu, 13 Mei 2018

Manfaat Masker Kentang dan Cara Membuatnya

manfaat masker kentang dan cara membuatnya
Siapa yang tidak mengenal salah satu dari jenis sayuran satu ini. Yap, kentang sangat sering kita jumpai atau anda gunakan sebagai bahan masakan seperti soup, tumis atau juga perkedel. Nah, pada artikel ini tidak akan diabahas mengenai cara membuat masakan dengan bahan dasar kentang, namun lebih mengenai manfaat kentang untuk kecantikan pada kulit dan tubuh anda.

Tentu saja anda juga sering mendengar mengenai masker untuk wajah yang bahannya terbuat dari kentang. Masker kentang merupakan salah satu diantara banyaknya masker alami yang sangatn bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan anda. Adanya berupa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh sayur kentang sejatinya memiliki manfaat yang sanat banyak untuk kulit anda. Ada beberapa mineral penting yang terkandung di dalamnya misalnya adalah kalium, fosfor, alkali, sulfur dan juga vitamin C yang tentunya sangat diperlukan tubuh dan kulit anda untuk mengganti sel – sel kulit yang telah mati. Sebagain juga ternyata juga bermanfaat untuk merangsang dari kolagen serta elastin yang sangat penting untuk mengencangkan kulit wajah anda.

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang berupa umbi-umbian. Kentang mengandung banyak vitamin yang beranfaat bagi tubuh kita. Kentang mempunyai vitamin yang terdapat pada kentang diantaranya A, C, K yang memiliki kalium dan sodium serta memiliki kandungan mineral. Selain digunakan sebagai bahan makanan kentang juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Kentang yang digunakan untuk perawatan wajah mempunyai banyak manfaat. Diantaranya mencegah kulit keriput, membersihkan bekas jerawat, dapat mengatasi kulit kering dan memutihkan wajah. Cara untuk merawat wajah menggunakan kentang merupakan cara yang alami tanpa bahan kimia lainnya yang dapat membuat kulit kita lebih terjaga dari bahan kimia. Cara membuat masker kentang sendiri sangat mudah tanpa memerlukan banyak alat.

Cara Membuat Masker Kentang

Pembuatan masker kentang sebenarnya sangatlah mudah. Dimana pada dasarnya kentang yang anda miliki hanya perlu dihancurkan hingga lembut dan dapat anda tambahkan dengan bahan – bahan lainnya agar hasilnya lebih efektif lagi. Ada beberapa bahan yang dapat anda gunakan sebagai kombinasi dan juga tergolong sebagai bahan yang sangat mudah sekali anda temukan disekitar anda. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencampurkan masker kentang dengan menambahkan bahan bermanfaat lainnya tentunya tetap memperhatikan takaran penggunaan.

  • Membuat Masker Kentang dan Putih Telur

Masker kentang dan juga putih telur merupakan dua bahan tradisional yang sangat kaya akan manfaat. Dengan anda gunakan kedua bahan alami ini dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan juga komedo pada wajah anda. Adanya kandungan antibakteri yang terdapat pada putih telur akan menjadikan kulit anda terbebas dari namanya bakteri yang mampu menimbulkan jerawat pada wajah anda.

Cara yang anda lakukan juga sangat mudah. Tinggal anda sediakan kentang dengan ukuran yang sedang, kupas lalu cuci terlebih dahulu. Kemudian hancurkan kentang tersebut dan blender atau parut hingga halus. Campurkan parutan dari kentang dengan satu butir telur kampung dan anda ambil putih telurnya saja. Setelah itu oleskan ke seluruh bagian wajah anda sebagai masker dan diamkan hingga 30 menit baru anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

  • Masker Kentang dengan Minyak Zaitun

Masker kentang yang ditambah dengan menggunakan minyak zaitun dirasa sangat cocok untuk anda gunakan terutama bagi orang yang baru saja dirias dengan make up yang tebal. Adanya kandungan vitamin E dan juga mineral essens di dalam minyak zaitun sangat baik untuk mengatasi terjadinya pencegahan penuaan dini. Selain itu juga ada senyawa alkali di dalam sayur kentang sehingga apabila anda menggunakan make up akan tahan lebih lama dan lebih menempel.

Bahan dan cara yang dapat anda lakukan sebagai berikut, sama halnya dengan membuat masker kentang dicampur menggunakan putih telur, namun pada masker ini anda tambahkan dengan menggunakan minyak zaitun hingga berbentuk seperti pasta. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebelum anda mengoleskan maskker kentang tersebut, pastikan wajah anda harus dibersihkan terlebih dahulu untuk mengoptimalkan dari kerja minyak zaitun. Diakan terlebih dahulu kurang lebih selama sat jam hingga masker tersebut mengeras pada wajah anda, dan setelah mengeras anda dapat membilasnya menggunakan handuk yang dibalut dengan air hangat.

  • Masker Kentang dengan Madu

Adanya kandungan yang sangat banyak dari sayur kentang ternyata dapat anda padu – padankan dengan menambahkan madu dan dirasa sangat efektif untuk mengurangi kelembaban kulit anda. Terutama bagi anda yang memiliki kulit wajah kering dan kusam, masker kentang yang anda kombinasikan dengan madu mampu membantu untuk mengangkat sel kulit mati anda.

Cara yang anda lakukan hampir sama dengan masker kentang yang dikombinasikan dengan bahan – bahan lainnya. Tinggal anda tambahkan parutan kentang dengan 2 hingga 3 sendok makan madu dan anda dapat gunakan untuk masker ke bagain wajah anda.

Manfaat Masker Kentang untuk Kecantikan Kulit

Dengan cara diatas kita juga akan memperoleh manfaat dari menggunakan masker kentang, diantanya:

  • Kentang dapat menghilangkan lingkaran hitam pada mata secara alami, dengan cara kita kupaslah kentang dan irislah kentang hingga membentuk lingkaran. Letakkan potongan kentang pada mata anda selama 15-20 menit saja. Setelah itu, bilas wajah dengan air yang hangat.
  • Dapat mengurangi keriput. Masker kentang mempunyai zat anti penuaan dini yang efektif dan bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah kulit keriput. Jika anda ingin menggunakan masker dengan teratur, maka kulit anda akan lebih lembut dan bercahaya.
  • Dapat mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah kita. Apabila kita mempunyai bintik hitam pada wajah, sehingga kita dapat memblender kentang dan mengoleskan pada wajah sambil memiijatnya dengan lembut. Kemudian biarkan saja kurang lebih lima menit, kemudian kita bilas wajah kita dengan air yang bersih.
  • Dapat menghilangkan luka bakar yang diakibatkan oleh sinar matahari. Sehingga yang perlu kita lakukan adalah dengan memotong kentang yang dingin dan meletakkan irisan tersebut pada luka bakarnya. Hal ini akan memberikan sensasi yang segar dapat menenangkan kita.
  • Dapat memutihkan kulit wajah. Dengan cara parut kentang dan mengoleskan parutan kentang pada wajah. Kemudian setelah 30 menit, bilas wajah kita. Jika anda menggunakan masker kentang secara teratur maka kulit wajah akan terasa lebih putih, cerah dan alami.
  • Jika anda memiliki kulit kering, anda juga dapat menggunakan masker yang terbuat dari hasil parutan kentang. Untuk penggunaannya cukup oleskan masker pada wajah kurang lebih selama 20 menit, kemudian dibilas. Masker kentang ini akan membantu dalam melembabkan kulit dan juga dapat mengurangi garis halus pada wajah anda.
  • Masker yang terbuat dari kentang juga sangat baik dalam mengangkat sel-sel kulit yang telah mati pada wajah. Cukup menggunakan masker selama 10 menit saja setiap hari. Dengan penggunaan secara teratur, akan membantu meremajakan kulit.
  • Dapat juga mengobati mata bengkak. Untuk menghilangkan bengkak di sekitar mata, gunakan parutan mentimun dan kentang yang telah dihaluskan dan dicampurkan, lalu oleskan disekitar mata kita. Kandungan mentimun dan kentang dapat menghilangkan bengkak pada mata.


EmoticonEmoticon