Sabtu, 12 Mei 2018

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh

manfaat mandi air hangat bagi tubuh
Rasa lelah atau penat memang sering anda alami dalam setiap kegiatan atau aktivitas rutin anda setiap harinya. Keputusan yang anda pilih untuk langsung beristirahat di tempat tidur dengan harapan dapat tidur dengan nyeyak ternyata bukan pilihan yang tetap untuk menghilangkan rasa lelah dan penat anda.

Ketika anda setalah melakukan beraktivitas tertentu dan setelah seharian anda beraktivitas di tempat umum mau tidak mau anda harus menjadi kotor, berkeringat dan mungkin pakaian atau badan anda berbau, meskipun kadang anda beraktivitas kebanyakan di dalam kantor yang ruangan terrtutup atau ber AC. Pada saat anda memutusakan untuk langsung tidur setelah anda beraktivitas, maka yang terjadi justru kotoran – kotoran yang masih menempel dalam tubuh anda akan menjadikan tidur anda akan terasa tidak nyaman. Lantas apa solusinya ketika anda mengalami hal demikian?

Sehingga ketika anda sedang mengalami hal yang demikian, solusi yang tepat untuk anda lakukan yaitu dengan membersihkan kotoran – kotoran yang menempel pada wajah dan tubuh anda hanya dengan mandi. Namun akan tetapi anda sering sekali anda merasa malas untuk mandi terutama ketika udara atau air sedang dingin. Pada saat – saat yang demikian, mandi dengan menggunakan air hangat menjadi salah satu solusi agar anda tetap mandi dan menjadi suatu pilihan yang tepat. Bukan hanya dapat membersihkan tubuh anda dari kotoran – kotoran yang menempel, debu atau keringat yang masih menempel dalam tubuh anda, mandi dengan menggunakan air hangat ternyata banyak sekali mengandung manfaat terutama bagi kesehatan tubuh anda.

Mandi atau hanya sekedar berendam dengan menggunakan air hangat memang akan memberikan rasa yang nyaman bagi tubuh anda. Terutama ketika malah hari selepas anda beraktivitas atau ketika pagi hari yang dingin ketika anda bangun tidur. Mandi atau berendam dengan air hangat memang dipercaya juga dapat membantu anda untuk meredakan rasa nyeri, gatal dan juga sakit di area sekitar panggul atau organ intim anda.

Ketika anda sedang merasakan bagian perut atau panggul anda sedang sakit, sebagian orang akan mencoba untuk mengompres bagian rasa sakit anda tersebut dengan mengopres menggunakan air hangat. Selain anda dapat menggunakan kompres air hangat, anda juga dapat mencoba untuk mandi atau berendam menggunakan air hangat. Hal ini karena memang ketika anda mandi dengan mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Bukan hanya menjadikan tubuh anda lebih relax, ternyata dalam suatu penelitian telah menunjukkan bahwa mandi atau berendam dengan air hangat memiliki manfaat yang sama dengan ketika anda melakukan olahraga. Oleh karena itu, dengan hal ini dapat membuat salah satu dari solusi bagi anda yang bukan hanya malas, namun juga memang anda tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga rutin.

Tidak ada suatu standart mengenai suhu air yang ideal untuk anda gunakan mandi atau berendam dengan menggunakan air panas. Tetapi yang perlu anda waspadai adalah ketika kondisi air terlalu panas, karena dapat mengakibatkan terjadinya iritasi dan juga kekeringan kulit serta tidak boleh anda lakukan lebih dari 20 menit. Berikut ini adalah manfaat yang dapat anda dapatkan ketika anda menggunakan air hangat untuk anda jadikan sebagai air mandi atau sekedar untuk berendam.

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh


  • Membuka Pori – Pori Kulit

Ketika anda suka untuk menggunakan krim atau jenis perawatan kulit lainnya, coba anda gunakan alat kecantikan tersebut setelah anda mandi atau berendam dalam air hangat. Adanya penyerapan krim dapat terjadi lebih efisien karena adanya suhu hangat yang di hasilkan dari air hangat tersebut mampu membuat pori – pori kulit anda kan terbuka dan nutrisi dari krim – krim perawatan yang anda gunakan dapat meresap ke dalam kulit anda secara sempurna.

Tidak cukup itu saja, ketika pori – pori kulit anda terbuka maka yang terjadi adalah kotoran kulit dari dalam juga akan ikut terangkat. Begitu pula dengan kulit mati yang akan lebih mudah lagi untuk anda singkirkan. Oleh karena itu, dengan anda berendam ke dalam air hangat coba anda tambahkan sedikit sabun ke dalam bak mandi yang telah diisi air hangat, kemudian gosok secara perlahan tubuh anda secara menyeluruh dengan menggunakan spons yang lebut agar kotoran yang menempel pada tubuh anda perlahan – lahan akan terangkat dengan maksima.

  • Menghilangkan Minyak Kulit yang Berlebihan

Mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat ternyata juga memiliki manfaat yang besar untuk mengangkat minyak yang berlebihan pada kulit anda. Sehingga bukan hanya sekedar menyegarkan tubuh anda, tetapi juga mampu membuat tubuh anda akan bersih secara maksimal.

  • Mengendurkan Otot yang Tegang

Saat anda baru bangun tidur, bisa jadi otot – otot dalam tubuh anda masih dalam keadaan kaku. Sehingga dengan hal tersebut akan mampu memicu terjadinya kram dan mampu mengakibatkan kurang lancarnya sistem peredaran darah dalam tubuh anda. kondisi yang sama juga dapat terjadi setelah anda melakukan aktivitas atau kegiatan – kegiatan sehari – hari, dimana hal tersebut mampu menimbulkan otot tubuh anda akan terasa kaku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dalat mencoba dengan merendam atau mandi dengan menggunakan air hangat dengan suhu mencapai kurang lebih 37 derajat Celcius atau juga dapat anda lakukan dengan menggunakan shower air hangat yang berfungsi sebagai pengganti pijatan – pijatan lembut.

  • Mencegah Insomnia atau Gangguan Tidur

Rasa tidak nyaman ketika anda tidur dapat diakibatkan kerena tubuh anda dalam keadaan yang tidak bersih atau sedang kotor. Selain itu, faktor lain yang juga mempengaruhi adalah adanya gangguan tidur atau sering disebut insomnia. Dimana terjadinya insomnia juga dapat disebabkan karena anda sedang mengalami stress atau ketegangan pada otot – otot tubuh anda. sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, anda tidak perlu untuk mengkonsumsi obat tidur, cukup anda ganti dengan berendam atau mandi menggunakan air hangat selama beberara saat sehingga akan membantu anda untuk menghilangkan penyebab gangguan tersebut dan nantinya tidur anda akan kembali menjadi lebih pulas lagi. Serta ketika anda bangun tidur, tubuh anda akan kembali fit lagi sehingga dapat kembali lagi beraktivitas dengan baik seperti sedia kala.

  • Membantu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Apabila anda sedang mengalami suatu masalah atau gangguan pada kulit anda misalnya seperti gatal – gatal, eksema atau timbulnya ruam pada bagian kulit anda. Coba anda atasi yaitu dengan menggunakan air hangat yang anda jadikan untuk mandi atau berendam yang telah dicampurkan dengan natrium bikarbonat atau baking soda selama kurang lebih 10 hingga 20 menit setiap harinya. Atau anda juga dapat melakukanya menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan belerang. Dimana dalam hal ini, penggunaan tambahan baking soda atau belerang ternyata bertindak sebagai antiseptik yang mampu membantu anda dalam menyembuhkan berbagai jenis gangguan pada kulit tubuh anda.


EmoticonEmoticon