Minggu, 06 Mei 2018

Manfaat Jus Mangga Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

manfaat jus mangga untuk kesehatan dan kebugaran tubuh
Mangga dianggap sebagai salah satu jenis buah yang paling lezat dan juga sehat. Buah yang memiliki kulit kuning, orange atau hijau kemerahan menjadi salah satu keunikan dari buah mangga. Dimana buah jenis tropis ini berasal dari dataran Himalaya, dan telah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di India dan juga di daerah iklim tropis seluruh dunia.

Bukan hanya rasanya yang segar dan juga lezat, segudang dari manfaat jus mangga bagi kesehatan dan juga untuk kebugaran tubuh anda sehingga membuatnya menjadi suatu buah favorityang banyak diburu ketika musim mangga tiba. Mangga sendiri memiliki nama ilmiah Mangifera Indica, yang memiliki arti “pohon yang berbuah mangga dan berasal dari India”. Sebutan dari “mangga” sendiri berasal dari  bahasa Malayam yaitu bahasa resmi yang berasal dari selatan India maanga. Seiring dengan persebaran dari buah mangga yang semakin meluas, maka sebutan itu pun menyesuaikan dengan bahasa untuk setiap negara. Dalam bahasa Portugis sendiri buah mangga memiliki sebutan manga, dan dalam bahasa Ingris dikenal denagn sebutan mango dan masih banyak sebutan – sebutan lainnya.

Buah mangga termasuk ke dalam keluarga tumbuhan berbiji dan juga berkayu yang memiliki tinggi batang kurang lebih di atas 5 meter. Pohon mangga sendiri dapat tumbuh bahkan hingga mencapai tinggi 10 hingga 40 meter dengan lebar batang yang cukup besar karena jenis tumbuhan yang berkambium. Namun, pohon mangga yang dipelihara di sekitar rumah umumnya memiliki tinggi hanya sekitar 4 – 10 meter karena pohon mangga tersebut kebanyakan ditanam dari teknik cangkok. Pohon mangga sendiri banyak sekali ditanam di pekarangan rumah anda karena mampu tumbuh dengan cepat, rimbun, dan juga akarnya tidak mudah merusak tembok atau pondasi rumah anda. bukan hanya itu saja, anda juga dapat memanen buah dari pohon mangga sendiri tentunya menajdi kepuasan anda tersendiri bukan ?

Manfaat Jus Mangga Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Untuk membuat jus mangga sangat lah mudah untuk anda lakukan. Tinggal anda kupas buah mangga yang sudah matang, dan potong – potong berbentu dadu dan tinggal masukkan buah mangga yang sudah anda potong – potong tersebut ke dalam gelas blender. Agar lebih segar lagi, tambahkan potongan es batu untuk menambah kesegarannya. Tunggu hingga proses halus dan sajikan dalam keadaan yang masih segar.

Buah mangga menjadi buah yang terasa sangat segar dan lezat, sehingga banyak orang yang lupa ternayta buah mangga juga mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kebugaran tubuh anda. Hal ini bukan karena alasan, karena buah mangga memang sering dijuluki sebagai rajanya dari buah – buahan. Ada berbagai jenis dan macam dari buah mangga sendiri, selain itu warna dari buah mangga juga bervariasi mulai dari warna hijau, kuning , orange, bahkan berwarnay kemerahan. Adapun warna dan juga jenisnya, berikut ini merupakan manfaat yang dihasilkan apabila anda mengkonsumsi secara rutin jus mangga dan baik untuk kesehatan tubuh anda.

  • Mencegah Kanker

Pada suatu penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah mangga terbukti mampu untuk menurunkan resiko seseorang untuk terkena penyakit kanker. Diantara senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah mangga adalah kuersetin, astragalin, isokuersitrin, fisetin, dan juga asam galat.

Menurut penelitian yang dilakukan dari Harvard School of Public Health, bukan hanya adanya kandungan antioksidan di dalamnya, ternyata di dalam buah mangga juga terdapat kandungan betakaroten yang juga memegang peranan penting untuk mencegah kaker prostat dan mampu memperlambat perkembangan kanker usus besar. Dalam penelitian para ilmuwan Texas Agri Life Research yang bertujuan untuk menguji ekstrak polifenol buah mangga pada penyakit leukimia, kanker usus besar, paru – paru dan juga payudara. Dan hasilnya, buah mangga sendiri menunjukkan hasil yang menggmbirakan pada semua kasus kanker tersebut, dan juga akan berdampak paling efektif yaitu kanker usus besar dan juga payudara.

  • Menurunkan Level Kolesterol

Manfaat lain dari buah mangga yang dijasikan sebagai jus yaitu mampu menurunkan level kolesterol dan juga akan menjaganya agar tidak kembali meningkat. Dalam kolesterol sendiri ada tiga jenis yaitu trigliserida, High Density Lipoprotein (HDL) yang sering dikenal dengan sebutan kolesterol baik, dan juga Low Density Lipoprotein (LDL) yang sering disebut dengan sebutan kolesterol jahat. Dalam buah mangga sendiri memiliki banyak kandungan vitamin C dan juga serat yang mampu membantu untuk menurunkan kadar LDL dalam darah anda. selain itu, buah mangga juga kaya akan potasium (atau dalam beberapa penyebutan sering dikenal dengan kalium) yang merupakan menjadi komponen yang penting bagi sel dan juga cairan tubuh anda untuk mengontrol denyut jantung dan juga tekanan darah.

  • Menyehatkan Rambut dan Kulit

Buah mangga menjadi salah satu nutrisi yang sangat baik untuk rambut dan juga kulit anda karena memang adanya kandungan vitamin A yang sangat kaya. Vitamin A sendiri selain diperlukan dalam tumbuhan sel – sel di seluruh tubuh anda, ternyata juga diperlukan dalam produksi sebum. Dimana sebum sendiri adalah suatu lapisan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di kulit anda. ketika kulit anda memproduksi sebum dalam jumlah yang cukup dan tidak terlalu berlebihan, kulit dan juga rambut anda akan menjadi lebih lembab sehingga rambut akan tampak lembut dan bersinar.

Selain vitamin A, ternyata buah mangga juga banyak mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membentuk dan juga mampu menjaga jaringan kolagen, agar kulit dan juga rambut tidak tampak rapuh dan pecah – pecah. Dengan segelas jus mangga setiap harinya mampu membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh anda setiap harinya khususnya vitamin C. Untuk mempercantik kulit anda, bukan hanya dapat anda jadikan sebagai jus mangga atau dapat anda konsumsi secara langsung. Anda juga dapat mengolahnya menjadi makser, caranya yaitu dengan mengiris buah mangga menjadi potongan – potongan yang tipis. Kemudian letakkan potongan tersebut ke bagian wajah anda kurang lebih selama 10 hingga 15 menit. Dan basuh dengan menggunakan air bersih, dan anda akan merasakan kulit wajah anda akan bersih, segar dan juga terbebas dari jerawat.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sudah menjalankan program diet pasti anda sudah merasakan manfaat dari jus mangga yaitu mampu menurunkan berat badan anda. Adanya kandungan serat dan juga airnya membuat perut anda akan lebih dan cepat merasa kenyang lebih lama lagi. Bukan hanya mampu menurunkan berat badan anda, buah mangga yang dijadikan sebagai jus juga baik untuk proses pencernaan. Kandungan enzim – enzim pada buah mangga dapat membantu untuk memecah protein, sehingga buang air besar pun juga akan lancar dan berat badan anda juga ikut turun.


EmoticonEmoticon