Selasa, 08 Mei 2018

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh
Di balik rupanya yang kurang memikat hati, ternyata buah dan juga daun dari sirsak memiliki banyak sekali manfaat, bahkan bukan hanya buah dan daunnya saja, akarnya pun juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh anda.

Siapa yang tidak mengetahui mengenai buah sirsak? Buah nan lezat ketika dinikmati sebagai jus atau olahan kuah es lainnya memang memiliki cita rasa yang menarik dan membuat lidah anda akan merasakan sensasinya, yaitu rasa asam dan manis. Meskipun bentuknya yang abstrak dengan kulit dan buahnya yang berwarna hijau dan berduri ini, namun tidak sedikit pula yang menyukai buah sirsak. Namun, apakah anda tau mengenai manfaat dari daun yang sering dimanfaatkan sebagai campuran bahan makan hewan ternak tersebut?

Buah sirsak atau dalam bahasa latin disebut dengan Annona Muricata L merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Dimana buah ini termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal yang setiap bagiannya dapat anda manfaatkan sebagai obat. Baik itu mulai dari buah, batang, daun bahkan hingga akarnya dan memiliki khasiat masing – masing yang sangat luar biasa khasiatnya.

Menurut suatu penelitian pada tahun 1965, para ilmuan telah menyatakan bahwa daun sirsak sangat banyak memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit kanker. Karena di dalam daun sirsak sendiri terkandung senyawa proaktif misalnya seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annomuricin, annonacin, anonol, anomurine, gentisic acid, caclourine, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin dan masih banyak kandungan lainnya. Dimana kandungan tersebut cukup berkhasiat bahkan 10.000 kali lipat untuk mengatasi penyakit kanker bila dibandingkan dengan kemoterapi.

Sebenarnya daun sirsak telah digunakan bahkan sejak jaman nenek moyang pada dahulu kala sebagai jenis obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Namun baru – baru ini banyak orang yang telah memperbincangkan mengenai manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu, bagi anda yang penasaran mengenai manfaat dari daun sirsak, silahkan untuk langsung menyimak informasi mengei manfaat dan daun sirsak bagi kesehatan tubuh anda berikut ini :

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh


  • Bermanfaat Untuk Diabetes

Daun yang mengandung Lipid di dalam daun sirsak ternyata mampu menetralkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh anda sehingga akan berubah mendekati normal yaitu 70 – 120 mg. Sehingga sebaiknya bagi anda yang mengidap penyakit diabetes anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi daun sirsak secara rutin. Biasanya daun sirsak tersebut telah diolah dan diekstrak menjadi suatu obat yang herbal, namun apabila anda ingin mengolahnya sendiri maka anda juga cukup mudah melakukannya yaitu dengan merebus air sebanyak kurang lebih tiga gelas, setelah air menjadi hangat masukkan 5 helai daun sirsak yang telah anda cuci hingga bersih. Tunggu hingga air rebusan daun sirsak tersebut menyusut hingga menjadi satu gelas saja dan saring terlebih dahulu baru anda dapat mengkonsumsi air rebusan sirsak tersebut secara rutin setiap hari pagi dan sore hari.

  • Bermanfaat Untuk Kanker

Daun sirsak ternyata juga bermanfaat sebagai senjata ampuh untuk memberantas sel – sel kanker, bahkan yang lebih mengejutkan kemapuhannya diklaim melebihi cepatnya dari efek melakukan kemoterapi. Hal ini memang dikarenakan di dalam daun sirsak terkandung bahan aktif yang mampu melawan dari sel – sel kanker dalam tubuh anda. Cara mengolahnya juga sangat mudah tinggal anda rebus 10 lembar daun sirsak bersamaan dengan tiga gelas air, kemudian biarkan hingga mendidih hingga air menjadi berukuran satu gelas. Saring terlebih dahulu dan dinginkan, kemudian anda dapat meminumnya secara rutin setiap pagi hari.

  • Bermanfaat Untuk Asam Urat

Anda suka mengkonsumsi tempe, namun anda takut penyakit asam urat anda akan kambuh lagi ? Maka sebaiknya anda imbangi dengan cara mengkonsumsi daun sirsak dan anda dapat mengolahnya dengan cara merebus lima lembar daun sirsak. Tunggu hingga mendidih sampai arinya berkurang kira – kira menjadi satu gelas. Dinginkan terlebih dahulu dan anda dapat meminumnya sebanyak tiga kali sehari secara rutin dan setiap hari.

  • Rematik

Daun sirsak memiliki kandungan agen anti radang sehingga dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit rematik. Cara yang mudah untuk anda lakukan yaitu dengan cara menghaluskan daun sirsak tersebut, kemudian anda dapat mengoleskannya ke pada bagian – bagian yang sedang sakit, maka kemungkinan besar rematik yang sedang anda alami akan berkurang. Lakukan secara rutin yaitu dua kali sehari.

  • Sakit Pinggang

Sakit pinggang terkadang diderita oleh para usia yang sudah lanjut atau bagi orang yang memiliki hobi berolahraga. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit pinggang anda menggunakan sakit pinggang anda yaitu dengan merebus 20 lembar daun sirsak ke dalam lima gelas air, dan rebus hingga air tersebut mendidih sampai air tersisa kurang lebih 3 gelas dan konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Selain mampu untuk mengatasi permasalahan mengenai kesehatan tubuh anda, ternyata daun sirsak juga dapat anda manfaatkan untuk menopang kecantikan anda, mulai dari menghilangkan munculnya jerawat, komedo dan juga mampu menjadikan kulit wajah anda akan lebih halus dari sebelumnya. Namun meskipun demikian kecantikan bukan hanya saja berhubungan dengan wajah saja, melainkan juga penampilan yang ada pada diri anda sendiri. Dengan anda mengkonsumsi daun sirsak ternyata juga mampu bermanfaat untuk memperlancar pencernaan anda sehingga tidak ada lagi lemak yang mampu tertimbun dan tubuh anda akan terlihat lebih ideal bila dibandingkan dengan sebelumnya. Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker dan anda dapat menggunakannya pada malam hari ketika anda mau tidur dan diamkan hingga besok pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat lainnya yaitu yang tentunya disukai untuk para wanita, yaitu dapat digunakan untuk pelangsing tubuh anda. metode yang perlu lakukan untuk meracik sama dengan ketika anda ingin mengencangkan kulit tubuh anda, hanya saja cara mengkonsumsi yang berbeda bukan dengan satu satu dua kali dalam setiap minggunya, namun melainkan anda dapat mengkonsumsinya sebanya dua kali salam setiap harinya secara rutin. Bukan hanya sekedar baik untuk kesehatan kulit dan tubuh anda, ternyata daun sirsak juga dapat anda lakukan sebagai salah satu vitamin rambut agar rambut anda menjadi kuat dan juga tidak mudah rontok kembali, serta anda juga akan terbebas dari kutu bersarang pada rambut anda.

Setelah anda mengetahui manfaat yang sangat banyak mengenai daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan tubuh serta kulit anda. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk mencoba beragam resep tersebut untuk mengatasi permasalahan atau keluhan – keluhan pada tubuh anda yang sudah dipaparkan di atas. Lebih baik anda membiasakan untuk hidup sehat dengan menggunakan bahan – bahan alami yang tidak hanya mudah anda dapatkan di sekitar anda, namun tentunya juga murah meriah.


EmoticonEmoticon