Kamis, 10 Mei 2018

Manfaat dan Efek Samping Rebung Untuk Kesehatan

manfaat dan efek samping rebung untuk kesehatan
Tanaman bambu dapat dijumpai dengan mudah di wilayah Asia. Tanaman ini memiliki beragam manfaat yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Salah satu bagian yang dapat dimanfaatkan yakni bambu muda.

Sayur bambu muda atau rebung merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dimanfaatkan di wilayah Asia, khususnya Indonesia. Di Indonesia, sayur rebung biasa dimasak dengan kuah santan, tumis, atau sebagai isian dari camilan khas Kota Semarang yakni lumpia. Rebung bisa menjadi makanan yang lezat dan menggugah selera untuk sebagian orang. Tak susah mencari rebung, karena di saat musim hujan seperti saat ini, sayur rebung sangat mudah ditemukan.

Karena rasanya yang enak, batang bambu muda atau rebung juga kerap dijadikan sebagai salah satu bahan masakan. Dimana rebung sendiri sering diolah dengan cara dipotong tipis – tipis terlebih dahulu kemudian direbus hingga lembut dan matang. Tujuan dari proses perebusan seperti ini yaitu untuk menghasilkan rebung menjadi lunak pada terkstur rebungnya sekaligus juga menghilangkan bau dari bambu muda ini yang kurang sedap.

Ternyata bukan hanya cocok dan enak untuk dikonsumsi, batang bambu muda atau rebung ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anda. Adanya manfaat dari batang bambu muda ini tidak lain adalah karena di dalamnya terkandung zat – zat yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Tanaman rebung memiliki kandungan nutrisi berupa protein, karbohidrat, serat, antioksidan, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan juga sejumlah 12 macam jenis asam amino yang tentunya sangat bermanfaat dan berguna untuk kesehatan tubuh anda.

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Berbicara soal rebung, sayur ini terkenal dengan bau yang cukup unik. Kalau orang Jawa menyebut bau unik ini dengan pesing. Namun tidak hanya baunya, banyak yang mengganggap jika rasa sayur ini juga cukup unik. Tekstur rebung juga cukup berbeda dari sayur pada umumnya. Dibalik rasa, tekstur, bahkan bau yang unik tersebut, rupanya rebung menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut.

  • Menurunkan Kolesterol

Manfaat pertama yang akan dibahas dari sayur rebung ialah dapat menurunkan kolesterol. Sebuah studi menyebutkan jika dengan memakan sayur rebung kadar kolesterol dalam tubuh dapat turun. Ini karena sayur rebung memiliki kandungan rendah lemak, rendah gula, serta rendah kalori. Selain menurunkan kolesterol dalam tubuh, rupanya rebung juga dipercaya bisa menyehatkan jantung.

  • Meningkatkan Imunitas

Sebentar hujan sebentar panas, di musim seperti sekarang ini bakteri dan virus mudah menyebar, menyebabkan imunitas menurun sehingga tubuh jadi mudah sakit. Memperkuat imunitas diperlukan agar tubuh dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa harus terhalangi sakit. Nah ternyata sayur rebung dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh loh. Peneliti menyebutkan jika nutrisi dalam rebung dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Vitamin yang terkandung di dalanya dipercaya dapat memaksimalkan kesehatan.

  • Menyehatkan Pencernaan

Menyehatkan pencernaan menjadi khasiat selanjutnya dari sayur rebung. Mengkonsumsi rebung secara teratur dapat membuat sistem pencernaan menjadi sehat. Menurut para ahli beberapa masalah pencernaan dapat diatasi dengan konsumsi rebung. Salah satu permasalahan yang dapat diatasi ialah cacingan.

  • Melancarkan Siklus Menstruasi

Manfaat selanjutnya ditujukan untuk kaum wanita. Terkadang wanita mengalami siklus menstruasi yang kurang lancar. Beberapa studi mengungkapkan bahwa rebung dapat memperlancar siklus menstruasi. Lagi-lagi nutrisi dalam rebung dapat melancarkan permasalahan wanita yang satu ini. Coba makan sayur rebung jika siklus menstruasi kamu tidak lancar. Selain itu konsumsi rebung juga dapat meringankan nyeri yang sering dialami pada awal-awal masa menstruasi.

  • Melawan Kanker

Manfaat luar biasa dan mengejutkan terakhir dari rebung ialah melawan kanker. Para peneliti dan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa rebung menjadi makanan yang dapat melawan kanker. Bagaimana bisa? Hal ini karena rebung atau bambu muda tumbuh secara alami dan tanpa bahan kimia. Di dalam rebung terdapat kandungan fitosterol seperti amilasi, falvone, dan klorofil. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan rebung sebagai makanan yang tepat untuk melawan risiko kanker.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat dan juga khasiat lain yang anda temukan ketika mengkonsumsi bambu muda atau rebung yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dimana tingginya berupa kandungan kalium yang terdapat di dalam bambu muda tersebut membuat rebung menjadi salah satu pilihan makanan yang mampu dijadikan untuk menurunkan tekanan darah dan juga menjaga agara tekanan darah anda tetap pada kondisi yang normal. Selain itu, mengkonsumsi rebung juga dapat dikaitkan dan dimanfaatkan dengan adanya penurunan depresi, kecemasan, serta penyakit mental lainnya.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata bukan hanya untuk menyembuhkan luka atau penyakit pada tubuh anda, bambu muda atau rebung juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Adanya kandungan  berupa vitamin E di dalam rebung mampu memberikan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan kulit anda. Vitamin E merupakan sejenis antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan berupa efek radikal bebas pada bagian tubuh terutama adalah kerusakan yang terjadi pada bagian tubuh anda. Tidak cukup itu, radikal bebas juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan pada bagian kulit anda. Sehingga cara yang dapat anda lakukan apabila anda ingin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tetap muda, sebaiknya  anda sering – sering untuk mengkonsumsi bambu muda atau rebung untuk menjadi pilihan olahan masakan anda.

  • Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang tinggi yang terdapat di dalam bambu muda atau rebung ternyata bermanfaat untuk menunda penyerapan gula ke dalam darah anda, sehingga akan tetap dapat menjaga kenormalan tingkat gula darah anda setelah makan karena terlalu tingginya gula darah tentunya dapat berbahaya dan juga mempu mengakibatkan resistensi insulin yang akan mengarah pada suatu keadaan yaitu pengembangan diabetes. Oleh karena itu mengkonsumsi rebung sangat dianjurkan untuk para pasien atau penderita gula darah yang tinggi.

Efek Samping Mengkonsumsi Rebung

Apabila anda mengkonsumsi bambu muda atau rebung, cara yang baik adalah dengan merebus secara menyeluruh selama kurang lebih setengah jam dengan menggunakan air garam. Dengan cara demikian akan mampu membantu untuk menghilangkan rasanya yang mentah, membunuh racun, kuman atau bakteri di dalamnya. Memang ada jenis rebung tertentu yang tidak baik dikonsumsi oleh para ibu hamil karena dengan mengkonsumsi sayur rebung jenis tertentu akan mengakibatkan terjadinya keguguran, sehingga sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan anda sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi batang bambu muda atau rebung tersebut.

Itulah manfaat luar biasa dari bambu muda atau rebung untuk kesehatan. Rupanya rebung tidak hanya dapat diolah menjadi beragam masakan nan lezat dan enak. Dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam rebung sekarang tak perlu ragu untuk mengonsumsi sayuran unik ini? Eits tapi jangan lupa selain untuk tetap mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat ya.


EmoticonEmoticon