Senin, 07 Mei 2018

Manfaat Beras Merah Untuk Diet dan Kesehatan

manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan
Banyak diantara orang yang belum mengetahui mandaat dan khasiat dari beras merah yang digunakan untuk diet serta sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Meskipun belum banyak yang mengetahui mengenai manfaatnya, namun sejumlah orang sudah mencoba menggunakan beras merah sebagai salah satu menu atau pengganti nasi putih mereka dalam makanan mereka sehari – hari.

Beras merah memang termasuk dalam jenis makanan pokok yang banyak mengandung karbohidrat di dalamnya. Sama halnya dengan anda mengkonsumsi nasi putih beras merah juga mulai biasa dikonsumsi oleh para orang di Indonesia. Manfaat dari beras merah untuk anda gunakan sebagai menu diet ternyata dinilai lebih baik apabila dibandingkan dengan menggunakan nasi atau beras putih. Meskipun pada umumnya nasi yang berasal dari beras putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda, ternyata mengkonsumsi beras atau nasi putih bagi anda yang berkeinginan melakukan program diet dirasa kurang baik dan kurang tepat.

Meskipun kita sudah mengetahui bahwa beras putih merupakan salah satu sumber amino, vitamin B, serat dan juga yang tidak kalah ketinggalan adalah nasi putih mengandung karbohidrat yang kompleks. Namun ketika anda melakukan program diet, tentunya anda akan disarankan untuk mnegurangi mengkonsumsi karbohidrat terutama olahan makanan yang berasal dari beras atau nasi putih. Ditambah lagi apabila beras yang anda gunakan merupakan beras poles putih dan bukan beras yang diproses dengan menggunakan cara tradisional. Hal ini karena beras yang diproses dengan cara yang tradisional tidak akan terlalu banyak menghilangkan pada lapiran dedak, karena justru lapisan  tersebut banyak mengandung serat dan juga vitamin B yang baik untuk tubuh anda.  Oleh karena itu, bagi anda yang menjalankan program diet, salah satu cara yang menjadi rekomendasi untuk lakukan yaitu dengan mengubah mengkonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan menggunakan beras merah.

Seperti yang telah diketahui oleh banyak masyarakat pada umumnya, beras merah dan beras putih sebenarnya sama saja. Dan mungkin apabila dilihat secara sepintas tidak ada perbedaan yang mencolok kecuali mengenai perbedaan warnanya. Dimana beras putih berwarna putih, dan beras merah memiliki warna yang sedikit agak gelap kecoklatan. Namun ada perbedaan lain apabila anda membeli kedua beras tersebut di pasar atau di toko kelontong. Ternyata beras merah memiliki harga yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan beras putih, karena memang beras merah adalah jenis dari beras yang berasal dari padi yang jarang untuk dibudidayakan. Namun demikian, lantas bagaimana mengenai manfaat dari beras merah yang baik untuk program diet dan kesehatan tubuh anda.

Manfaat Beras Merah Untuk Diet dan Kesehatan

Begitu banyaknya manfaat yang dapat anda peroleh ketika mengkonsumi beras merah ini. Bukan hanya dapat digunakan sebagai pilihan utama untuk program diet anda, namun ternyata beras merah juga bermafaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang berada di dalam darah dan tentunya masih banyak lagi keuntungan yang dapat anda peroleh ketika mengkonsumsi beras merah secara rutin. Untuk itu, sebaiknya kita simak manfaat dari beras merah yang bukan hanya baik untuk anda gunakan diet, namun apa saja manfaat lain yang diperoleh dan berdampak bagi kesehatan tubuh anda.

  • Karbohidrat Kompleks

Manfaat beras merah yang baik untuk digunakan diet bagi kebanyakan orang karena adanya kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya. Memang beras merah merupakan salah satu dari sumber karbohidrat dan sama halnya dengan jenis beras lainnya termasuk pula beras putih. Perbedaan antara beras merah dengan jenis beras lainnya yaitu terletak pada jenis karbohidrat yang di kandungnya. Dimana beras merah, gandum, dan juga oatmeal sama – sama memiliki kandungan berupa karbohdrat yang kompleks dan tentunya sangat diperlukan bagi setiap orang terutama bagi anda yang menginginkan menurunkan berat badan dengan cara yang jauh lebih sehat.

Berbeda dengan jenis karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah, susu, atau cokelat, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi akan lebih lama dicerna oleh sistem percernaan anda. karena memang lamanya proses pencernaan ini yang dapat mengakibatkan adanya peningkatan kadar gula di dalam darah dan terjadi secara berangsur – angsur dan akan bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga anda akan terus merasakan rasa kenyang dan tidak ingin untuk makan terus menerus. Hal inilah yang digunakan sebagai alasan utama mengaoa beras merah menjadi menu yang sangat tepat untuk anda gunakan sebagai menu diet anda setiap hari.

  • Kandungan Serat

Kandungan serat yang terdapat di dalam beras merah ternyata memiliki serat yang tinggi, bahkan hingga mencapai 3.5 gram hanya dalam satu cangkir beras merah saja. Adanya kandungan serat yang tinggi inilah yang mampu menyebabkan banyak dari program diet dewasa sangat dianjurkan untuk menggunakan beras merah bila dibandingkan dengan menggunakan keras putih biasa. Serat yang tinggi pada suatu makanan tentunya menjadi hal yang sangat baik terutama untuk kesehatan pencernaan tubuh anda.

  • Menurunkan Kolesterol

Siapa yang menyangka bahwa beras merah bukan hanya bermanfaat untuk diet dan menurunkan berat badan anda, ternyata beras merah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, yaitu mampu menurunkan kolesterol yang terdapat dapat darah anda. Dalam suatu penelitian yang di publikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dan menyatakan bahwa kandungan minya yang terdapat dalam beras merah memiliki peranan yang sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol darah anda terutama untuk menurunkan LDL.

  • Mengurangi Resiko Terjadinya Kanker

Tahukan bahwa anda dengan mengkonsumsi beras merah dan anda jadikan sebagai menu makanan anda untuk setiap harinya ternyata mampu menurunkan resiko terkena penyakit mematikan yakni kanker ? Ternyata bukan hanya bermanfaat untuk program diet ternyata beras merah juga baik dan bermanfaat untuk mengurangi terjadinya resiko kanker. Adanya kandungan berupa manganese inilah yang mampu menurunkan resiko kanker, diduga kuat kandungan ini mampu melawan radikal bebas yang menjadi peran penting dan penyebab terjadinya penyakit kanker.

Dalam sejulah penelitian lain juga mneyatakan bahwa beras merah dan juga dalam bentuk olahan – olahan lainnya memiliki kandungan senyawa phenolic yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan beras putih. Dimana senyaawa phenolic sendiri memiliki efek untuk menekan progresifitas suatu proses dari keganasan kanker. Beras merah juag diduga berperan besar untuk menurunkan angka resiko dari beberapa jenis kanker diantaranya kanker kolon (usus besar), kanker prostat dna juga kanker payudara.

  • Baik Bagi Penderita Diabetes Militus

Sama halnya yang sudah dijelaskan sebelumnya, adanya kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam beras merah merupakan jenis karbohidrat kompleks. Dimana keuntungan yang dapat anda rasakan yaitu mampu menjagaterjadinya lonjakan gula darah dan menjadi suatu alasan utama bagi para penderita diabetes militus atau kencing manis untuk mengkonsumsi beras merah dalam menu makanan setiap harinya.


EmoticonEmoticon