Selasa, 08 Mei 2018

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Wajah dan Rambut

manfaat bawang putih untuk kesehatan wajah dan rambut
Bagi kaum wanita yang biasanya akan melakukan apa saja sehingga membuat diri anda lebih terlihat cantik, tidak terkecuali anda mencoba manfaat dari bawang putih untuk kecantikan dan kesehatan wajah anda. Salah satu bumbu masak ini bagi seseorang tidak ingin untuk mengonsumsinya terlalu banyak karena memang akan meninggalkan bau yang menyengat di mulut anda.

Beberapa orang lain yang berada di dekat anda bisa saja merasa kurang nyaman apabilan nafas anda akan berbau aroma dari bawang putih. Namun ternyata, yang perlu anda ketahui adalah zat di dalam bawang putih inilah yang bertanggung jawab mampu memberikan aroma atau bau yang menyengat ternyata juga memiliki berbagai macam manfaat baik itu untuk kecantikan atau kesehatan anda. Dengan demikian, selain dimanfaatkan untuk bumbu utama setiap masakan, namun ternyata sejak dulu bawang putih telah banyak digunakan menjadi obat – obat alami mulai dari generasi ke generasi selanjutnya.

Bawang putih merupakan jenis tanaman asli dari Asia Tengah, dimana khasiat dari bawang putih sendiri sangat baik untuk kesehatan telah dikenal kurang lebih selama 7000 tahun lamanya, tidak terkecuali juga manfaat dari bawang putih yang sangat baik untuk wajah anda. Bawang putih dapat anda gunakan untuk meningkatkan pada keindahan kulit dan juga rambut anda. Hanya dengan menggunakan satu bahan saja akan membuat kulit anda akan lebih bercahaya, indah dan juga akan lebih tampak muda. Bukan hanya itu saja bawang putih ternyata juga mampu membuat rambut anda akan terlihat lebih tebal dan juga lebih sehat lagi. Bawang putih bukan hanya dapat anda gunakan untuk membuat makanan tetapi juga mampu anda gunakan untuk merawat kecantikan dan juga untuk perawatan rambut anda.

Manfaat dari bawang putih yang begitu banyak sekali karena ternyata di dalam bawang putih mengandung zat yang sering disebut dengan nama allicin. Dimana ekstrak allicin dapat anda peroleh ketika bawang putih dalam keadaan dipotong, ditumbuk atau juga dikunyah. Zat allicin  yang terkadung di dalam bawang putih berbentuk berupa cairan minyak dengan bau yang tajam. Selain juga terdapat kandungan zat allicin, ternyata bawang putih memiliki berbagai macam zat falvonoid yang memiliki fungsi sebagai zat anti bakteri, anti virus dan juga anti jamur. Yang mejadi tidak kalah penting, pada bawang putih juga terdapat kandungan lain yang disebut dengan zat antioksidan. Manfaat bawang putih yang wajah serta rambut anda akan diulas secara mendalam pada artikel ini.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Wajah dan Rambut


  • Mengatasi Jerawat pada Wajah

Bawang putih dapat anda manfaatkan untuk kecantikan kulit salah satunya yaitu dengan menghilangkan jerawat. Anda cukup menyiapkan satu siung bawang putih sehingga anda dapat mengatasi mengenai masalah jerawat yang kadang muncul begitu saja dan datang tiba – tiba. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat yaitu cukup dengan memotong salah satu siung bawang putih, kemudian anda dapat menggosokkan pada bagian kulit anda yang berjerawat. Sehingga bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah anda akan dapat terbasmi oleh adanya kandungan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih.

Setelah anda mengoleskan bawang putih tersebut ke bagian wajah anda, mungkin yang terjadi akan merasakan sedikit sensasi perih atau panas. Namun jangan khawatir, untuk meredakannya anda dapat menggunakan produk pelembab yang sangat cocok dengan kulit anda setelah mengolesi wajah anda menggunakan bawang putih. Selain itu, anda juga dapat dianjurkan untuk menambahkan bawang putih ketika anda menjalankan program diet. Namun yang perlu diperhatikan agar anda tidak mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan atau terlalu sering, karena hal ini akan menimbulkan efek panas pada badan anda.

  • Psoriasis

Kondisi medis pada kulit anda yang sering disebut dengan psoriasis bisa timbul karena peradangan kronis yang sifatnya autonium (penyakit yang sering muncul akibat adanya reaksi sisitem kekebalan tubuh itu sendiri). Dimana gejala yang ditimbulkan dari gangguan ini yaitu munculnya bercak putih, perak atau bahkan merah yang bersisik tebal pada bagian kulit khususnya kaki, punggung bagian bawah, lutut, dan juga pada bagian siku. Kondisi seperti ini tidak mudah untuk ditangani, selain anda lakukan dengan terapi dari dokter anda juga dapat mengatasinya dengan memanfaatkan bawang putih untuk meringankan terjadinya gejala psoriasis.

Cara yang dapat anda lakukan juga mudah yaitu dengan menggunakan bawang putih dan mengoleskan nya apda bagian kulit anda yang sedang terkena psioriasis. Adanya zat anti peradangan yang tekandung di dalam bawang putih akan mampu membantu dalam mengurangi bercak yang timbul dan setelahnya tubuh atau kulit anda akan halus kembali. Bawang putih ternyata juga mampu menghambat aktivitas dari enzim lipoksigenase yang bertanggung jawab untuk menyebabkan adanya peradangan pada pasien yag sedang mengalami gejala psoriasis.

  • Mengatasi Luka Akibat Herpes Oral

Herpes oral atau juga herpes pada bagian bibir dan juga pada mulut anda yang disebabkan karena virus herpes simpleks tipe 1. Pada seseorang yang sedang mengalami herpes oral aka mengalami beberapa tanda – tanda atau gejala diantaranya adalah timbulnya luka pada bagian bibir, leher, pipi atau pada bagian wajah anda lainnya. Luka yang ditumbulkan  juga dari herpes oral dapat menyebabkan bau yang kurang sedap. Oleh karena itu anda dapat mengoleskan minyak bawang putih atau bawang putih langsung yang telah anda tumbuk sebelumnya sehingga mampu membantu dalam proses penyembuhan.

  • Infeksi Kulit

Seperti halnya yang telah disebutkan, bawang putih di dalamnya mengandung zat anti virus dan juga antibakteri sehingga banyak dari ahli yang telah mempertimbangkannya sangat efektif untuk meringankan tanda – tanda dan gejala bebagai jenis infeksi pada kulit anda. Apabila anda mengalami gatal – gatal yang di akibatkan dari penyakit kulit lainnya juga dapat anda kurangi dengan menggunakan bawang putih, karena adanya kandungan anti jamur yang ada di dalam bawang putih.

Cara mengolah bawang putih untuk anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi kulit yaitu anda dapat melakukannya dengan menumbuk bawang putih untuk mengektsrak minyaknya saja. Anda dapat mengoleskan minyak bawang putih tersebut ke bagian kulit yang sedang mengalami infeksi dan biarkan dahulu selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu anda dapat membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda dapat mengulangi langkah tersebut satu hingga dua kali sehari dalam beberapa minggu kedepan. Dengan menggunakan bawang putih langsung ke bagian area wajah anda biasanya anda lakukan sebelum anda mandi, agar tidak meninggalkan bau bawang putih yang tentunya aka menyengat pada bagian wajah anda.

Sedangkan untuk menghilangkan bau yang kurang sedap dari bawang putih, anda tidak perlu khawatir. Bau tersebut dapat anda hilangkan namun bukan dengan cara memakan permen, melainkan dengan meminum minuman yang pekat hangat misalnya saja seperti kopi atau teh.


EmoticonEmoticon