Jumat, 04 Mei 2018

Manfaat Arang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

manfaat arang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh
Arang memang seringkali dianggap sebagai salah satu bahan untuk memasak yang kotor. Memang ada jenis arang yang dapat anda gunakan sebagai salah satu bahan campuran kopi agar kopi tersebut lebih terasa nikmat, namun demikian arang sering dianggap sebagai benda yang tidak secara langsung memberikan manfaat bagi tubuh anda.

Arang merupakan salah satu jenis bahan bakar yang sering digunakan sebagai bahan memasak makanan. Terutama bagi anda yang memang sering memasak dengan cara membakar, tentulah anda sudah akrab dengan benda hitam yang satu ini. Banyak jenis arang dan juga variannya, tergantung dari bahan utama arang tersebut dibuat. Ada jenis arang yang berasal dari kayu bakar, ada pula yang berasal dari batok kelapa. Namun jenis arang yang sering digunakan yaitu jenis arang dari batok kelapa, dimana hal ini karena jenis arang dari batok kelapa dirasa lebih awet bila dibandingkan dengan arang yang berasal dari kayu bakar dan menghasilkan pembakaran yang lebih baik.

Bukan hanya bermanfaat untuk bahan pembakaran makanan, namun penggunaan arang juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar dalam dunia kecantikan bahkan semakin populer sejak banyaknya salon – salon kecantikan yang mampu menghadirkan perawatan wajah berupa facial dan juga masker wajah dengan menggunakan arang. Hal ini memang karena arang terbuat dari kayu atau batok kelapa yang dibakar dengan panas tinggi sehingga akan menghasilkan pori – pori anda lebih kecil yang muncul di permukaan serta mampu berfungsi untuk menyerap kotoran yang menempel pada kulit wajah anda.

Sehingga dengan demikian proses ini akan menghasilkan arang aktif atau activated charcoal yang dapat diolah menjadi berbagai macam kegunaan dan salah satu yang paling sering anda temui adalah berbentuk berupa serbuk atau berupa tablet. Ternyata, arang aktif atau juga disebut dengan karbon aktif juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah anda.

Manfaat Arang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


  • Memutihkan Gigi

Apabila anda memiliki masalah mengenai gigi anda yang menguning, anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan arang. Cara yang dapat anda lakukan juga cukup mudah, yaitu dengan menghancurkan arang hingga menjadi halus dan lembut kemudian anda langsung bisa mengaplikasikannya pada gigi anda layaknya anda sedang menggunakan pasta gigi. Meskipun ketika anda menggunakan arang tersebut ke bagian gigi anda akan mengihitam semua, namun setelah anda membilasanya dengan mneggunakan air bersih maka justru yang terjadi gigi anda tampak lebih putih bila dibandingkan dengan sebelumnya.

  • Menghilangkan Jerawat dan Bintik Hitam pada Wajah

Dibalik warnanya yang hitam pekat, ternyata arang juga memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat serta bintik hitam pada bagian wajah anda. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan melembutkan atau menghaluskan arang dan sedikit mencampurkan lidah buaya ke dalam arang tersebut, kemudian aduk hingga adonan tersebut tercampur secara merata dan langsung anda aplikasikan ke area wajah anda yang terdapat jerawat atau bintik hitam. Untuk mendapatkan hasil yang  lebih maksimal anda dapat menunggu dan mendiamkannya hingga 15 menit, setelah itu anda dapat membilasnya langsung menggunakan air bersih.

  • Menghilangkan Bau Badan

Apabila anda memiliki masalah bau badan yang tidak sedap dan mengganggu tingkap kepercayaan diri anda sebaiknya jangan merasa khawatir terlebih dahulu. Dimana masalah tersebut sangat mudah bagi anda untuk mengatasi hanya dengan membuat scrub badan yang terbuat dari arang. Cukup dengan anda lakukan menumbuk arang hingga halus dan kemudian campurkan sedikit gula perang dan sedikit menambahkan pati minyak. Anda dapat menggunakan setiap hari scrub tersebut sebelum anda mandi dan usahakan pula badan dalam keadaan yang kering.

  • Menjaga Produksi Minyak Alami pada Kulit

Jika anda mengalami masalah kulit yang berminyak, maka anda dapat menggunakan kandungan arang untuk anda oleskan ke bagian kulit wajah anda untuk mengatasi masalah kulit yang berminyak tersebut. Kandungan arang yang dapat ditemukan pada produk – produk perawatan wajah atau berupa masker, ternyata hal ini dapat membuat kulit anda akan lebih terjaga kelembabannya sekaligus mencegah produksi minyak yang berlebihan apda wajah anda.

  • Mencegah Infeksi

Beberapa masalah kesehatan yang terbilang ringan misalnya saja terkena luka gores, gigitan serangga atau hingga luka bakar ternyata hal tersebut dapat anda atasi hanya dengan menggunakan arang. Apabila anda mengoleskan pasta dari bahan dasar arang pada berbagai masalah – masalah tersebut, sehingga arang ini akan mampu menyerap racun dan juga mampu mencegah terjadinya infeksi pada tubuh anda.

  • Meringankan Gejala Diare

Arang juga memiliki manfaat yang sangat baik anda gunakan untuk meringankan gejala diare. Dimana diare sendiri merupakan salah satu jenis penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Tanda – tanda dari penyakit diare sendir diantaranya penderita akan mengalami sakit perut, dan buang air besar secara terus menerus sehingga akan membuat tubuh bagi penderitanya akan menjadi lemas dan tidak memiliki tenaga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut anda dapat memanfaatkan berupa larutan dari bubuk arang untuk anda gunakan meringankan gejala dari penyakit diare dan mampu menyembuhkan diare yang sedang alami tentunya dengan cara tradisional.

  • Menyembuhkan Radang Pencernaan dan Gangguan pada Organ Pencernaan

Bukan hanya masalah diare saja yang dapat diatasi dengan arang, ternyata arang juga memiliki manfaat untuk mengobati dan juga mampu mencegah terjadinya gangguan peradangan serta adanya infeksi pada organ – organ bagian pencernaan. Cara yang dapat anda lakukan juga cukup mudah, tinggal anda minum larutan air yang telah dicampur dengan arang. Cara ini memang dirasa sangat efektif untuk mengatasi peradangan pada bagian organ – organ pencernaan, misalnya saja seperti usus besar atau pada bagian lambung anda.

  • Mampu Menyerap Cairan Lukan dan Bakteri pada Luka Bakar

Luka yang terdapat pada kulit atau sering dikenal dengan sebutan luka luar ternyata juga mampu disembuhkan hanya dengan menggunakan arang. Untuk anda yang ingin menyembuhkan luka pada bagian luar tersebut, anda dapat melakukan hal yang sama dengan ketika anda hendak menyembuhkan kulit yang sedang terinfeksi oleh racun serta jamur pada tubuh anda. cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengompres luka anda dengan menggunakan arang. Ketika anda hendak mengompres luka luar, maka usahakan jangan langsung untuk menempelkan arang pada bagian kulit anda karena hal ini akan menimbukan bekas setelah anda mengompres kulit anda dengan menggunakan arang. Sehingga akan lebih amannya, anda dapat menggunakan kain sebagai alat perantara agar tidak menimbulkan bekas pada kulit anda.

  • Anti Racun dalam Tubuh

Air lauran arang apabila anda meminum secara rutin dan juga teratur maka akan dapat menjadi obat anti racun di dalam tubuh anda. Dimana hal ini dapat membuat tubuh anda akan terhindar dari adanya infeksi racun serta mampu membantu anda untuk menangkal racun yang mampu menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh anda.


EmoticonEmoticon