Selasa, 08 Mei 2018

Macam - Macam Aroma Terapi dan Manfaatnya

macam - macam aroma terapi dan manfaatnya
Tidak banyak orang yang suka dengan menggunakan aromaterapi karena belum tahu khasiatnya. Sebenarnya aromaterapi memiliki banyak sekali dampak positif ketika menggunakannya, misalnya saja untuk memperbaiki suasana hati anda. Selain itu pula ternyata aromaterapi juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan anda.

Aromaterapi semakin hari semakin banyak digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan dalam kesehatan dan juga bidang kecantikan, baik itu dimulai dari perawatan bahkan hingga penyembuhan. Sebenarnya kunci dari aromaterapi sendiri terdapat pada kandungan minyak esensial yang terkandung di dalamnya. Dimana bahan – bahan tersebut mampu mengelurakan beragam jenis aromaterapi. Selain itu pula pada beragam jenis wangian aromaterapi tentunya memiliki fungsi dan juga manfaat yang beragam antar satu dengan lainnya. Bahkan sering membuat kita untuk sulit dalam memilih, mana aromaterapi yang sebaiknya anda gunakan atau tidak anda gunakan.

Pada abad ke – 7 Masehi, para dokter dan juga para kimiawan misalnya seperti Ibnu Sina dan juga Al – Kindi telah menggunakan minyak aromaterapi sebagai salah satu bahan pengobatan. Dalam suatu sejarah, para ilmuwan tersebut sudah banyak menyebut mengenai aromaterapi misalnya saja digunakan sebagai mandi aromatik, bubuk aromaterapi dan juga uap panas dengan menggunakan wewangian yang berasal dari berbagai jenis bunga. Dimana hal ini akan menunjukkan bahwa aromaterapi ternyata sudha populer serta terbukti manfaatnya sejak zaman dahulu.

Proses penyembuhan dengan menggunakan wewangian sebenarnya memang sudah banyak dikenal bahkan sejak 6.000 tahun yang lalu. Oleh karena itu makna istilah aromaterapi sendiri merupakan sebagai salah satu jenis penyembuahan atau pengobatan alternatif dengan cara menggunakan bahan cairan dari berbagai jenis tanaman, atau lebih dikenal dengan minyak esensial yang dengan mudah menguap dan senyawa aromatik lainnya yang bertujuan untuk mempengaruhi suasana hati atau kesenangan dari seseorang.

Oleh karena itu penggunaan dari jenis – jenis minyak aromaterapi menjadi salah satu alternatif pilihan terapi mungkin bagi anda yang sedang mengalami tekanan batin atau sedang mengalami stress karena banyak pikiran – pikiran. Dengan anda memilih untuk menggunakan bahan wewangian dari berbagai jenis tanaman ini akan dapat membuat seseorang akan semakin menjadi lebih rileks lagi dan lebih tenang. Sari minyak dari tanaman ini memang sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai dari keluhan karena memang minyak aromaterapi mengandung bahan kimia yang asli dari tumbuhan – tumbuhan misalnya berupa zat antiseptik seperti fenol, alkohol dan juga molekul – molekul lainnya.

Aromaterapi mampu bekerja melalui syaraf penciuman (nervus olfaktorius) yang akan terbuka menuju otak anda. Dimana aroma tersebut akan mengalir ke bagian yang melingkari otak, sehingga juga akan mempengaruhi emosi anda. Hal ini memang dapat terjadi karena aroma tersebut mampu menyentuh secara langsung pusat emosi dan kemudian akan menyeimbangkan tingkat emosional anda. Berikut adalah beberapa jenis – jenis dari aromaterapi yang secara umum digunakan oleh banyak orang beserta manfaat yang dapat anda peroleh ketika menggunakannya.

Macam - Macam Aroma Terapi dan Manfaatnya


  • Lavender

Aromaterapi jenis lavender merupakan jenis aromaterapi yang paling umum digunakan oleh para perempuan karena wangi yang dihasilkan sangat lembut. Lavender sendiri bermanfaat sebagai salah satu antidepresan, selain itu juga mampu mengurangi rasa nyeri kepala serta stress. Pada pemakaian aromaterapi jenis ini sangat direkomendasikan karena memang para peneliti sudah membuktikan bahwa suasana dengan aroma yang wangi dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. dimana aromaterapi inidapat anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Serta untuk mempertahankan kualitas dari aromaterapi ini pastikan untuk menyimpannya di tempat yang gelap dan juga dingin. Jauhkan pula dari jangkauan anak – anak anda.

  • Rosemary

Bukan hanya bermanfaat untuk stimulan dan analgesik, ternyata aromaterapi rosemary juga bermanfaat untuk meredakan nyeri kepala pada otot anda. Apabila anda memiliki tekanan darah yang rendah, mandi dengan menggunakan air hangat dan anda tambahkan dengan aromaterapi jenis rosemary menjadi pilihan yang tepat. Selain itu pula, dengan anda menggunakan cara efektif ini juga dapat anda gunakan untuk mengatasi bau badan anda. Cara yang anda lakukan juga cukup mudah, tinggal masukkan lima sendok makan daun rosemary pada suatu panci yang sudah berisi empat gelas air mendidih, terlebih dahulu tutup dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Pada ramuan tersebut anda dapat menambahkan ke dalam air mandi yang hangat. Sehingga penggunaan aromaterapi rosemary akan mampu merangsang sirkulasi dalam tubuh anda serta mampu berperan sebagai tonik.

  • Pepermint

Selain jenis aromaterapi lavender dan rosemary ada pula jenis aromaterapi yang disebut dengan papermint. Dimana aromaterapi papermint juga termasuk dari aromaterapi yang banyak menjadi pilihan perempuan. Aromaterapi jenis ini memiliki manfaat sebagai dekongestan, antispasmodik, dan juga stimulan. Bukan hanya itu juga, aroma yang dihasilkan yang sangat fresh atau segar serta mampu menyejukkan dapat anda gunakan untuk mengatasi rasa mual dan kelelahan mental. Cara pemakaiannya yang cukup mudah dan sederhana yaitu dengan cara menghirupnya secara langsung.

  • Eukaliptus 

Meskipun tidak terlalu populer bila dibandingkan dengan jenis aromaterapi yang lain, namun aromaterapi jenis eukaliptus juga memiliki banyak sekali manfaat. Dimana salah satu manfaatnya yang terpenting yaitu sebagai antidepresan. Anda juga dapat mendapatkan aromaterapi jenis ini di apotek – apotek atau toko herbal terdekat rumah anda. Pastikan pula anda memiliki aromaterapi eukaliptus yang murni, karena memang saat ini semakin banyak produk – produk dengan tawaran harga yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan harga aslinya, karena memang  produk yang harganya lebih murah sudah diencerkan dan diberi campuran dengan menggunakan bahan – bahan lainnya.

  • Rose

Sama halnya dengan jenis aromaterapi eukaliptus, dimana aromaterapi ini dengan wangi rose sangat bermanfaat sebagai antidepresan. Selain digunakan sebagai pewangi ruangan, aromaterapi ini juga dapat anda gunakan untuk bahan memijat. Karena memang aromaterapi jenis ini sering digunakan sebagai massage dan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya bau badan pada tubuh anda. namun apabila anda sedang dalam keadaan hamil atau menyusui, sebaiknya anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan para terapis atau dokter profesional anda sebelum anda memutuskan untuk menggunakan aromaterapi rose langsung pada kulit anda.

Untuk mendapatkan suatu aroma tang berbeda, anda juga dapat mencampurkan jenis aromaterapi jenis satu dengan aromaterapi jenis lainnya. Misalnya saja anda dapat mencampurkan aromaterapi jenis lavender dengan papermint yang dapat anda tambahkan dengan menggunakan minyak zaitun dan serai untuk anda gunakan untuk pijat kaki. Dimana campuran bahan – bahan ini sangat bermanfaat untuk menjadikan kaki anda akan semakin rileks, mencegah terjadinya bau pada kaki, dan juga mampu menghilangkan kulit anda yang kasar dan kering. Selain pada ramuan tersebut, sebenarnya masih banyak cara yang dapat anda buat dari campuran pada beberapa aromaterapi. Lantas, anda tertarik dengan memilih yang mana? Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon