Selasa, 08 Mei 2018

Kuliner Legendaris di Kota Malang

kuliner legendaris di kota malang
Kota Malang merupakan salah satu kota yang terdapat di daerah Jawa Timur, Indonesia. Dimana kota Malang sering dikenal dengan suhunya yang dingin karena memang kota ini berada di dataran tinggi sehingga udaranya cukup sejuk. Terletak pada 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan menjadi kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya.

Pada masa lalu kota Malang menjadi primadona bagi kaum kolonial. Karena memang salah satu alasan mereka karena di Malang udaranya yang sejuk, sehingga membuat kota Malang akhirnya dijadikan sebagai tempat tinggal idaman bagi para kaum kolonial. Hal tersebut inilah yang membuat pada beberapa dari kawasan di kota Malang dipenuhi dengan gedung – gedung peninggalan dari Belanda.

Namun menariknya lagi, selain dijadikan sebagai cagar budaya, peninggalan di Kota Malang pada masa silam ternyata juga hadir dalam bidang kuliner. Beragam dari olahan masakan legendaris dengan berbagai menu – menu yang sebenarnya sudah menjadi makanan khas dari kota Malang, dan berhasil bertahan hingga saat ini. Sayangnya tidak banyak pula orang yang mengetahuinya, karena memang lantaran digerus oleh semakin bermunculannya kuliner – kuliner dengan gaya yang baru dan tidak jarang pula banyak yang lebih mengedepankan estetika dibandingkan dengan kualitas rasa dari makanan tersebut, hasil bentukan dari era milenial.

Oleh karena itu apabila anda berkunjung ke kota Malang, maka jangan sampai anda hanya mampir di destinasi – destinasi kuliner yang sedang kekinian saja. Sebaliknya pula, apabila anda ingin liburan anda berkesan di kota Malang anda harus mampir ke jujukan kuliner – kuliner legendaris di kota Malang. Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang dapat menjadi tujuan anda ketika berada atau berlibur ke kota Malang.

Kuliner Legendaris di Kota Malang


  • Toko Oen

Toko oen merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda kunjungi ketika cuaca sedang panas dan gerah. Anda dapat merasakan dinginnya dan segarnya es krim di toko kota Malang ini, tentunya dengan berbagai jenis dan aneka rasa. Bukan hanya sekedar es krim yang anda dapatkan ketika berkunjung di tempat ini, ternyata toko Oen juga menyediakan menu lain seperti  steak, kue atau jenis lainnya yang tentunya dapat anda nikmati di bawah udara yang terik dan gerah.

Perlu anda ketahui bahwa Toko Oen memang sudah ada sejak lama dan terdapat di Jalan Basuki Rchmad bahkan sejak jaman Belanda, yaitu sekitar tahun 1930. Yang tidak kalah penting adalah, rasa dari es krim di Toko Oen ini dari dulu jaman Belanda hingga saat ini tetap dipertahankan sejak dulu, begitu pula mengeai arsitektur dari bangunan yang tidak banyak mengalami perubahan atau renovasi. Sehingga anda tidak perlu ragu lagi apabila berkunjung ke kota Malang, untuk datang ke Toko Oen dan anda akan serasa bernostalgia dengan masa lalu atau masa kecil anda.

  • Pos Ketan Legenda 1967

Apakah anda ingin sesuatu yang berbeda dalam memilih kuliner? Coba anda rasakan kuliner di Malang dengan mengunjungi Post Ketan Legenda 1967. Dimana olahan kuliner yang berbahan dasar ketan ini akan membuat lidah anda akan bergoyang karena kenikmatan dari rasanya. Anda dapat langsung mengunjungi kedai tersebut di Pos Ketan Legenda 1967 yang bertempat di Jalan KH. Agus Salim Kota Batu Malang. Kuliner tradisional yang legendaris ini akan mampu menjadikan anda ketagihan. Berbagai menu ketan yang dapat anda rasakan di kedai makan yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini, seperti menu ketan susu keju, ketan susu durian pisang, ketan ayam pedas dan masih banyak menu – menu olahan ketan lainnya. Anda tinggal pilih menu mana saja yang cocok dengan selera anda. Lantas, anda menunggu apa lagi, buruan ajak teman, dan keluarga anda untuk berkunjung di Pos Ketan Legenda 1967 ini.

  • Depot Rawon Nguling

Meskipun makanan ini memiliki kuah yang berwarna hitam pekat, namun rawon akan selalu menjadi buruan bagi kebanyakan orang untuk mengisi perutnya yang lapar. Di kota Malang, ada satu tempat makan yang khusus menjajakan masakan rawon, masakan tradisional ini. Depot rawon tersebut bernama Depot Rawon Nguling yang terletak di Jalan Zaenal Arifin No. 62, Kota Malang. Dimana rawon yang berada di depon Nguling ini sungguh menggugah selera anda. Kuah rawon yang tidak terlalu pekat sehingga anda tidak akan merasakan rasa enek ketika menyantapnya. Selain itu juga potongan – potongan daging sapi yang lembut dan bercita rasa khas beda dari rawon – rawon lainnya. Sehingga membuat lidah anda dan perut anda akan termanjakan setelah anda menyantap Rawon Nguling ini.

  • Pecel Kawi

Satu lagi kuliner legendaris yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung di kota Malang. Bagi anda yang sedang bingung untuk mencari menu sarapan anda di kota Malang, maka tidak ada salahnya pula anda untuk mengisi energi anda dengan menu legendari Pecel Kawi. Diberi nama pecel Kawi memang karena tempat makan ini terletak di jalan Kawi, tepatnya adalah jalan Kawi Atas No. 43 B Malang, anda dapat merasakan lezatnya nasi pecel yang nikmat dan menggugah selera makan anda.
Rebusan sari sayur nan segar serta berpadu sempurna dengan lauk pauk dan sambal kacang sehingga akan lumer dan menyatu di dalam mulut anda. Asin, manis, gurih semua rasa akan menyatu bersamaan untuk mempermainkan lidah anda. Apalagi bila ditambah dengan rempeyek yang renyah ketika digigit. Tidak kebayang bukan bagaimana rasanya yang akan dihasilkan, oleh karena itu segera kunjungi tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1979 ini.

  • Soto Geprak Mbah Djo

Ketika anda menginjakkan kaki di Kota Malang rasanya memang kurang afdol apabila anda tidak dapat merasakan kesegaran dari Soto Geprak Mbah Djo. Dimana soto ini memang sudah berdiri bahkan sejak tahun 1959 ini akan selalu menjadi suatu sasaran bagi para pecinta soto. Rasa yang enak dan tentunya segar, serta berpadu dengan bumbu rempah – rempah yang kuat akan membuat anda akan ketagihan. Apabila anda ingin mencicipi soto legendaris ini, anda tinggal mampir saja ke Jalan Letjen S. Parman di Kota Malang, dan anda dapat membuktikan sendiri dengan rasa soto yang mampu menggoyangkan lidah anda.

  • Sate Landak dan Biawak Bu Ria

Mungkin makan sate ayam atau kambing sudah menjadi hal yang biasa. Namun bagaimana perasaan anda ketika yang anda makan adalah sate landak dan juga sate biawak? Dari pada anda merasa penasaran, langsung saja anda rasakan kelezatannya dari sate unik ini dengan mengunjungi ke tempat makan Sate landa dan biawak Bu Ria yang terletak di Jalan Raya Bugis No. 47 Saptorenggo, Pakis Kota Malang ini. Dimana sate ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang nikmat serta lezat, tidak kalah pula dengan sate – sate jenis lain pada umumnya.


EmoticonEmoticon