Senin, 07 Mei 2018

Jenis Tanaman Obat dan Khasiat Untuk Kesehatan

jenis tanaman obat dan khasiat untuk kesehatan
Tanaman obat tradisional memiliki manfaat dan khasiat yang tidak kalah ampuh bila dibandingkan dengan obat – obatan modern, oleh karena itu anda perlu untuk mengetahui dan mengenal berbagai jenis tanaman obat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda.

Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam, termasuk pula dalam hal kekayaan rempah – rempah dan tanaman obat – obatan. Tanaman obat sendiri adalah semua jenis dari tanaman yang dapat anda manfaatkan untuk obat – obatan baik itu digunakan sebagai pengobatan luar atau pengobatan dari dalam tubuh. Tanaman obat yang ada di Indonesia sebagian besar telah dikenal sejak jaman kakek moyang dan sudah diturunkan khasiatnya secara turun menurun. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini semakin banyak dari jenis – jenis tanaman obat – obatan yang telah diteliti dan diolah menjadi suatu produk – produk modern.

Untuk mendapatkan jenis tanaman obat tradisional sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit. Karena memang pada umumnya tanaman obat tradisional ini untuk  sehari – harinya banyak dimanfaatkan dalam kebutuhan lain misalnya untuk digunakan sebagai bumbu masak, minuman yang segar, atau juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran atau lalapan. Tentu saja tanaman obat tradisional dapat dengan mudah anda dapatkan di pasar – pasar tradisional atau di berbagai toko tanaman herbal dekat rumah anda. Namun jangan khawatir, anda dapat menanam dan mengkembang biakkan sendiri di pekarangan rumah anda atau sering dikenal dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan apotek hidup. Apabila anda memiliki tanaman obat sendiri di rumah atau pekarangan rumah anda, tentunya hal ini akan jauh mempermudah anda dan akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda serta keluarga anda. Bahkan hal ini juga dapat menjadi tanaman yang bernilai ekonomis apabila anda dapat mengembangbiakan dalam bentuk bisnis.

Jenis Tanaman Obat dan Khasiat Untuk Kesehatan

Kelebihan dari tanaman tradisional bila dibandingkan dengan obat – obat yang modern yaitu apabila anda mengkonsumsi jensi obat yang alami dan bersumber dari tanaman tradisional secara langsung pada umumnya tidak akan menimbulkan dampak atau efek samping di kemudian harinya. Selain itu juga akan lebih aman, lebih murah pula, dan tentunya akan lebih memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda bahkan keluarga anda sekalipun dalam jangka yang panjang. Berikut ini merupakan beberapa dari contoh tanaman obat tradisional dan juga khasiat yang dihasilkan bagi kesehatan tubuh anda, serta dapat anda temukan di Indonesia antara lain adalah :

  • Kencur

Jenis tanaman obat tradisional yang pertama adalah kencur, dimana kencur merupakan salah satu tanaman jenis rimpang yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu tradisional. Kencur sendiri mengandung berbagai macam senyawa yang tentunya sangat kaya akan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Ada berbagai jenis kandungan yang terdapat di dalam kencur diataranya adalah minyak atisiri, ethyl aster, sineol, asam metil kanil, pentadekaan, asam cinnamic, asam sinamic, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, borneol, pati, gom, pati dan juga mineral. Khasiat dari kencur sendiri antara lain yaitu mampu menyembuhkan anda dalam mengatasi influenza, radang lambung, batuk, keseleo, radang tenggorokan, lelah atau pegal linu, dan juga mampu melancarkan datang bulan.

  • Jahe

Anda tentunya sudah familiar dengan jenis obat tradisional ini. Jahe memang sudah dikenal sebagai salah satu dari tanaman obat yang memiliki khasiat dan tentunya tidak perlu anda ragukan lagi mengenai manfaatnya. Minuman jahe sangat terasa enak apabila dikonsumsi hangat karena memang rasanya yang mampu menyegarkan tenggorokan anda dan aroma yang dihasilkan harum. Jahe sendiri mengandung senyawa oleoresin yang sifatnya antioksidan sehingga mampu nangkal dari radikal bebas. Selain itu khasiat lain dari jahe yaitu mampu mengurangi lemak yang jahat atau kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh anda, menyembuhkan apabila anda mengalami masuk angin, flu, batuk, radang tenggorokan, sakit kepala bahkan mabuk kendaraan.

  • Temulawak

Temulawak merupakan jenis tanaman obat yang tumbuh dengan subur di dataran rendah dan termasuk ke dalam jenis tanaman rimpang satu keluarga dengan tanaman jahe. Tanaman  temulawak juga kerap digunakan sebagai bahan pembuat jamu tradisional. Temulawak memang dikenal memiliki kandungan zat antibiotik alami sehingga dapat anda gunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. khasiat dan manfaat dari temulawak sangat banyak diantaranya adalah mampu menyembuhkan penyakit liver, diare, maag, perut kembung, pegal – pegal dan juga mampu meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh anda.

  • Kumis Kucing

Bagi anda yang tidak mengetahui sebelumnya, bahwa tanaman ini mungkin sering dibiarkan tumbuh secara liar di sekitar saluran air. Padahal tanaman kumis kucing ini memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik dan penting bagi kesehatan tubuh anda. Bahkan saat ini sudah banyak tanaman kumis kucing yang diolah secara modern menjadi suatu produk berbagai macam obat – obatan. Khasiat dari tanaman kumis kucing yang paling utama yakni untuk penghancur batu ginjal dan juga mampu melancarkan air kemih. Manfaat lainnya yang diperoleh dari tanaman kumis kucing antara lain dapat menyembuhkan kencing manis, sifilis, rematik, sembelit, albuminuria, dan juga karena masuk angin.

  • Bawang Putih

Jenis tanaman obat tradisional dan juga khasiatnya yang sangat ampuh yaitu bawang putih. Mungkin tanaman ini memang sehari – hari lebih dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang wajib ada apda setiap masakan. Ternyata bawang putih juga memiliki kandungan senyawa berupa phytochemical yang mampu membunuh bakteri dan juga virus yang menjadi penyebab suatu penyakit. Khasiat dari bawang putih antara lain yaitu mampu menyembuhkan apabila anda sedang mengalami flu, radang tenggorokan, menurunkan kolesterol, hipertensi, menjaga kesehatan jantung anda dan juga mampu menurunkan resiko dari terkenannya penyakit kanker.

  • Sambiloto

Tanaman jenis ini memang terkenal dengan rasanya yang pahit, namun di balik kepahitannya tanaman sambiloto memiliki manfaat dan khasiat yang istimewa. Tanaman sambiloto sebenarnya berasal dari India dan Sri Lanka, namun sudah pada jaman dahulu sudah tumbuh subur di Indonesia. Di dalam tanaman ini mengandung senyawa utama yaitu andrographolide. Dimana adanya senyawa ini dalam tanaman sambiloto memiliki manfaat dan khasiat untuk melindungi hati dari terjadinya peradangan serta mampu membunuh sel – sel kanker dalam tubuh anda.

Selain tanaman obat dan khasiat yang telah di jelaskan di atas ternyata masih banyak lagi jenis tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Dimana tanaman obat tersebut diantaranya ada tanaman keji beling, daun dewa, kunyit, lengkuas, ginseng, seledri, mengkudu, alang – alang, cengkeh, daun beluntas, lidah buaya, daun jarak, brotowali, belimbing wuluh dan juga masih banyak sekali tanaman – tanamam yang dapat menjadi obat tradisional. Dengan adanya kekayaan alam yang terdapat di Indonesia yang memiliki aneka jenis tanaman obat tersebut, maka sudah selayaknya juga bagi anda untuk mampu memanfaatkan tanaman tersebut sebagai obat tradisional.


EmoticonEmoticon