Minggu, 06 Mei 2018

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

jenis makanan sehat untuk ibu menyusui
Ibu yang menyusui biasanya tidak perlu untuk melakukan perubahan kepada jadwal atau jumlah gizi makanan ketika anda sedang menyusui. Dimana salah satu yang penting, untuk makanan yang diperlukan oleh ibu yang menyusui harus mampu memberikan nutrisi yang cukup untuk dikonsumsi setiap harinya, baik itu untuk ibu nya sendiri atau juga untuk bayinya.

Masa menyusui merupakan suatu masa yang spesial bagi seorang ibu, dan oleh karena itu bagi seorang ibu harus mengetahui mengenai apa saja jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi bagi ibu yang menyusui. Dikatakan sebagai masa yang spesial karena pada masa ini bagi seorang ibu memang dituntut untuk memberikan nutrisi terbaik bagi sanga buah hati anda melalui Air Susu Ibu (ASI). Dengan anda memilih jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi yang baik, tentunya juga akan menghasilkan kualitas ASI yang baik pula untuk anak anda. Bukan hanya itu saja, dengan kualitas ASI yang baik tentunya juga akan berdampak pada suatu pertumbuhan dan juga perkembangan yang optimal pada bayi anda. Hal ini karena ASI sendiri merupakan nutrisi yang paling baik untuk bayi anda, sebab di dalam ASI memiliki berbagai manfaat yang vital untuk bayi anda, diantaranya adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh buah hati anda dan mampu untuk menangkal berbagai penyakit yang berbahaya.

ASI menjadi jenis makanan yang terbaik bagi bayi anda, hal ini karena di dalam ASI memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga akan menunjang pertumbuhan jaringan dan juga organ tubuh buah hati anda serta perkembangan otaknya. Selain memiliki manfaat yang baik untuk bayi anda, pemilihan makanan yang tepat pada masa menyusui juga mampu memberikan manfaat bagi sang ibu. Hal ini karena pada saat menyusui tentunya seorang ibu juga harus mendapatkan suatu asupan nutrisi yang lengkap agar ibu memiliki energi yang cukup selama anda menyusui, memliki fisik yang senantiasa bugar, terhindar dari berbagai macam penyakit pada diri anda, dan juga agar produksi ASI sang ibu dapat melimpah. Oleh karena itu anda sebagai ibu dianjurkan untuk memberikan ASI secara ekslusif pada bayi anda bahkan selama 6 bulan secara penuh. Agar anda dapat lancar dalam memberikan ASI secara ekslusif dan penuh tentunya harus ditunjang dengan nutrisi terbaik melalui makanan yang anda konsumsi.

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Hal yang harus anda perhatikan sebagai seorang ibu yang menyusui dalam memilih makanan selain mengandung nutrisi yang lengkap di dalam makanan yang anda makan selain itu juga harus memilih makanan yang harus higienis dan juga terbebas dari kuman penyakit. Apabila anda hendak mengkonsumsi makanan, maka sebaiknya makanan tersebut harus dimasak secara sempurna, atau apabila anda mengkonsumsi buah – buahan maka hendaknya anda harus mencucinya terlebih dahulu dengan menggunakan air yang bersih. Hal ini dikarenakan untuk menghindari adanya kontaminasi kuman kepada ibu yang sedang menyusui dan tentunya juga akan berdampak pada menurunnya kesehatan buah hati anda. berikut ini merupakan berbagai jenis pilihan makanan yang sehat untuk anda yang sedang menyusui anak anda antara lain sebagai berikut :

  • Beras Merah

Beras merah adalah menjadi salah satu alternatif makanan pokok untuk pengganti nasi yang sangat baik untuk kesehatan anda, dan beras merah merupakan makanan yang sehat untuk ibu yang sedang menyusui. Dimana beras merah sendiri kaya akan vitamin B kompleks yang memiliki manfaat sebagai sumber energi, mencegah anemia, membentuk sel darah merah dan juga mampu menjaga kesehatan sel - sel syaraf anda. Pada beras merah tersusun dari karbohidrat yang kompleks sehingga dirasa sangat cocok untuk ibu yang sedang menyusui dan menginginkan berat badan anda yang ideal. Selain itu beras merah juga sangat baik untuk kesehatan jantung anda, karena memang beras merah dapat berperan untuk mengurangi lemak yang jahat di dalam pembuluh darah anda.

  • Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan antioksidan dan memiliki fungsi untuk menagkal radikal bebas sehingga mampu mencegah terjadinya kanker pada tubuh anda. dengan anda mengkonsumsi sayur brokoli pada ibu yang sedang menyusui juga bermanfaat untuk mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi anda, hal ini karena banyak mengandung asam folat dan juga turut berperan untuk meningkatkan kualitas dari air susu ibu. Bukan hanya itu saja ternyata sayur brokoli juga banyak mengandung kalsium yang sangat penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi anda.

  • Daun Katuk

Mungkin anda sudah sering mendengar berbagai khasiat dari daun katuk. Memang daun katuk dikenal sebagai salah satu daun yang memiliki manfaat untuk memperlancar dan juga meningkatkan produksi air susu seorang ibu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada seorang ibu yang memiliki produksi ASI yang sangat melimah tetapi tidak sedikit pula yang produksi ASI nya hanya sedikit. Oleh karena itu maka sebaiknya anda mengkonsumsi daun katuk untuk memperlancar produksi ASI anda dan juga sekaligus mampu melengkapi nutrisi pada tubuh sang ibu. Anda dapat menggunakan atau mengolah daun katuk untuk sehari – harinya misalnya dimasak sebagai sayuran.

  • Selada

Sayur selada merupakan salah satu makanan yang sehat dan direkomendasikan bagi anda yang sedang menyusui, hal ini karena di dalam selada mengandung berupa zat besi, asam folat, serat, dan juga senyawa flavanoid. Dengan anda mengkonsumsi selada setiao harinya maka mampu meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia, memacu dalam kecerdasan otak bayi, memperlancar pencernaan, dan juga mampu menangkal radikal bebas.

  • Kacang Panjang

Kacang panjang ternyata juga menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu yang sedang menyusui, karena kacang panjang kaya akan vitamin K dan juga protein. Fungsi dan peran dari vitamin K sendiri sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh anda dan juga mampu menghentikan terjadinya pendarahan. Sehingga dengan anda mengkonsumsi kacang panjang secara rutin atau setiap hari maka mampu mempercepat dalam pemulihan luka baik itu pada anda sebagai orang tua atau kepada buah hati anda. sedangkan adanya kandungan berupa protein yang terdapat di dalam kacang panjang merupakan salah satu zat untuk pembangun yang penting dalam pertumbuhan dan juga mampu memperbaiki sel tubuh anda yang sedang mengalami kerusakan.

  • Ikan Salmon

Makanan yang sehat untuk ibu yang sedang menyusui berikutnya yaitu ikan salmon. Dimana ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memang terkenal dengan kandungan DHA nya. DHA sendiri merupakan suatu nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan sel – sel syaraf dan juga otak anda. Sehingga dengan demikian, anda sebaiknya untuk mengkonsumsi ikan salmon pada anda yang sedang menyusui dan mampu menjaga kesehatan syaraf serta mampu meningkatkan kecerdasan dari buah hati anda.


EmoticonEmoticon