Kamis, 03 Mei 2018

Jenis Makanan Anak Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal

makanan anak
Setiap orangtua pastinya menginginkan anak mereka bisa tumbuh berkembang secara optimal. Untuk mewujudkannya dibutuhkan jenis makanan yang mendukung sebagaimana akan diulas dalam artikel kesehatan ini.

Dimasa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Anda harus memperhatikan asupan gizi mereka agar dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Aspek yang paling penting dalam mencukupi semua kebutuhan gizi anak adalah dengan menyediakan sumber makanan yang bervariasi, karena semakin bervariasi makanan yang Anda sajikan untuknya, maka semakin lengkap pula gizi mereka.

Namun demikian, terkadang orangtua justru dibuat bingung oleh kebiasaan anak yang suka memilih-milih, sehingga kebutuhan gizi mereka tidak dapat benar-benar tercukupi. Maka dari itu Anda harus bersikap lebih cerdas dalam menyajikan makanan untuk mereka. Kepedulian dan kepekaan Anda sangat dibutuhkan untuk menyiasati kebiasaan anak yang suka memilih makanan.

Terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan anak hingga bisa mencapai level optimal. Dan berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda sajikan untuk buah hati Anda.

Jenis Makanan Anak Yang Bagus Untuk Pertumbuhannya


1. Susu

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan kalsium yang banyak. Hal dikarenakan kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium berperan penting dalam membentuk tulang yang kuat. Susu juga sebagai sumber protein dan lemak yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Disarankan untuk memberikan susu pada anak secara rutin pada masa pertumbuhan mereka.

2. Kacang-kacangan

Anda sebagai orangtua tidak perlu merasa khawatir terjadinya alergi ketika harus memberikan makanan yang satu ini pada buah hati Anda. Perlu Anda ketahui bahwa kacang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E. Kedua nutrisi ini sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang sang anak.

3. Sayur-sayuran

Dengan kandungan serat tinggi, vitamin dan mineral menjadikan sayur sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Untuk menunjang perkembangan anak sebaiknya Anda memberikan beragam jenis sayuran. Untuk menyiasati anak yang tidak menyukai sayuran sebaiknya Anda menyajikan sayur dengan lebih variatif sehingga dengan demikian anak-anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.

4. Ikan Tuna

Ikan Tuna merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Selain itu, ikan Tuna juga mengandung vitamin dan mineral serta sebagai sumber protein yang sangat tinggi.

5. Telur

Makanan penunjang berikutnya adalah telur. Makanan yang satu ini sangat mudah didapat, dan pengolahannya juga sangat mudah. Telur adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan vitamin, protein, zat besi dan mineral yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sumber protein hewani ini berpeeran penting dalam mengoptimalkan perkembangan anak.

Demikian, semoga bermanfaat. Pastikan buah hati Anda bisa tumbuh berkembang secara optimal sehingga kebahagiaan Anda terasa semakin lengkap.


EmoticonEmoticon