Rabu, 09 Mei 2018

Jenis Buah yang Baik Untuk Kesehatan Mata

jenis buah yang baik untuk kesehatan mata
Kesehatan mata memang menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga, terlebih lagi apabila mereka yang mengalami gangguan atau penyakit pada bagian mata. Selain penyembuhannya dapat dilakukan dengan beberapa jenis obat – obatan yang memang telah disediakan khusus untuk menjaga dan menangani kesehatan mata anda. Namun ada baiknya pula anda juga mengenal beberapa jenis buah yang baik untuk kesehatan mata anda.

Mata merupakan salah satu dari panca indra dan organ penglihatan yang berfungsi untuk mendeteksi adanya atau tidaknya cahaya. Dimana yang dilakukan oleh mata yang paling sederhana tidak lain yaitu dengan hanya mengetahui apalah lingkungan sekitar anda dalam keadaan yang terang atau gelap. Untuk mata yang kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian secara visual. Hampir setiap aktivitas yang anda lakukan akan memerlukan peran dari mata, misalnya saja ketika anda membaca, menulis, menonton televisi atau kegiatan lainnya. Oleh karena itu, kesehatan dari mata anda sangatlah penting dan juga harus anda jaga. Untuk menjaga kesehatan mata anda dapat anda lakukan baik itu secara dalam atau dari luar.

Dalam cara untuk menjaga kesehatan mata anda yang dari luar misalnya dapat anda lakukan dengan menggunakan pelindung mata misalnya seperti helm serta kacamata ketika anda hendak berkendara di luar agar debu – debu dan juga kotoran yang berasal dari luar tidak dapat masuk dan mengganggu kesehatanmata anda. Karena apabila debu dan kotoran tersebut masuk ke dalam mata anda maka dapat mengakibatkan timbulnya iritasi dan akan mengakibatkan mata anda menjadi merah dan bengkak.

Sedangkan untuk cara dalam rangka menjaga kesehatan mata anda dari dalam dapat anda lakukan dengan banyak – banyak mengkonsumsi makanan yang  mengandung zat yang baik untuk kesehatan mata anda. salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah – buahan yang dapat anda peroleh di sekitar anda dan memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan mata anda. Gangguan pada mata bukan hanya sebatas iritasi, namun ada banyak sebenarnya apabila mengetahuinya lebih dalam lagi. Sehingga sangat penting bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan mata anda, agar anda tidak terkena beberapa penyakit atau gangguan pada bagian mata misalnya rabun jauh atau rabun dekat.

Vitamin A, C dan E serta mineral juga sangat penting dan diperlukan oleh mata sebagai penyumbang utama untuk menjadikan mata anda lebih sehat dan terbebas dari gangguan mata. Misalnya vitamin A yang mampu mencegah terjadinya kebutaan malam, sedangkan vitamin C untuk melindungi kesehatan mata anda dan vitamin E berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak dan menunda dalam pertumbuhan katarak. Berikut adalah beberapa buah –buahan yang sangat baik dan dibutuhkan oleh kesehatan mata anda.

Jenis Buah yang Baik Untuk Kesehatan Mata


  • Wortel

Sudah bukan menjadi rahasia umum apabila jenis sayuran ini memang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan anda terutama adalah  untuk mengatasi gangguan dan permasalahan pada mata. Adanya kandungan betakaroten serta vitamin A yang sangat tinggi adalah salah satu asupan terbaik dan dibutuhkan oleh mata anda. betakaroten atau antioksidan yang terkandung di dalam sayuran wortel sangat berguna dalam menangkal radikal bebas sehingga hal tersebut akan mampu menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula. Sedangkan pada vitamin A yang terkandung di dalamnya menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kelopak mata serta pada bagian luar mata anda agar tetap dalam kondisi yang sehat.

  • Tomat

Jenis buah yang baik juga untuk kesehatan mata anda salah satunya adalah buah tomat. Tomat merupakan salah satu dari jenis buah – buahan dan sayuran yang kerap digunakan untuk bahan campuran anda ketika memasak atau dapat juga anda manfaatkan sebagai minuman atau jus. Adanya kandungan likopen yang terdapat pada buah tomat memiliki manfaat yang sangat baik dalam menunjang kesehatan mata anda. Dalam suatu studi yang menyatakan bahwa likopen merupakan salah satu dari zat yang bergun dalam membantu melindungi retina dan juga mata dari kerusakan. Bukan hanya itu saja, kandungan likopen juga sangat berguna untuk membantu organ – organ anda lainnya agar anda terhindar dari kanker, misalnya untuk mencegah terjadinya kanker prostat, kanker paru – paru serta kanker usus.

  • Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang lokal dan kaya akan manfaat. Jenis buah ini bukan buah yang tergolong mahal, namun cenderung lebih murah dibandingkan jenis buah lainnya. Namun di balik harganya yang cukup murah, ternyata buah pepaya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata anda. Bukan hanya itu saja, buah pepaya juga merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk anda jadikan sebagai menu diet sehat anda.

  • Strawberry

Di dalam buah mungil ini terdapat kandungan nutrisi yang sangat banyak dan baik untuk kesehatan mata anda. Dimana di dalam buah strawberry terdapat kandungan berupa vitamin C, B folat, serat serta berbagai jenis kandungan phytochemical yang mampu mencegah tubuh anda untuk terjadinya kanker. Selain itu juga vitamin C yang terdapat di dalam buah strawberry merupakan salah satu nutrisi yang sering digunakan sebagai Age – Related Eye Disease Study yang telah disponsori oleh Eye Institute, dengan tujuan untuk memperkuat jaringan ikat serta mampu memelihara kesehatan pada pembuluh darah pada bagian mata anda.

  • Jeruk

Buah yang banyak dijual di pasar, supermarker atau toko buah ini selali memang telah merakyat dengan andanya kandungan buah jeruk juga menjadi sangat baik untuk kesehatan mata anda karena adanya kandungan vitamin C, serat, folat, kalium serta kalsium. Bukan hanya itu saja buah jeruk ternyata juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan jantung anda.

  • Rambutan

Buah rambutan adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C serta bioflavonoid yang pigmen tanaman dengan sifat antioksidan serta anti inflamasi. Dimana kedua nutrisi ini akan saling melengkapi satu sama lainnya dan juga dapat membantu anda untuk mengurangi resiko mengenai masalahpenglihatan dan berkaitan dengan usia anda dengan cara melindungi mata dari terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Alpukat

Alpukat sering dianggap sebagai buah yang memiliki energi pendingin dan merupakan salah satu dari makanan atau buah yang paling padat akan nutrisi di dalamnya, karena di dalam buah alpukat mengandung lebih banyak lutein bila dibandingkan dengan buah – buah lainnya. kandungan lutein menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting dalam pencegahan degenarasi mukula serta katarak. Selain itu buah alpukat juga merupakan salah satu sumber nutrisi mata yang sangat penting karena di dalamnya terkandung beragam kandungan lain misalnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan juga vitamin E. Bukan hanya itu saja, buah alpukat juga mampu menyehatkan darah anda, melumasi paru – paru  serta usus besar dan mampu menengkan kandung kemih.


EmoticonEmoticon