Jumat, 04 Mei 2018

Fungsi Bagian Mata dalam Sistem Indera Penglihatan

fungsi bagian mata dalam sistem indera penglihatan
Mata merupakan salah satu dari indera penglihatan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, sehingga sangat penting bagi anda untuk mengetahui fungsi dari masing – masing bagian mata yang mampu berperan dalam membentuk sistem indera penglihatan anda.

Mata menjadi salah satu organ yang sangat menakjubkan, dimana hal ini karena mata menjadi alat optik alami yang mampu menjadikan manusia untuk dapat melihat obyek dan juga keindahan yang ada di muka bumi. Secara umum, mata sendiri memiliki fungsi yaitu untuk menangkap cahaya, mampu membedakan antara yang gelap dan terang, mampu membedakan intensitas warna yang berbeda – beda, dan bisa memberikan rasa visual terhadap tampilan suatu objek yang ditangkap oleh mata. Apabila mata juga mengalami suatu gangguan, maka tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan dan juga mampu menurunkan kualitas dari hidup seseorang.

Banyak bagian dari mata dan semua bagian tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda – beda pada setiap bagiannya. Mata sendiri terdiri dari bagian luar dan juga bagian dalam. Pada bagian luar mata pasti anda telah mengenalnya, misalnya saja alis, kelopak mata, bulu mata, kelenjar air mata, atau juga otot mata. Sedangkan untuk bagian dalam mata antara lain adalah kornea, aqueous humor, iris, pupil, retina, lensa mata, otot siliari, saraf optik, dan juga bintik kuning. Pada dasarnya cara kerja dari mata sendiri yaitu mampu menangkap objek yang ada di depan mata dengan menggunakan bantuan cahaya, memfokuskan cahaya, mampu menyesuaikan jumlah cahaya, mengkonversi cahaya menjadi suatu impuls listrik, dan juga mampu mengirimkan impuls listrik ke pusat syaraf penglihatan anda di otak sehingga mampu untuk menafsirkan impuls tersebut menjadi suatu gambar.

Fungsi Bagian Mata dalam Sistem Indera Penglihatan

Mata kita memang tersusun dari bagian – bagian yang kompleks. Apabila salah satu dari bagian rusuk atau sedang mengalami kelainan maka juga akan mengganggu sistem penglihatan kita. bahkan pada beberapa kasus, dapat terjadi kerusakan pada bagian pada bagian vital mata, dan mampu mengakibatkan seseorang tidak dapat untuk melihat atau mereka akan mengalami kebutaan. Sehingga dengan demikian setiap bagian dari mata anda harus senantiasa dijaga agar fungsi dari bagian mata anda tetap optimal. Berikut ini merupakan fungsi dari bagian mata anda dalam suatu sistem indera penglihatan :

  • Sklera

Sklera merupakan bagian putih mata yang mengelilingi kornea anda. Dimana sklera terdiri dari jaringan yang berserat dan memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan kepada bagian yang berada di dalam mata. Pada mata yang dalam keadaan sehat, bagian sklera akan memiliki warna yang putih cerah. Apabila mengalami suatu gangguan penyakit pada bagian ini yang berkaitan dengan gangguan fungsi dari hati, sehingga sklera ini akan ikut berubah menjadi kuning.

  • Kornea

Kornea merupakan jaringan yang transparan di bagian depan mata yang mampu menerima cahaya dari suatu benda yang masuk ke daerah mata. Kornea sendiri memiliki fungsi yaitu mampu memfokuskan cahaya pada retina mata.

  • Aqueous Humor

Aqueous humor atau kerap disebut dengan nama beranda depan ini merupakan suatu cairan yang bening atau transparan yang mengisi ruang antara kornea dan juga pada lensa mata anda. Pada bagian ini memiliki fungsi yang penting pula yaitu untuk memasok oksigen dan juga nutrisi ke seluruh bagian mata anda tanpa terkecuali.

  • Iris

Sedangkan pada bagian iris merupakan bagian mata yang memiliki bentuk seperti lingkaran atau cincin yang berada di tengah mata anda. Fungsi dari iris sendiri yaitu untuk mengatur jumlah dari cahaya yang memasuki mata anda dengan cara mengatur ukuran dari pupil anda.

  • Pupil

Pada bagian mata pupil yaitu seuatu lubang yang berada di tengah – tengah iris yang memiliki fungsi untuk menyesuaikan diri terhadap jumlah dari cahaya yang masuk dengan cara membesar atau juga mengecilkan. Dimana kondisi mengecil dan juga membesar pada bagian pupil tersebut dikontrol oleh bagian lain yaitu iris.

  • Lensa Mata

Sedangkan untuk bagian lain yaitu lensa mata yaitu suatu bagian mata yang letaknya berada tepatdi belakang pupil. Untuk fungsi dari lensa mata sendiri yaitu untuk memfokuskan antara cahaya agar tepat jatuh pada bagian retina.

  • Otot Siliaris

Otot siliaris merupakan suatu jaringan yang menyerupai cincin dan mengelilingi lensa mata serta memiliki fungsi untuk mengendalikan dari bentuk lensa anda. sehingga otot siliaris ini memiliki fungsi untuk mengatur atau juga mampu mengontrol pergerakan dari lensa mata anda.

  • Vitreous Humor

Vitreous humor merupakan suatu cairan yang mengisi ruang antara lensa mata anda dan juga bagian retina. Pada bagian ini merupakan sebagian besar dari cairan yang mengisi bagian mata yaitu kurang lebih sebanyak dua per tiga dari keseluruhan volume mata. Sedangkan untuk fungsi dari vitreous humor sendiri yaitu untuk melindungi lensa mata.

  • Retina

Sedangkan untuk bagian mata yang terakhir yaitu retina, dimana retina sendiri adalah salah satu dari bagian mata yang memiliki bentuk berupa membran dan berfungsi untuk mengubah cahaya yang telah difokuskan oleh lensa mata, menjadi suatu impuls atau sinyal listrik untuk dikirim ke bagian otak anda. Retina ini memiliki sel – sel fotoreseptor yang sangat sensitif terhadap adanya cahaya. Sel fotoreseptor tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu jenis batang dan juga kerucut.

Sel batang memiliki fungsi untuk menangkap cahaya hitam dan putih serta mampu melihat dalam cahaya yang redup, sedangkan untuk sel kerucut memiliki fungsi yaitu untuk menangkap cahaya yang memiliki warna beragam atau warna – warni dan juga mampu melihat dalam keadaan yang terang.

  • Bintik Kuning

Bintik kuning atau sering juga disebut dengan sebutan makula ini merupakan suatu bagian mata yang terletak pada bagian dalam retina yang paling sensitif dan berfungsi untuk menangkap cahaya yang masuk sehingga mampu menghasilkan impuls listrik yang sangat kuat. Sehingga untuk setiap cahaya dari objek yang ditangkap tepat di bintik kuning maka yang terjadi objek tersebut akan dapat terlihat dengan jelas.

  • Saraf Optik

Saraf optik adalah suatu serabut saraf yang mampu menghubungkan mata dengan otak. Fungsi dari bagian mata ini yakni untuk mengirimkan impuls atau sinyak listrik dari bagian retina ke bagian otak agar mampu menginterpretasi secara visual terhadap objek yang sedang  dilihatnya.

  • Bagian Luar Mata

Selain pada bagian dalam, mata anda juga memiliki bagian luar yang juga tentunya memiliki peran yang sangat penting. Dimana bagian luar mata tersebut diantaranya adalah alis, kelopak mata, bulu mata, otot mata, dan juga kelenjar air mata. Dimana untuk alis memiliki fungsi untuk menahan air atau keringat dari rambut atau juga dahi anda agar tidak bisa masuk ke dalam mata anda.

Sedangkan untuk kelopak mata bertugas untuk membukan serta menutup mata sesuai dengan kebutuhan, melindungi bola mata anda, dan juga mampu mengatur intensitas cahaya. Untuk bulu mata berfungsi untuk melindungi mata dari benda – benda asing misalnya seperti debu dan pasir.


EmoticonEmoticon