Sabtu, 12 Mei 2018

Cara Mudah Membersihkan Helm Sendiri

cara mudah membersihkan helm sendiri
Helm yang sering anda gunakan akan lebih beresiko memiliki bau yang kurang sedap dikarenakan keringat dan kotoran yang menempel pada helm anda dan lama kelamaan akan mengendap serta tidak bisa hilang dengan sendirinya. Oleh karena itu anda harus mecuci helm anda secara rutin lagi minimal satu bulan satu kali agar tidak mempengaruhi kenyamanan ketika digunakan.

Ketika musim panas datang dan masih menerjang hingga saat ini, memang kerap membuat bagi para pengendara motor lebih mudah mengeluarkan keringat bila dibanding dengan ketika musim penghujan. Sehingga dengan keringat yang banyak keluar akan menjadikan pelindung kepala atau helm juga akan cepat kotor dan menjadi bau atau bahkan ditumbuhi oleh jamur. Dengan munculnya hal inilah yang harus dihindari bagi setiap para pengguan motor yang mengenakan helm, karena ketika anda menggunakan helm yang dalam keadaa kotor dan berbau akan menjadi sumber bakteri yang mampu secara langsung berinteraksi dengan kulit kepala anda.

Untuk membersihka helm kesayangan anda sebenanya mudah dimana anda tinggal datang saja ke tempat pencucuian helm. Namun biaya yang harus anda keluarkan ketika anda ingin membersihkan satu helm anda di tempat khusus pencucian helm memang relatif mahal, rata – rata setiap pencucian helm akan mematok dengan Rp 20.000 untuk setiap kali cuci. Selain itu juga, tidak sama halnya dengan tempat pencucian motor, tempat pencucian helm memang belum banyak didirikan dan anda akan agak kesulitan untuk mencarinya.

Namun sebenarnya anda tidak perlu membutuhkan mesih khusus untuk membersihkan helm anda agar helm tersebut menjadi lebih bersih, higienis dan tentunya lebih wangi. Tidak terlalu sulit juga ketika anda ingin untuk mencuci helm anda sendiri. Berikut ini merupakan beberapa langkah – langkah yag dapat anda lakukan untuk membersihkan helm anda yang kotor atau berbau tidak sedap.

Cara Mudah Membersihkan Helm Sendiri


  • Lepas Tiga Bagian Helm

Helm yang berstandar SNI biasanya memang terdiri dari tiga bagian, yaitu pada bagian batok helm atau shell (lapisan luar), busa dan styrofoam (lapisan dalam) dan juga bagian visor (kaca helm). Untuk helm yang memang sudah memenuhi uji kelayakan keamanan, biasanya busa yang terdapat pada bagian dalam helm akan ditempelkan dengan kancing ke bagian batok helm dalam. Sehingga anda akan mudah untuk melepas apabila anda ingin menggantinya atau hendak mencucinya. Anda juga dapat melepas bagian satu per satu. Namun yang harus diperhatikan adalah anda harus tetap hati – hati ketika mau mengeluarkan busa tersebut dan kancing akan tetap tidak rusak.

  • Bersihkan Busa dan Styrofoam

Setelah anda melepaskan bagian busa tersebut ke pada tempatnya, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan membersihkan busa dan styrofoam helm anda dengan cara di rendam ke dalam cairan sabun yang sudah anda siapkan sebelumnya. Hampir mirip dengan merendam pakaian dengan menggunakan durasi waktu kurang lebih selama 30 menit. Dimana tujuan dari proses perendaman tersebut agar segala kotoran yang menempel pada helm anda dapat hilang dan bersih lagi. Sebisa mungkin anda jangan menggunakan sabun detergen untuk membersihkan busa helm anda, karena dengan penggunaan detergen ke dalam sopn atau styrofoam helm anda akan justru merusak busa dari hel tersebut. Bukan hanya itu saja, apabila anda menggunakan detergen untuk mencuci helm anda justru akan menimbulkan bau yang kurang sedap apabila anda tidak membilasnya dalam keadaan yang besih.

Untuk proses pembilasan, anda disarankan untuk dilakukan hanya dengan menggunakan tangan dan anda hanya perlu melakukannya secara perlahan dengan mengikuti kontur dari busa. Setelah anda membilas busa tersebut serta memastikan tidak ada sabun lagi yang tertinggal dalam komponen tersebut usahakan untuk tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari. Cukup dengan anda lakukan diangin – anginkan saja, baik itu diangin – anginkan secara alami atau anda juga dapat memanfaatkan dari kipas angin atau hair dryer (pengering rambut). Setelah selesai, pastika terlebih dahulu busa dan styrofoam benar – benar kering dan tidak mudah lembab lagi.

  • Membersihkan Batok Helm

Bagian lain yang harus anda bersihkan adalah dengan membersihkan batok helm anda. kekuatan dari helm secara keseluruhan sebagian besarnya tergantung dari material batok atau cangkang pada helm anda. Ketika anda mencuci bagian batok helm anda harus berhati – hati dan mencucinya dengan cara yang tepat dan baik. Untuk membersihkannya, baik itu anda membersihkan pada bagian dalam atau luar helm, jangan sekali – kali anda menggunakan sikat untuk mencucinya, cukup hanya dengan menggunakan lap yang basah atau dengan menggunakan kanebo.

Setelah tahap dibersihkan dengan air dan di lap selesai, disarankan bagi anda untuk menggunakan lapisan lilin atau wax yang anda gunakan pada bagian luar sehingga warna dari cat helm anda akan tidak mudah mengalami memudarnya gambar. Namun sebelum anda melakukan hal demikian, anda harus memastikan pada bagain batok helm tersebut memang benar – benar sudah dalam keadaan yang bersih dan kering.

  • Bersihkan Kaca Helm

Apabila anda ingin untuk membuat visor atau berupa kaca helm anda yang bersih, anda sudah tidak perlu lagi untuk membersihkannya dengan menggunakan cairan kimia, sabun atau berupa wax. Anda cukup dengan membilasnya dengan bantuan air bersih dan menggunakan lap dengan kanebo sehingga mampu bersih secara maksimal. Cukup dengan mengikuti tangan dari kontur kaca helm, terutama adalah pada bagian helm sebenal samping.

  • Memberikan Spray Parfum Pewangi

Untuk langkah terakhir yang anda lakukan yaitu pada proses finishing yang meliputi memberikan spray parfum pewangi untuk anda kembalikan ke bagian dalam helm. Yang perlu diperhatikan adalah anda jangan menggunakan pengharum yang di dalanya mengung banyak kadar alkohol yang tinggi , selain itu ternyata juga mampu merusak spons serta busa helm.

  • Gunakan Kit Helm (Silicon)

Agar hasil yang diinginkan sesuai dengan apa yang anda harapkan yaitu dengan menambahkan kit helm atau silicon yang mampu menkilapkan bagian luar dari kaca helm. Bukan hanya sekedar mengkilap, hal ini juga bertujuan untuk menjadikan permukaan menjadi licin sehingga air dan debu tidak mudah lagi untuk menempel dan mampu mengakibatkan kaca helm anda akan memudar.

Setelah bagian helm semuanya sudah bersih dan juga kering, yang perlu anda lakukan yaitu dengan memasang kembali bagian per bagian, mulai memasang kembali busa, styrofoam, kaca helm pada tempatnya masing – masing dan anda lakukan secara berhati – hati. Untuk anda yang memang suka meyemprotkan pewangi ke dalam helm, namun  ada baiknya anda harus memperhatikan membaca cara pakaiannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu bagi sahabat pembaca demikian sedikit informasi mengenai cara mudah untuk mencuci helm secara sendiri. Semoga informasi ini dapat dengan mudah dipahami dan bermafaat bagi anda semua dan mampu mengajarkan atau menuntun bagi para pembaca untuk berusaha mempraktikkan dengan cara yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon