Jumat, 11 Mei 2018

Cara Modifikasi Desain Rumah Modern dan Tradisional Jawa

cara modifikasi desain rumah modern dan tradisional jawa
Memiliki hunian yang nyaman dan unik akan menjadi kebanggaan bagi sang pemiliknya. Bagi beberapa kalangan pecinta budaya tradisional dan menghargai warisan leluhur tentang rumah adat, akan berinovasi membuat sebuah desain rumah tradisional namun memiliki sentuhan modern untuk mengikuti perkembangan zaman.

Indonesia merupakan negara yang besar, dimana negara yang terdiri dari ratusan ribu pulau yang telah tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke. Dimana setiap daerah yang terdapat di Indonesia juga terdapat beragam kebudayaan masing – masing yang digunakan sebagai identitas pada suatu daerah tertentu, suatu pulau tertentu, atau untuk membedakan antar suku yang tentunta belum tentu dengan daerah satu dan lainnya. Budaya atau adat yang terdapat di daerah satu dengan daerah lainnya dapat anda lihat dengan jelas mulai dari hal yang kecil misalnya dari pakaian adat yang mereka gunakan, bahasa yang menjadi logatnya yang unik atau juga mengenai rumah adat dari masing – masing daerah. Yang juga dirasa unik di Indonesia, dimana pada masing – masing provinsi akan memiliki rumah adat yang tentunya berbeda – beda, salah satunya yang dirasa cukup terkenal yaitu pada rumah khas jawa tengah yang sering disebut dengan rumah joglo.

Dalam adat di Jawa, rumah joglo bukan saja dipandang sebagai rumah atau hunian semata. Namun lebih dari itu, rumah joglo merupakan suatu simbol untuk masyarakat atau rakyat yang berada di daerah Jawa. Di rumah Joglo sendiri, pada setiap bagian rumah yang tentunya memiliki simbol dan juga arti masing – masing. Misalnya saja arti bentuk rumah joglo yang kerangka rumah joglo atau sering disebut dengan sebuta Soko Guru. Ketika diamati ada empat pilar utama yang dipakai sebagai penyangga rumah joglo. Dimana pilar – pilar utama yaitu untuk melambangkan empat arah mata angin yang ada yaitu mulai dari barat, timur, utara dan juga arah selatan.

Bukan hanya itu saja, seperti halnya kebanyakan rumah – rumah adat lainnya yang terdapat di Indonesia, dimaan rumah Joglo juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk menakar status sosial seseorang yang menghuninya. Meskipun telah diakui sebagai rumah adat khas dari Jawa Tengah, namun tidak semuanya pula masyarakat yang berada di Jawa memiliki desain rumah berbentuk Joglo. Penderian Rumah Joglo biasanya hanya akan dimiliki bagi para orang yang dikenal dengan priyayi atau keturunan bangsawan saja. Umumnya tampilan dari rumah joglo juga lebih terlihat sederhana, namun adanya kerumitan dalam bahan bakunya dan juga pembuatannya akan membuat proses rumah joglo khas dari Jawa Tengah tentunya akan membutuhkan banyak waktu dan juga biaya pula.

Modifikasi Desain Rumah Modern dan Tradisional Jawa

Rumah adalah sebuah kebutuhan utama bagi manusia sebagai tempat berteduh, berlindung, dan berkumpulnya sebuah keluarga besar maupun kecil. Di Indonesia rumah seseorang terbuat dari beraneka ragam bahan, misalnya dari tembok, kayu, dan bahkan ada yang memanfaatkan jerami. Dahulu setiap daerah memiliki ciri khas berbeda dari rumahnya. Saat ini hanya beberapa suku tertentu yang tetap mempertahankan rumah adat tersebut. Rumah adat mayoritas terbuat dari kayu-kayuan dan memanfaatkan jerami kering. Saat ini mulai jarang digunakan masyarakat karena dirasa kurang aman dan kokoh, sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan bahan batu bata dan semen yang dijadikan tembok. Dari segi perawatan pun lebih mudah bangunan modern karena daya tahan yang berjangka lama dan kokoh.

Begitu banyak variasi desain rumah yang dapat dijadikan pilihan sebagai tempat hunian idaman, salah satunya yaitu rumah adat jawa dengan modifikasi modern. Pilihan desain rumah satu ini tentunya sangat memuaskan anda, khusunya untuk para penggemar rumah-rumah tradisional. Dengan desain minimalis modern, sudah pasti akan memiliki keunikan tersendiri dan tidak mengurangi nilai budaya yang ada pada rumah itu sendiri. Meskipun sudah banyak sekali beragam desain rumah yang unik-unik dan menarik, namun bagi beberapa kalangan orang pecinta budaya sudah pasti tetap memilih dengan melestarikan budaya itu sendiri. Oleh karena itu mereka berinovasi pada rumah mereka dengan memodifikasi desain rumah gabungan antara gaya tradisional jawa dan modern.

Yang utama untuk  diperhatikan dalam sebuah pembuatan rumah jawa modifikasi modern ini yaitu masalah pada bahan atau material yang digunakan dari rumah itu sendiri, seperti yang sudah diketahui jika rumah jawa dominan dengan kayu. Oleh karena itu material kayu tersebut harusnya tidak boleh dihilangkan meskipun rumah tersebut bukan murni rumah tradisional jawa. Hal Ini dimaksudkan untuk tetap memberikan sebuah kesan adat  jawa itu sendiri tetap terjaga dengan baik, meskipun desain rumah tersebut sudah tercampur dengan desain rumah modern, kesan budaya jawa harus tetap ditonjolkan.

Kelebihan yang dimiliki dari desain rumah tradisional modifikasi modern ini yaitu bangunan yang sangat kokoh, sehingga aman dan dapat terhindar dari bencana alam misalnya gempabumi dan angin topan. Jika dibandingkan dengan desain rumah yang memiliki bahan beton, rumah tradisional modifikasi modern ini jauh lebih kuat dan kokoh sekaligus lebih artistik. Untuk kesan luar tampak tradisional namun didalam rumah interior dan properti sudah kategori modern sehingga nyaman untuk ditempati. Material rumah adat jawa lebih sering menggunakan bahan alami, seperti kayu dan bambu, sehingga untuk pemilihan warna pada interior rumah adat jawa tidak terlalu sulit, karena lebih seringnya menggunakan warna coklat atau warna alami lainnya.

Sebuah rumah adat jawa identik juga dengan selalu memiliki sebuah pekarangan yang lumayan luas, biasanya  digunakan sebagai tempat untuk membuat taman, tempat bermain anak, dan untuk sebuah area parkir. Pada bagian lantainya, umumnya rumah adat jawa hanya menggunakan semen yang diratakan, tetapi jika anda ingin lebih modern bisa dengan menggunakan lantai yang terbuat dari marmer. Penggunaan kayu jati merupakan suatu nilai kebanggaan tersendiri bagi orang jawa. Sebab seperti yang kita tahu, nilai harga dari kayu jati memang cukup mahal, selain itu tingkat keawetannya pun sudah tidak dapat diragukan lagi.

Bagi anda yang memang tertarik untuk membuat rumah anda dengan desain tradisional atau berupa bentuk klasik, anda juga dapat mecontek atau melihat dari desain rumah joglo khas dari daerah Jawa Tengah yang sudah ada. Meskipun ketika pada zaman dahulu, dimana desain rumah joglo yang khas dari Jawa Tengah ini memang hanya dimiliki oleh para keluarga yang tergolong sebagai bangsawan, bukan berarti pula orang biasa juga tidak boleh untuk membuat rumah joglo atau dengan meniru desain klasik dan tentunya lebih elegen lagi.

Jadi rumah adat tradisional terutama rumah adat jawa dapat menjadi pilihan terbaik bagi anda yang memiliki keluarga besar sekaligus dapat sedikit membuat anda bernostalgia dengan era kuno di sebuah pedesaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain rumah.


EmoticonEmoticon