Selasa, 01 Mei 2018

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi Bengkak
Menderita gusi bengkak tentunya akan sangat mengganggu. Selain akan mengganggu Anda ketika makan, gusi bengkak juga akan berdampak lebih buruk apabila tidak segera ditangani. Mengobati gusi bengkak sendiri dapat ditempuh melalui sejumlah cara, nah artikel ini akan menjelaskan beberapa cara untuk mengobati gusi bengkak secara alami.

Sebenarnya saat ini sudah banyak obat gusi bengkak yang beredar di pasaran dan obat-obat tersebut dapat Anda konsumsi secara aman sesuai petunjuk dokter, namun cara terbaik tentunya menggunakan obat tradisional karena dengan obat alami Anda tidak akan dihadapkan dengan resiko efek samping apapun. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami dengan ramuan tradisional.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami


1. Menggunakan Garam

Garam tidak hanya digunakan untuk keperluan memasak, garam juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat gatal-gatal dan bisa juga digunakan untuk mengatasi perut kembung yang efektif. Adapun cara mengobati gusi bengkak menggunakan garam sama dengan cara mengobati sariawan dan mengobati sakit gigi, yaitu mencampurkan satu sendok teh garam bersama dengan air yang hangat. Aduklah kedua bahan tersebut secara merata dan gunakanlah air garam yang masih dalam keadaan hangat tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari sehingga gusi bengkak anda akan menyusut kemudian menghilang. Garam bersifat antibakterial sehingga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi diare. Tidak hanya itu saja, kandungan antibakterial pada garam juga dipercaya bisa digunakan sebagai penghilang bakteri dan juga kuman yang menjadi penyebab gusi menjadi bengkak.

2. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan manusia. Bawang putih diyakini berguna sebagai obat sakit gigi paling ampuh dikarenakan kandungan antiseptik yang ada di dalam bawang putih tersebut. Kandungan antiseptik di bawang putih mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri.

Kandungan antiseptik yang terdapat pada bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Sebelum anda menggunakan bawang putih sebagai obat untuk gusi bengkak sebaiknya Anda mengetahui efek samping bawang putih sehingga Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Adapun cara membuat ramuan bawang putih untuk mengobati gusi bengkak adalah sebagai berikut :

  • Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas.
  • Haluskan bawang putih tersebut. Setelah dihaluskan, tambahkan garam ke dalam bawang putih dan Anda bisa mengaduknya. 
  • Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan dan sudah dicampurkan dengan garam tersebut ke bagian gusi yang bengkak.

3. Menggunakan Minya Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan minyak yang terbuat dari esktrasi cengkeh. Minyak ini bermanfaat sebagai obat radang tenggorokan yang ampuh dan cukup efektif. Minyak cengkeh juga dipercaya bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Dalam hal ini pastikan Anda mendapatkan minyak cengkeh yang asli dan tidak ada campuran. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan minyak cengkeh adalah sebagai berikut ini :

  • Teteskan minyak cengkeh ke dalam sendok.
  • Oleskan secara perlahan minyak cengkeh ke bagian gusi yang mengalami pembengkakan.
  • Sebelum mengoleskan minyak cengkeh Anda harus benar-benar memastikan bahwa jari tangan Anda bersih dari kuman.
  • Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Lakukan rutinitas ini hingga beberapa hari sampai Anda melihat hasilnya.

4. Menggunakan Madu

Madu banyak digunakan untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Untuk kecantikan madu dipercaya bisa menghaluskan kulit. Sedangkan untuk kesehatan madu bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dengan kandungan vitamin E yang terdapat pada madu. Berikut cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan memanfaatkan madu :

  • Tuangkan madu ke sendok.
  • Oleskan madu ke gusi yang bengkak.
  • Lakukanlah sebanyak tiga kali dalam sehari agar gusi yang bengkak dapat berangsur mengempes.
  • Akan lebih baik jika waktu pengolesan Anda lakukan ketika mulut dalam keadaan bersih misalnya ketika hendak tidur, bangun tidur atau setelah Anda menggosok gigi.

5. Menggunakan Asam Jawa

Kandungan vitamin C yang tinggi pada asam jawa bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Vitamin C yang ada pada asam jawa dapat digunakan sebagai peningkat sistem imun. Jika sistem imun meningkat, maka tubuh bisa menghilangkan kuman atau bakteri yang menjadi penyebab gusi bengkak tersebut. Berikut cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan asam jawa :

  • Siapkan biji asam jawa secukupnya.
  • Sangrai biji asam jawa tersebut, setelah itu tumbuklah biji asam yang telah disangrai hingga benar-benar halus dan lembut.
  • Gosokkan biji asam yang telah di sangrai itu ke bagian gusi yang bengkak. Anda bisa menggunakan bantuan sikat gigi untuk menggosokan biji asam jawa.

Demikian beberapa kiat pengobatan gusi bengkak dengan ramuan alami, semoga bermanfaat dan dapat memberikan solusi terhadap masalah gusi bengkak yang Anda derita.


EmoticonEmoticon