Rabu, 09 Mei 2018

Cara Mengatasi Darah Rendah

cara mengatasi darah rendah
Mungkin selama ini kebanyakan dari orang memandang yang menjadi suatu masalah besar yaitu karena mengalami tekanan darah tinggi. Namun sebenanya masalah besar juga dapat muncul pada penderita penyakit darah rendah. Sehingga dengan demikian menjadi sangat penting bagi anda untuk anda memahami bagaimana cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit darah rendah secara mudah dan cepat.

Tekanan darah rendah memang dapat melanda kepada siapa saja dan tanpa ada batasan usia, sama halnya memang dengan penyakit darah tinggi dan bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Memang pada umumnya penderita tekanan darah rendah terjadi kepada mereka yang sedang berada pada usia di atas 40 tahun. Namun selain itu, ternyata tekanan darah rendah juga dapat terjadi kepada anak – anak serta akan mampu menghambat pertumbuhan serta aktivitas dari mereka sehari – harinya.

Pada umumnya memang tekanan darah rendah mampu menyebabkan seseorang yang menderitanya akan mengalami lelah dan lesu. Bagi beberapa orang juga akan mudah untuk kehilangan kesadaran atau pingsan, lingling denga pusing yang sangat, hingga penglihatan menjadi kabur. Namun dari itu, banyak bagi penderita dari tekanan darah rendah yang tidak cukup penyadari mengenai penyakit darah rendah meskipun mereka mulai mengeluhkan sering pusing serta merasa kesulitan untuk berkonsentrasi. Sehingga bagi beberapa pasien akan mengeluhkan cepat sekali merasa mengantuk dan lelah. Dimana hal tersebut sebenarnya merupakan akibat dari darah yang tidak mampu tersampaikan dengan baik ke area atau bagian otak karena memang tidak cukup tekanan untuk mengalirkan ke atas atau ke otak dan melawan sistem gravitasi.

Cara Mengatasi Darah Rendah

Lantas bagaimana cara mengatasi tekanan darah rendah yang dapat anda lakukan di rumah dengan cara yang cepat dan efektif, berikut adalah di antaranya :

  • Tambahkan Garam

Apabila penderita penyakit darah tinggi sangat disarankan untuk menghindari atau mengurangi dalam mengkonsumsi garam, namun tidak untuk penderita penyakit darah rendah yang justru harus disarankan untuk makan lebih banyak lagi garam. Dimana garam akan mampu membantu anda penderita untuk menormalkan kondisi tekanan darah rendah anda. Masalah tekanan darah anda akan selalu berkaitan dengan kadar dari air serta konsentrasi dan juga keseimbangan elektrolit dalam darah anda. Sedangkan pada darah rendah, kadar garam yang terdapat di dalam darah anda terlalu rendah sehingga jumlahnya tidak cukup dan tidak mampu untuk menyerap banyak air menuju darah. Oleh karena itu apabila darah tidak cukup cair sehingga yang terjadi tekanan darahnya pun juga tidak mampu maksimal.

  • Tambahkan Asupan Zat Besi

Kebanyakan kasus dari tekanan darah rendah juga berkaitan dengan jumlah sel darah merah yang tidak cukup jumlahnya. Sedangkan ada salah satu cara yang terbaik dalam mengatasi tekanan darah yang rendah yaitu dengan menambah asupan zat besi bagi tubuh anda. Anda juga dapat menambahkan asupan sayuran misalnya seperti sayur bayam yang di dalamnya kaya akan kandungan zat besi. Namun akan lebih baik lagi apabila anda mampu menambahkan asupan makanan serta buah – buahan yang mengandung warna merah tua yang kurat warnanya, hal ini karena pada warna merah tua biasanya akan menyertai semua jenis makanan baik itu buah – buahan atau sayur – sayuran dengan kandungan zat besi yang sangat tinggi. Beberapa contoh dari makanan yang banyak mengandung zat besi diantaranya adalah akar bit, beras merah, buah naga, sayur bayam merah, kubis merah, dan juga ayam kampung.

  • Tambahkan Asupan Vitamin B Kompleks 

Selain bagi para penderita membutuhkan zat besi yang baik untuk meningkatkan tekanan darahnya yang kurang, ternyata tubuh anda juga memerlukan asupan makanan berupa vitamin B kompleks yang mampu membantu dalam proses pembentukan sel darah merah. Hal ini dapat didapatkan dari beragam jenis sayur – sayuran diantaranya adalah sayuran yang hijau, buah – buahan yang memiliki aroma serta rasa kuat termasuk juga pada beberapa jenis buah yang segar dengan warna gelap. Dimana buah seperti demikian dapat anda temui misalnya seperti buah kurma kering atau juga pada kismis, beberapa jenis dari daging merah, biji – bijian, dan juga gandum atau beras yang utuh.

  • Air Putih

Memang yang sering menjadi salah satu masalah dan tidak disadari oleh para penderita penyakit darah rendah yaitu mereka yang memang kurang mengkonsumsi air putih dalam setiap harinya. Hal ini lah sebenanya justru akan membuat konsentrasi air yang berada dalam darah anda akan berkurang dan akan meningkatkan konsentrasi dari kalium dalam darah anda. Karena kalium sendiri akan mengakibatkan darah yang cenderung menurunkan intensitas tekanannya. Karena memang menjadi hal yang sangat penting agar konsentrasi air dalam darah anda agar mampu kembali normal.

  • Bawang Putih

Bawang putih mungkin selama ini dikenal sebagai salah satu dari obat herbal untuk mengatasi permasalahan dari tekanan darah tinggi. Namun dibalik itu ternyata bawang putih juga mampu bekerja ganda sebagai obat herbal untuk darah rendah. Dimana bawang putih mampu menstabilkan tekanan darah anda dengan bekerja pada sistem kardiovaskular. Fungsinya untuk membantu detak jantung serta sistem kardiovaskular akan mampu bekerja normal sehingga mampu menjaga stabilitas dalam tekanan darah anda. oleh karena tidak tidak heran lagi apabila bawang putih juga mampu anda jadikan untuk mengatasi tekanan darah rendah yang sedang anda alami.

  • Kacang Almond

Ada asupan lagi yang ternyata mampu bekerja ganda dalam membantu anda untuk mengendalikan stabilitas tekanan darah sehingga akan bermanfaat baik itu untuk darah tinggi atau juga untuk darah rendah. Dimana kacang almond akan bekerja pada bagian pembuluh darah anda dengan  mengangkat endapan kolesterol serta mampu meningkatkan kelenturan dari pembuluh darah. Sekaligus juga ternyata mampu membantu untuk meningkatkan fungsi peristaltik otot pembuluh darah dan juga otot jantung sehingga mampu membantu anda sebagai daya dorong darah anda.

  • Sari Buah Mengkudu

Kandungan dari sari buah mengkudu memang cukup unik dalam membantu anda untuk mengatasi tekanan darah anda yang sedang rendah. Di dalam kandungan sari buah mengkudu terdapat kandungan berupa kalium atau potasium yang tentunya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah anda. selain itu juga mengandung vitamin B yang kompleks dan membantu dalam pembentukan sel darah merah. Bukan hanya itu saja, sari buah mengkudu juga mengandung scolopetin yang mampu membantu anda untuk meningkatkan fungsi dari pembuluh darah dan memiliki terpenoid yang dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah sehingga minuman herbal ini sangat berkhasiat untuk penderita darah tinggi ataupun darah rendah.

Ternyata dari pemaparan di atas, anda dapat mengatasi keluhan dari darah rendah yaitu hanya dengan mengubah dari pola makan serta anda haru secara rutin mengkonsumsi bahan – bahan makanan yang dengan mudahnya anda dapatkan. Anda memang harus tekun dalam berusaha untuk mengatasi tekanan darah yang sedang anda alami, sehingga anda akan merasakan dari cara di atas hanya dengan beberapa minggu saja.


EmoticonEmoticon